CTT OS Debloat Solusi Windows 11 yang Lemot

Saungfrimware.id Sekarang sudah ada CTT OS debloat yang dapat menjadi solusi operating system Windows 11 yang lambat. Memang sudah menjadi rahasia umum apabila OS Windows 11 kurang bersahabat bagi low end device.

Sehingga ketika kamu sekarang membeli sebuah laptop dengan harga murah tentu hanya akan menjadi beban. Parahnya lagi banyak laptop murah dengan target pasar pendidikan menengah menggunakan sistem operasi ini.

Padahal dari segi kemampuan device sendiri sudah cukup mengkhawatirkan di mana Linux bukan menjadi solusi bagi semua orang. Oleh karena itu kami menawarkan cara membuat operating system ini menjadi lebih ringan.

Baca Juga : Linux Mint OS Pengganti Windows untuk Device Low End

Membahas Apa Itu CTT OS Debloat

Mari kita berkenalan dulu dengan aplikasi ini sehingga kamu nanti dapat memutuskan untuk menggunakannya. Device tua bisa akan lebih nyaman karena sistem operasinya jauh lebih ringan.

Di sini kami akan mengulas seperti apa potensi ketika digunakan nantinya dan juga tutorial menggunakannya. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi pekerjaan terganggu karena OS memberatkan device.

Aplikasi ini sebenarnya adalah sebuah program berbasis powershell yang dikembangkan oleh Chris Titus. Tujuan pembuatannya sendiri adalah untuk mengatasi masalah bloating yang ada pada Windows 10 dan 11.

Jadi, para pengguna terutama device low end bisa kembali memanfaatkan sistem operasi dengan lebih ringan. Kemudian CTT OS debloat juga berfungsi untuk mematikan telemetri yang selalu aktif di latar belakang.

Selain boros tenaga dan data internet tentu saja telemetri kurang etis untuk privasi pengguna device. Oleh karena itu, aplikasi ini dikembangkan untuk mengatasi berbagai macam masalah tersebut.

Apabila kamu memang belum familiar dengan bloating dan debloating akan kami jelaskan juga. Bloatware pada dasarnya adalah sebuah perangkat lunak bawaan yang sebenarnya tidak terlalu berguna bagi user terutama entry level.

Berbagai opsi seperti Microsoft Store, Telemetri, Paint, dan lainnya bisa kita katakan sebagai Bloatware. Bloatware sendiri terkadang diaktifkan di latar belakang sehingga memakan RAM yang seharusnya digunakan oleh aplikasi aktif saja.

Oleh karena itu, semakin banyak bloatware memicu terjadinya background process tidak perlu. Semakin banyak background process opsional aktif tentu saja akan memakan RAM dan membuat kinerja device semakin menurun.

Jika kamu menggunakan device flagship sebenarnya tidak harus menggunakan CTT OS debloat. Namun ketika device masih menggunakan prosesor seri N dan RAM kurang dari 8 GB maka urgensinya semakin tinggi.

Itu semua adalah hal yang melatarbelakangi bagaimana perangkat lunak ini dikembangkan oleh developer. Jadi semua orang sekarang bisa menggunakan sistem operasi Windows tanpa mengorbankan privasi dan performa laptopnya.

Keunggulan Aplikasi CTT OS Debloat

Pada segmen ini akan kami bahas apa saja keunggulan dari aplikasinya sehingga kamu dapat menjadikannya referensi. Tentu jika kurang tepat kamu tidak harus menggunakan aplikasinya sebagai solusi.

  1. Pengembangan terus berjalan

Karena sistem aplikasinya adalah open source jadi proses pengembangan akan terus berjalan. Ini membuatnya bisa terus relevan selama beberapa tahun kedepan tanpa perlu khawatir ada degradasi.

Jika pengembangan CTT OS debloat terus terjadi tentu saja berbagai masalah dalam update terbaru Windows dapat diatasi. Jadi kamu bisa memiliki sebuah solusi semi permanen mengatasi beratnya sistem operasi.

  1. Gratis

Semua orang bebas mengembangkan dan juga menggunakan aplikasinya tanpa harus membayar. Software ini awalnya adalah sebuah community driven project yang dikembangkan untuk kepentingan bersama.

Jadi setelah selesai sekarang semua orang bisa menggunakannya tanpa harus mengeluarkan uang. Kamu bisa merasakan seperti apa nikmatnya menggunakan sistem operasi tanpa adanya bloatware.

Setelah satu dekade lebih kita dipaksa menggunakan bloatware akhirnya sekarang bisa lepas juga. Jangan korbankan privasi dalam menggunakan device hanya karena ingin memakai sebuah sistem operasi.

  1. Pengoperasian mudah

UI dari CTT OS debloat sangat simpel sehingga user entry level dapat menggunakannya tanpa kesulitan. Bahkan kita bisa langsung melihat kanal milik Chriss Titus untuk mengetahui tutorial lengkapnya.

Setelah aplikasinya terpasang bahkan kita bisa menggunakan menu quick setting sesuai device. Jadi, apakah aplikasinya dipasang di desktop, laptop, atau jenis perangkat lainnya? Jawabannya bisa dicoba masing-masing.

Dengan menggunakan keunggulan tersebut kita bisa lebih mudah dalam mengoperasikannya. Jangan takut kesulitan untuk menggunakan karena memang UI dibuat sangat simple atau sederhana untuk dimengerti.

Inilah Fitur-Fitur pada CTT OS Debloat

Jika berbicara masalah fitur tentu saja ada banyak dan artikel pendek ini tidak cukup memuat semuanya. Oleh karena itu, di bawah ini akan kami jelaskan beberapa fitur paling krusial pada aplikasinya.

  1. Menonaktifkan telemetri

Secara default, Microsoft memang menghidupkan telemetri untuk melacak algoritma biometrik pengguna. Ini tentu saja memakan cukup banyak RAM terutama bagi perangkat low end.

Algoritma biometrik pengguna tersebut nantinya juga akan diunggah ke database Microsoft. Sehingga selain boros RAM ini juga akan memakan data internet dalam jumlah cukup signifikan.

  1. Mematikan Windows update

Tanpa menggunakan CTT OS debloat tentu saja kita akan merasakan kejamnya Windows update. Selain membuang cukup banyak waktu hanya untuk perubahan kurang signifikan, ini juga irritating.

Jadi, ucapkan selamat tinggal pada update yang bisa memakan waktu sampai berjam-jam. Selain itu update secara berkala juga tidak terlalu penting bagi para pengguna Windows versi berapapun.

  1. Menghilangkan bloatware

Berbagai macam bloatware yang terpasang pada perangkat dapat dihilangkan secara total. Jadi ini akan membuat windows jauh lebih ringan dan fleksibel digunakan oleh perangkat low end.

Proses menghilangkan bloatware menggunakan CTT OS debloat juga cukup sederhana. Bahkan hanya memakan waktu beberapa menit saja sampai semuanya bisa bersih sempurna seperti ekspektasi.

  1. Mengurangi background process tidak penting

Sebenarnya, ketika kita menggunakan OS ini background process yang sifatnya vital hanya sekitar empat puluhan saja. Namun jika kamu cek menggunakan task manager jumlah prosesnya bisa sampai seratus lebih.

Dengan memakai software tersebut kita bisa menguranginya dalam jumlah sangat signifikan. Bahkan operating system nantinya hanya butuh RAM kurang dari satu GB saja untuk beroperasi.

Masih banyak lagi sebenarnya fitur yang tidak kalah penting untuk para pengguna sistem operasi. Jadi nantinya kamu bisa merasa lebih ringan ketika menggunakan laptop sehingga multitasking menjadi mudah.

Cara Menggunakan CTT OS Debloat

Sekarang kami akan ajarkan beberapa cara penggunaan aplikasinya agar kamu bisa menerapkan langsung. Tidak perlu berbelit-belit karena caranya memang sangat mudah untuk siapa saja.

  1. Unduh aplikasinya
  2. Pasang aplikasinya
  3. Jalankan
  4. Pilih opsi quick improvement sesuai device (laptop atau PC)
  5. Klik apply dan tunggu prosesnya sampai selesai

Lima langkah sederhana tersebut sudah membuat kita bisa menjadikan sistem operasi dua kali lipat lebih cepat. Ini sebenarnya adalah sebuah software yang banyak dibutuhkan oleh orang Indonesia.

Kita tahu sendiri bagaimana daya beli masyarakat kebanyakan ketika membutuhkan sebuah laptop. Tentu budget mereka hanya beberapa juta saja dan itu jelas memberikannya spesifikasi low end.

Sementara itu, sekarang sistem operasi yang paling sering digunakan adalah Windows 11. Tentu itu merupakan operating system berat di mana belum tentu semua device mampu menjalankannya secara optimal.

Oleh karena itu, kita bisa menggunakan software tersebut agar device menjadi optimal ketika digunakan. Multitasking pada laptop nantinya akan menjadi lebih bagus dan daya tahan baterai juga otomatis meningkat.

Setelah mendapatkan semua informasi tadi tentu sekarang kamu bisa langsung menerapkan sendiri. CTT OS debloat mampu menjadi sebuah solusi tepat agar Windows 11 yang lemot bisa menjadi jauh lebih cepat.

Artikel Rekomended

3 Cara Membeli Saham Bri

Cara Investasi Emas di Shopee

7 Aplikasi Trading Syariah 2022

3 Cara Trading Tanpa Modal

5 Aset Dalam Investasi Crypto Jangka Panjang yang Berpotensi Untung Besar

5 Cara Investasi Bitcoin Untuk Pemula Agar Keuntungan Maksimal

6 Aplikasi Investasi Cryptocurrency Aman dan Sudah Memiliki Izin BAPPEBTI

Leave a Comment