Aplikasi Edit Video CapCut Mudah Dioperasikan Lewat Smartphone

Saungfirmware.id Siapa yang tidak kenal aplikasi edit video CapCut yang cukup populer di Play Store. Menjadi cukup populer karena aplikasi ini bisa di akses secara gratis tanpa harus berlangganan. Selain itu, fitur yang dimiliki cukup lengkap dan mudah dioperasikan lewat smartphone.

Tidak heran bila CapCut dijadikan opsi bagi para pebisnis untuk membantu pembuatan konten dengan cepat. Walaupun mempunyai banyak kelebihan, aplikasi ini juga tidak terlepas dari namanya kekurangan.

Mengenai kedua informasi ini, akan dijelaskan selengkapnya pada pembahasan berikut. Tapi sebelum itu, akan dibahas terlebih dahulu secara sekilas tentang apa itu aplikasi CapCut dan berbagai fiturnya.

Baca Juga : Review Aplikasi Flip, Transfer Beda Bank Tanpa Biaya Admin

Membahas Sekilas Tentang Apa Itu Aplikasi CapCut

CapCut adalah salah satu aplikasi editing video yang bisa ditemukan serta di unduh di Google Play Store secara gratis. Pihak yang merilis aplikasi edit video CapCut adalah Bytedance Pte. Ltd sejak tahun 2020 silam tepatnya tanggal 21 April.

CapCut merupakan produk terbaru aplikasi Viamaker yang sebelumnya sudah rilis. Rata-rata pengguna CapCut adalah pengguna TikTok. Sebab, keduanya memiliki bisa dikatakan saling melengkapi.

Jadi, mereka akan mengedit video melalui CapCut terlebih dahulu, baru setelah itu mengunggahnya ke akun TikTok. Seperti kita tahu bahwa TikTok memiliki fitur minim untuk mengedit video, sehingga diperlukan perangkat lunak ketiga lainnya.

Memahami Beragam Fitur Tersedia pada Aplikasi CapCut

Bila membahas tentang fitur tersedia pada aplikasi edit video CapCut, cukup banyak yang bisa digunakan. Supaya lebih jelas, akan dibahas satu per satu untuk setiap menu tersedia pada bagian New Project.

  1. Edit

Pada bagian Edit, akan ditemukan opsi Split, Speed, Animation, Style, Delete, Cutout, Volume, Extract Audio, Edit, Filters, Adjust, Enhance, Mask, Overlay, Replace, Stabilize, Opacity, Reduce Noise, Voice Effects, Copy, Reverse, Freeze, Motion Blur dan Graphs.

Setiap opsi tersedia memiliki fungsinya masing-masing. Misalnya, kamu ingin menambahkan filter tertentu supaya tampilan video tampak lebih menarik, berarti pilih bagian Filters. Akan ada banyak filter yang bisa kamu pilih, sesuaikan selera.

Baca Juga  [SOLVED] New Method Bypass FRP Samsung Note 9 N960F Android 9.0 | Security Patch 2020

Contoh lainnya, ingin memotong tampilan video dengan ukuran tertentu, pilih bagian Edit, lalu lanjutkan dengan menekan Crop. Atau ingin membagi seluruh video menjadi beberapa bagian, bisa memilih Split.

  1. Audio

Menu tersedia pada aplikasi edit video CapCut berikutnya ada Audio. Di dalam menu ini kamu akan menemukan Sounds, Effects, Extracted dan Record. Bila ingin menambahkan suara dari file audio yang dimiliki, tekan bagian Sounds.

Kemudian pilih ikon bergambar folder, lanjutkan dengan menekan Extracted atau From Device. Bila ingin memasukkan suara dari rekaman langsung bisa menekan tombol Record yang tersedia di dalam aplikasi.

  1. Text

Pada menu Text, terdapat opsi Add Text, Stickers, Auto Captions, Text Template, Auto Lyrics, dan Draw. Tekan bagian Add Text bila kamu ingin menambahkan teks tertentu. Akan muncul kolom Enter Text beserta beragam fiturnya.

Mulai dari Font, Style, Effects, Bubble dan Animation. Atau bila ingin menuliskan teks secara manual, bisa memilih menu Draw. Jadi, sesuaikan saja penggunaan fitur pada penulisan teksnya dengan kebutuhan.

  1. Stickers

Khusus untuk Stickers pada aplikasi edit video CapCut ini sama dengan yang ada di menu Text. Jadi, pengguna bisa memilih ingin langsung menekan tombol ini atau melalui menu Text terlebih dahulu.

  1. Overlay

Menu overlay digunakan untuk memasukkan video berbeda yang dimiliki dalam perangkat menjadi satu frame. Tidak hanya satu video saja yang bisa ditampilkan pada frame, tapi lebih dari itu.

  1. Effects

Menu tersedia terakhir ada Effects. Di dalamnya terdapat opsi Video Effects dan Body Effects. Akan ada banyak pilihan efek tersedia, tapi tidak semuanya bisa digunakan secara gratis. Untuk varian bertuliskan Pro, hanya bisa dipakai oleh akun premium.

Baca Juga  Fitur Menarik pada Aplikasi BSI Mobile yang Wajib Diketahui

Inilah Beberapa Kelebihan Aplikasi Edit Video Capcut

Bukan tanpa alasan mengapa aplikasi ini memiliki banyak peminat, sebab aplikasi ini memiliki banyak sekali manfaat. Beberapa kelebihannya lah yang menjadi penyebab aplikasi ini begitu diminati, antara lain:

  1. Mudah Dioperasikan

Kelebihan pertama dari aplikasi edit video CapCut yaitu mudah dioperasikan. Dari segi teknis serta tampilan, bisa dikatakan CapCut cenderung lebih fleksibel. Jadi, cocok digunakan bukan hanya oleh editor profesional saja, tapi juga pemula.

Tampilannya intuitif, sehingga sangat mudah digunakan walaupun belum pernah mengoperasikannya. Untuk mempelajari setiap fitur tidak sulit. Selain itu, aplikasi ini bisa di akses melalui berbagai tipe smartphone.

  1. Beragam Template Keren

Kelebihan aplikasi edit video CapCut berikutnya mempunyai beragam template keren. Menariknya, template ini dapat dipakai secara gratis. Karena ada berbagai macam varian, bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

  1. Banyak Efek serta Filter Tersedia

Sebelumnya sudah dibahas mengenai kelebihan satu ini, yaitu efek dan filter. CapCut mempunyai banyak efek dan filter yang mampu mendukung tampilan video kamu menjadi tampak lebih menarik.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa pada momen tertentu efek dan filter ini diperlukan dalam proses editing video. Sebab, terkadang video asli tidak cukup menarik bila disajikan dalam bentuk mentahan.

  1. Berbagai Macam Opsi Resolusi

Salah satu hal yang tidak diinginkan terjadi dari proses editing video adalah hasil unduhannya pecah. Tapi dengan aplikasi ini, kamu bisa memilih berbagai macam opsi resolusi, mulai dari 480p, 720p hingga 1080p.

Tapi penting diingat, walaupun aplikasi edit video CapCut menyediakan beragam resolusi, akan tetap berbanding lurus dengan seberapa banyaknya memakan ruang penyimpanan smartphone. Jadi, harus tetap disesuaikan dengan ruang penyimpanan.

  1. Bebas Watermark

Kelebihan terakhir yang membuat aplikasi ini sangat diminati adalah bebas dari watermark. Untuk mendapatkan layanan bebas watermark, kamu tidak perlu berlanggan akun premium terlebih dahulu alias gratis.

Baca Juga  HP Quad Camera Harga 1 - 2 Jutaan Dengan Harga Terjangkau

Berbagai Kekurangan Aplikasi Capcut Penting Dipahami

Terlepas dari banyaknya kelebihan, aplikasi CapCut juga mempunyai beberapa kekurangan. Walaupun demikian, bagi sebagian orang, kekurangan ini masih bisa ditoleransi, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Hanya Bisa di Akses Android dengan Versi 5.0 ke Atas

Walaupun CapCut mendukung berbagai tipe smartphone, tapi tidak semuanya. Aplikasi ini tidak kompatibel untuk android versi 5.0 ke bawah. Jadi, pengguna hanya dapat memasang atau mengaksesnya menggunakan Android versi 5.0 ke atas.

  1. Ukuran File Aplikasinya Cukup Besar

Dari segi ukuran file, aplikasi edit video CapCut termasuk membutuhkan kapasitas memori cukup besar bila dibandingkan yang lain, seperti VivaVideo. Apalagi untuk ukuran file di App Store maka bisa dipastikan informasinya benar.

Kebutuhan ukuran file antara Play Store dan App Store ini jauh berbeda. Supaya tidak lambat saat proses penggunaan, kamu perlu memastikan kapasitas ruang penyimpanan smartphone yang dimiliki, apakah memenuhi kebutuhan atau tidak.

  1. Agak Boros Kuota Internet

Kekurangan terakhir, agak boros pemakaian kuota internet. Sebab, penggunaan secara online alias tersambung dengan kuota internet diperlukan oleh pengguna yang ingin mengunduh template tertentu.

Bila hanya untuk mengedit sederhana, aplikasi ini bisa di akses secara gratis hingga proses pengunduhan tanpa harus terhubung dengan internet. Tapi, pada fitur tertentu memang memerlukan koneksi internet.

Mengenai tampilan atau fitur tersedia, CapCut bisa saja mengubahnya kapan saja. Baik itu ada penambahan fitur maupun pengurangan. Terpenting, sebelum menggunakan aplikasi edit video CapCut, pahami kelebihan dan kekurangannya.

jika anda tertarik ingin menngunakan aplikasi edit video capcut bisa lakukan download disini

Artikel Rekomended

3 Cara Membeli Saham Bri

Cara Investasi Emas di Shopee

7 Aplikasi Trading Syariah 2022

3 Cara Trading Tanpa Modal

5 Aset Dalam Investasi Crypto Jangka Panjang yang Berpotensi Untung Besar

5 Cara Investasi Bitcoin Untuk Pemula Agar Keuntungan Maksimal

6 Aplikasi Investasi Cryptocurrency Aman dan Sudah Memiliki Izin BAPPEBTI

Leave a Comment