Kelebihan Aplikasi Marketplace Shopee Beserta Kekurangannya

Saunfrimware.id Belakangan ini, aplikasi marketplace Shopee cukup populer penggunaannya dibandingkan platform lainnya. Hal ini berkaitan erat dengan kelebihan yang dimilikinya, sehingga menarik perhatian banyak orang.

Di era teknologi yang serba canggih ini, berpengaruh cukup signifikan terhadap jual beli dengan sistem online. Momen ini dimanfaatkan oleh para pemilik bisnis untuk meraup keuntungan. Salah satu platform yang digunakan adalah Shopee.

Ada banyak kelebihan belanja melalui Shopee yang membuatnya marak digunakan. Tapi, juga tidak terlepas dari namanya kekurangan. Mengenai kelebihan dan kekurangan, bisa kamu simak pembahasannya pada uraian berikut.

Baca Juga : Tips Mudah Menabung untuk Karyawan Gaji UMR

Pembahasan Singkat Tentang Apa Itu Aplikasi Shopee

Shopee merupakan aplikasi yang bergerak di bidang jual beli online. Pengguna mampu mengakses aplikasi marketplace Shopee ini dengan mudah melalui smartphone. Jadi, transaksi lebih fleksibel, bisa di mana saja dan kapan saja.

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa marketplace satu ini merupakan anak perusahaan bernama Garena dengan basis di Singapura. Sudah sejak tahun 2015 silam, Shopee meramaikan pasar di Indonesia.

Bukan hanya Indonesia saja, aplikasi ini sudah menyebar di banyak negara kawasan Asia Tenggara lainnya. Seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam serta Filiphina. Sasaran utama marketplace satu ini adalah anak muda.

Seba banak muda lebih banyak menggunakan smartphone. Selain itu mereka juga lebih tertarik dengan transaksi pembelian yang mudah. Bukan hanya memudahkan pembeli dalam mencari produk diinginkan, tapi aplikasi marketplace Shopee juga memberikan fasilitas kepada penjual.

Para penjual dapat mempromosikan produknya dengan mudah. Apalagi bila produknya berkualitas dan memiliki harga terjangkau, biasanya akan menarik minat pembeli untuk segera memesannya.

Inilah Berbagai Macam Layanan Shopee Tersedia

Melalui aplikasi Shopee, kamu tidak hanya bisa membeli produk seperti yang sudah disebutkan saja. Ada berbagai layanan tersedia dapat dimanfaatkan oleh para penggunanya, antara lain sebagai berikut.

  1. Kategori
Baca Juga  Untuk Usaha, Pinjaman Online Pribadi Tanpa Jaminan

Layanan pertama yaitu berupa berbagai macam produk yang diklasifikasikan dalam bentuk kategori. Berbagai macam kategori produk disediakan oleh aplikasi ini, mulai dari pakaian wanita, pakaian pria, perlengkapan rumah tangga, sepatu wanita dan sepatu pria.

Ada lagi handphone dan aksesorisnya, elektronik, buku, otomotif, tas wanita, kesehatan, hobi dan koleksi, souvenir dan pesta, makanan dan minuman serta lain-lain. Jadi, melalui aplikasi marketplace Shopee beragam jenis produk bisa dijual dan dibeli.

  1. Promosi

Layanan berikutnya adalah promosi, mencakup gratis ongkir dan voucher, COD atau bayar di tempat, serba seribu, murah lebay, pilih lokal, flash sale dan semua promo. Layanan inilah yang biasanya diserbu oleh para pembeli.

  1. Pembayaran

Mengenai pembayaran, marketplace satu ini menyediakan opsi SPayLater, keuangan, ShopeePay sekitarmu dan transfer ShopeePay. Bila ingin menggunakan fitur ShopeePay dan SPayLater, kamu harus melakukan aktivasi terlebih dahulu.

  1. Layanan

Berikutnya, aplikasi marketplace Shopee menyediakan menu layanan yang berisikan pulsa, tagihan dan tiket. Pada layanan ini, pengguna bisa membeli pulsa reguler maupun data untuk bisa mengaksesnya.

Mengenai tagihan, bisa dipakai untuk membayar listrik PLN, BPJS, PDAM, samsat, angsuran kredit, kartu kredit, Telkom, PBB dan lain-lain. Sedangkan layanan tiket, dapat digunakan untuk membeli tiket kereta api, bus dan travel, hotel, taksi, dan penerbangan.

  1. Sosial

Terakhir adalah layanan sosial, berupa games, live dan video. Games tersedia variannya beragam, sehingga pengguna lebih banyak memiliki opsi untuk memilih. Fitur live biasanya dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk mempromosikan produknya.

Berbagai Kelebihan yang Dimiliki Aplikasi Marketplace Shopee

Setiap aplikasi, terutama marketplace memiliki keunggulannya tersendiri yang membuatnya menarik perhatian para calon pengguna. Hal ini juga berlaku dengan Shopee, beberapa kelebihan yang dimilikinya antara lain:

  1. Banyak Promo Setiap Harinya

Kelebihan aplikasi marketplace Shopee pertama, ada banyak promo ditawarkan setiap harinya. Promo produk bisa berupa diskon sejumlah tertentu atau cash back. Mengenai cash back, bisa berasal diberikan oleh seller atau pihak Shopee terkait.

Baca Juga  Adobe Photoshop Sketch MOD APK 2.2.308 ( Premium ) Latest 2020

Untuk jumlah cash back menyesuaikan dengan ketentuan. Daya tarik lainnya yaitu adanya flash sale. Walaupun pada flash sale harga produk lebih terjangkau, biasanya memiliki batas maksimal pembelian dan memiliki batasan waktu.

  1. Gratis Ongkir

Aplikasi satu ini terkenal dengan voucher gratis ongkirnya yang lumayan. Pembeli bisa memanfaatkan voucher ini untuk memperoleh layanan bebas ongkos kirim atau potongan sejumlah tertentu.

Biasanya bebas ongkos kirim bisa diperoleh saat jarak pemesanan antara lokasi pengiriman dengan tujuan tidak terlalu jauh. Syarat dan ketentuan penggunaan ongkir akan berbeda untuk voucher satu dengan yang lainnya.

  1. Pilihan Metode Pembayaran Beragam

Kelebihan aplikasi marketplace Shopee selanjutnya yaitu pilihan metode pembayaran beragam. Bisa melalui virtual account, m-banking, ShopeePay, COD, Alfamart, Indomaret, SPayLater, kartu kredit atau debit, OneKlik dan lain-lain.

Bagi pengguna pemula tidak perlu khawatir kesulitan melakukan transaksi. Sebab, aplikasi ini akan menyediakan informasi petunjuk cara pembayaran. Jadi, kamu hanya perlu mengikuti petunjuk tersebut.

  1. Banyak Games Berhadiah

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa aplikasi ini memiliki fitur games. Menariknya, games tersebut bukan hanya sekadar permainan, tapi memberikan hadiah tertentu. Shopee Games biasanya menyediakan hadiah berupa voucher, koin atau lainnya.

Beberapa permainan tersedia ada Shopee tanam, candy, tebak kata, capit, go, pets dan lucky prize. Jadi, melalui fitu games pada aplikasi marketplace Shopee, pengguna bukan hanya memperoleh hiburan atau mengisi waktu luang, tapi juga bisa memperoleh hadiah.

  1. Adanya Notifikasi Setiap Transaksi

Menariknya, aplikasi ini akan memberikan pemberitahuan atau notifikasi setiap selesai melakukan transaksi. Mulai dari transaksi pembayaran hingga selesai. Informasi tracking lokasi pengiriman produk juga sudah ditampilkan.

Jadi, para pembeli bisa melihat produk yang dipesannya sudah sampai wilayah mana sesuai alamat. Dan bisa memperkirakan ketika tidak ada kendala akan sampai ke lokasi tujuan pada tanggal berapa.

  1. Koin Shopee Dapat Dimanfaatkan untuk Transaksi
Baca Juga  Rekomendasi Aplikasi Sebagai Cara Mengembalikan File yang Hilang Di Flashdisk Lewat Android Paling Mudah

Kelebihan terakhir, koin yang diperoleh bisa dimanfaatkan untuk transaksi. Kamu bisa menukarnya menjadi potongan biaya saat pembayaran produk. Jadi, total biaya bayar akan secara otomatis terpotong sejumlah koin yang kamu tukarkan.

Koin pada aplikasi marketplace Shopee bisa diperoleh dari voucher cash back atau hadiah bermain games. Tapi penting diingat bahwa koin ini memiliki masa kedaluwarsa, sehingga bisa hangus bila tidak segera digunakan.

Beberapa Kelemahan Aplikasi Shopee yang Kerap Dikeluhkan Pengguna

Meskipun mempunyai banyak kelebihan, marketplace ini juga tidak terlepas dari namanya kelemahan. Inilah beberapa kelemahannya yang kerap dikeluhkah oleh para pengguna, antara lain:

  1. Pada Situasi Tertentu Lambat Diakses

Aplikasi ini pada situasi tertentu lambat diakses oleh para pengguna. Alasannya mungkin sedang terlalu banyak pengguna yang mengaksesnya. Pada koneksi jaringan internet tidak stabil juga sulit diakses.

  1. Kuota Gratis Ongkir Terbatas

Kelemahan aplikasi marketplace Shopee selanjutnya, kuota gratis ongkir terbatas. Jadi, ketika voucher sudah habis, kamu tidak bisa memperoleh kesempatan untuk memperoleh potongan ongkos kirim.

  1. Pelayanan CS Kurang Responsif

Terkadang pelayanan CS Shopee kurang cepat dalam memberikan respons terkait permasalahan yang dialami para pengguna. Mungkin dikarenakan terlalu banyak yang dilayani atau kurang mengetahui solusi dari permasalahan tersebut.

Kebijakan Shopee bisa berubah-ubah seiring dengan berjalannya waktu. Biasanya, melalui aplikasi mereka akan memberikan informasi bila ada perubahan kebijakan. Jadi, kamu perlu update informasi terbaru saat memutuskan memakai aplikasi marketplace Shopee.

Artikel Rekomended

3 Cara Membeli Saham Bri

Cara Investasi Emas di Shopee

7 Aplikasi Trading Syariah 2022

3 Cara Trading Tanpa Modal

5 Aset Dalam Investasi Crypto Jangka Panjang yang Berpotensi Untung Besar

5 Cara Investasi Bitcoin Untuk Pemula Agar Keuntungan Maksimal

6 Aplikasi Investasi Cryptocurrency Aman dan Sudah Memiliki Izin BAPPEBTI

Leave a Comment