Aplikasi Reksa Dana Bibit Bisa Dijadikan Alternatif Investor Pemula

Saungfrimware.id Aplikasi reksa dana Bibit bisa menjadi salah satu alternatif pilihan bagi investor pemula yang ingin melakukan investasi atau menabung. Pertanyaan yang kerap muncul adalah, sebenarnya apa itu reksa dana?

Jadi, reksa dana merupakan sebuah wadah yang berperan menghimpun dana masyarakat dengan pihak pengelola badan hukum bernama Manajer Investasi. Setelah itu, dan tersebut nantinya diinvestasikan ke dalam bentuk surat berharga.

Mulai dari pasar uang, obligasi hingga saham, di mana setiap instrumen ini memiliki karakteristiknya masing-masing. Sebelum menggunakan Bibit, sebaiknya pahami hal-hal tentang aplikasi ini terlebih dahulu sebagaimana pada pembahasan berikut.

Mengenal Sekilas Tentang Aplikasi Bibit dan Fiturnya

Aplikasi reksa dana Bibit didirikan oleh sebuah perusahaan bernama PT. Bibit Tumbuh Bersama. Bibit adalah sebuah aplikasi jual beli reksa dana yang bisa dioperasikan secara online. Hanya melalui aplikasi saja, pengguna bisa melakukan jual beli.

Jadi, bisa di akses kapan saja dan di mana saja tanpa perlu terkendala jam operasional. Menariknya, Bibit memberikan fitur rekomendasi pilihan produk reksa dana terbaik melalui Robo. Pengguna hanya perlu masuk ke dalam aplikasi, lalu mengisi menu profil risiko.

Setelah itu, sistem Bibit akan membantu memilihkan jenis produk reksa dana paling sesuai dengan informasi yang sudah pengguna inputkan. Dari segi profil risiko, tujuan keuangan serta target tujuan.

Hal seperti inilah yang memudahkan para investor pemula untuk memulai investasi. Apalagi benar-benar awam mengenai dunia investasi. Jadi, tidak harus berpengalaman terlebih dahulu untuk memulainya.

Ditambah lagi aplikasi reksa dana Bibit ini memberikan penjelasan rinci mengenai istilah di dunia investasi yang mungkin asing bagi orang awam. Berbagai produk tersedia dimulai dari pasang uang, obligasi, saham, syariah hingga SBN atau Surat Berharga Negara.

Selain Robo, fitur lainnya yang tidak kalah menarik yaitu dijadikannya informasi tentang reksa dana secara lengkap dan gratis. Beberapa informasinya seperti tingkat return, reputasi manajer investasi, tingkat risiko, expense ratio serta AUM atau dana kelolaan.

Baca Juga  Daftar Aplikasi Mempercepat Video Terbaik 2023

Fitur aplikasi reksa dana Bibit yang lain yaitu gratis biaya komisi, menabung rutin dan adanya layanan syariah. Bila berhasil mengajak orang lain memakai Bibit, bisa memperoleh cash back Rp25.000 dengan nilai investasi pertama mereka minimal Rp100.000.

Dalam investasi, beberapa aspek tersebut sangat penting dipahami supaya memperoleh produk terbaik sesuai keinginan. Dengan informasi tersebut, kamu bisa menilai karakteristik produk sebelum memutuskan untuk membeli.

Dari Segi Keamanan, Apakah Aplikasi Reksa Dana Bibit Aman?

Salah satu hal yang membuat seseorang mempertimbangkan penggunaan aplikasi investasi yaitu dari segi keamanan. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena Bibit dijamin aman dan bukan sebuah aplikasi berkedok penipuan.

Sebab, aplikasi ini sudah memiliki izin resmi dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, sehingga seluruh aktivitasnya diawasi. Selain itu, Bibit juga terdaftar sebagai APERD atau kepanjangannya Agen Penjual Reksa Dana yang membuat keamanan dananya terjamin dengan mekanisme:

  1. Penyimpanan aset investasi di bank Kustodian.
  2. Bukan pihak bibit yang menyimpan dan mengelola dana investasi, melainkan manajer investasi. Jadi, dana akan ditransfer secara langsung ke rekening penampung dari manajer investasi setiap reksa dana yang tentunya berlisensi OJK.
  3. Pencairan dana hanya bisa ke rekening atas nama dari nasabah terkait.

Keamanan tersebutlah yang membuat investor tidak perlu khawatir saat mengoperasikan aplikasi reksa dana Bibit. Tidak perlu khawatir juga uang disalahgunakan. Bila di kemudian hari Bibit tutup, seluruh uang nasabah tersimpan di bank Kustodian dengan aman.

Aplikasi ini menerapkan sistem keamanan berlapis. Mulai dari proses pencarian terverifikasi, data akun terlindungi dengan dukungan sistem biometrik seperti fingerprint dan face ID serta adanya fitur pengenal perangkat.

Berbagai Kelebihan Aplikasi Bibit yang Membuatnya Banyak Peminat

Tidak mengherankan bila Bibit memiliki banyak peminat karena banyak kelebihannya. Baik itu peminat yang masih awam dengan dunia investasi maupun sudah berpengalaman. Beberapa kelebihan aplikasi ini diantaranya:

  1. Produk Reksa Dana Berkualitas
Baca Juga  Bypass FRP Samsung A70 SM-A705F Android 9 Last Security | New Method 2020

Produk yang ditawarkan aplikasi reksa dana Bibit dijamin berkualitas karena sudah melalui proses analisis terlebih dahulu sebelumnya. Selain itu, juga sudah diseleksi oleh pihak manajer investasi.

Jadi, kamu hanya akan menemukan produk reksa dana berkualitas di aplikasi satu ini. Dengan kelebihan seperti ini, investor pemula tidak perlu khawatir mengenai kualitas dari produk yang dibelinya.

  1. Kemudahan Investasi

Kelebihan selanjutnya, proses investasi bisa dilakukan dengan mudah, sehingga cocok bagi pemula. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, aplikasi ini memiliki fitur robo advisor yang membantu.

Karena robo advisor akan memberikan rekomendasi tepat, otomatis akan meminimalisir risiko terjadinya kerugian. Kemudahan aplikasi reksa dana Bibit lainnya ditandai dengan tampilan antarmukanya yang mudah dipahami bagi pengguna pemula sekalipun.

  1. Customer Support Responsif

Ketika mengalami kendala ketika melakukan proses pendaftaran atau memulai investasi, kamu tidak perlu khawatir. Aplikasi ini menyediakan layanan customer support responsif yang mampu membantu permasalahan kamu.

  1. Pendaftaran Fleksibel

Seluruh proses pendaftaran akun hingga pembukaan rekening dilakukan secara online, sehingga lebih fleksibel waktu. Jadi, kamu tidak perlu datang ke kantor tertentu untuk mengurusnya.

Sangat cocok bagi investor yang sangat sibuk dan tidak memiliki cukup waktu bila harus mengurusnya di kantor. Supaya proses pendaftaran lebih cepat, persiapkan informasi penting yang dibutuhkan.

  1. Nilai Investasi Minimal Sangat Kecil

Kelebihan aplikasi reksa dana Bibit terakhir yang membuatnya cocok digunakan oleh berbagai kalangan yaitu nilai investasi minimalnya sangat kecil. Pengguna dapat melakukan investasi hanya dengan Rp10.000 saja untuk produk tertentu.

Inilah Beberapa Kekurangan yang Dimiliki Aplikasi Bibit

Selain kelebihan, Bibit juga mempunyai beberapa kekurangan yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum kamu memulai untuk melakukan investasi. Beberapa kekurangan dimaksud antara lain sebagai berikut.

  1. Robo Advisor Terlalu Sederhana
Baca Juga  Bypass Google Account (FRP) LG G7+ ThinQ 9.0 Latest Security 2020

Walaupun fitur robo advisor sangat membantu dalam memberikan rekomendasi produk terbaik sesuai kebutuhan pemula, tapi tidak menjadi kelebihan bagi investor berpengalaman. Aplikasi ini memiliki fitur canggih.

Sebab, saran yang diberikan terkadang keliru dari aspek teori investasi. Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena untuk melakukan investasi tidak harus sesuai dengan saran fitur robo advisor. Jadi, kamu tetap bisa melakukan pemesanan sesuai keinginan.

  1. Produk Terbatas

Kekurangan selanjutnya, aplikasi ini memiliki produk dengan jumlah terbatas dibandingkan pesaingnya, seperti Bareksa. Dengan terbatasnya produk reksa dana tersedia, menjadi kurang leluasa juga untuk melakukan investasi.

  1. Untuk Nilai Transaksi yang Besar, Pencairan Dananya Cukup Lama

Kekurangan aplikasi reksa dana Bibit terakhir yaitu untuk nilai transaksi besar dalam satu hari, proses pencairan dananya cukup lama. Sebagai contoh ingin melakukan pencarian dengan angka di atas 1 miliar.

Pihak manajemen investor akan melakukan penjualan secara bertahap di BEI. Tujuannya supaya mendapatkan harga jual saham dengan angka terbaik. Mengenai batas waktu maksimal pencarian reksa dana yaitu 7 hari kerja.

Jadi, hari Sabtu, Minggu dan libur nasional tidak masuk dalam penghitungan. Di Bibit, perhitungan 7 hari kerjanya dimulai saat investor mendapatkan pemberitahuan bahwa order penjualan sudah berhasil.

Sebelum melakukan investasi, alangkah lebih baik bila memahami karakteristik setiap produk terlebih dahulu. Pahami juga perbedaan jenis investasi dengan masing-masing risikonya. Barulah kamu bisa memanfaatkan aplikasi reksa dana Bibit secara optimal.

jika ingin mencoba nya menggunakan aplikasi reksa dana bibit anda bisa download disini

Artikel Rekomended

3 Cara Membeli Saham Bri

Cara Investasi Emas di Shopee

7 Aplikasi Trading Syariah 2022

3 Cara Trading Tanpa Modal

5 Aset Dalam Investasi Crypto Jangka Panjang yang Berpotensi Untung Besar

5 Cara Investasi Bitcoin Untuk Pemula Agar Keuntungan Maksimal

6 Aplikasi Investasi Cryptocurrency Aman dan Sudah Memiliki Izin BAPPEBTI

Leave a Comment