Tips Mudah Memilih Monitor PC Terbaik Untuk Pemula

Tips Mudah Memilih Monitor PC Terbaik Untuk Pemula - Keberadaan monitor PC biasanya tidak diperhitungkan. Namun untuk kebutuhan tertentu seperti bermain game atau desain grafis, monitor merupakan elemen penting yang tidak boleh diabaikan. Banyak pengguna PC desktop yang menganggap harga menjadi acuan utama monitor PC ketimbang spesifikasi di dalamnya.


Namun anggapan tersebut kurang tepat. Monitor khusus untuk bermain game, atau monitor gaming misalnya, harus memiliki spesifikasi yang dapat mendukung tampilan grafis dari game yang dimainkan. Aspek visual yang dihadirkan monitor PC akan mempengaruhi kenyamanan bermain.

Jadi harus dipastikan performa yang dihasilkan tidak mengganggu gaming, design, editing atau aktivitas kerja lainnya. Bagi Anda yang baru mengenal monitor PC, atau bingung bagaimana tips memilih Monitor PC Terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Tips Memilih Monitor PC Terbaik

Teknologi Panel

Tips pertama sebelum membeli monitor adalah memperhatikan teknologi panel yang digunakan. Pada umumnya produk monitor PC yang beredar di pasaran menggunakan panel yang terdiri dari In-Plane Switching (IPS) dan Twisted Nematic (TN).

Jika kebutuhan untuk gaming, Anda bisa memilih panel dengan teknologi Twisted Nematic (TN). Meskipun panel memiliki sudut pandang yang relatif rendah, panel ini memiliki keunggulan waktu respons yang tinggi dan harga yang terjangkau. Khusus untuk gaming, teknologi monitor PC berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Kini Anda bisa menemukan teknologi layar lengkung yang bisa menambah kenikmatan bermain game.

Sedangkan untuk keperluan grafis dan mengedit gambar atau video, Anda bisa melihat monitor PC yang menggunakan panel In-Plane Switching (IPS). Panel IPS ini memiliki keunggulan di sektor warna, yaitu mampu ditampilkan secara akurat dan jelas, serta dapat dilihat dari berbagai sudut yang berbeda, tanpa menimbulkan perbedaan warna.

Ukuran layar

Selain teknologi panel, perhatikan juga ukuran dari layar monitor yang akan dibeli. Untuk keperluan grafis dan gaming, idealnya adalah monitor dengan ukuran layar 17 inci hingga 30 inci. Jika berbicara mengenai resolusi layar, tentunya semakin tinggi jumlah resolusi yang ditawarkan maka semakin baik pula performa tampilan layar monitor PC tersebut.

Namun, Anda juga tetap harus menyesuaikannya dengan anggaran, mengingat resolusi 2K pasti lebih mahal daripada monitor full HD 1080p. Bahkan sekarang sudah ada monitor PC yang support 4K dan 8K yang tentunya jauh lebih mahal.

Selain itu, semakin tinggi resolusinya, semakin sulit kartu video Anda bekerja. Untuk itu sesuaikan resolusi dengan spesifikasi komputer agar performa yang dihasilkan tetap stabil dan tidak mengganggu pekerjaan.

Aspect Ratio

Aspect ratio atau rasio aspek dalam bahasa Indonesia, adalah perbandingan ukuran tampilan di layar. Biasanya diukur dalam hal panjang versus lebar. Secara umum, monitor di pasaran memiliki rasio aspek 16:10 atau 16:9. Namun Anda tidak perlu bingung mengenai hal ini, karena kedua aspek rasio tersebut tidak memiliki perbedaan yang terlalu signifikan dari segi tampilan.

Kualitas Tampilan

Kontras mempengaruhi tampilan monitor, terutama antara cahaya paling rendah dan paling terang. Sedangkan brightness menentukan kecerahan cahaya pada monitor yang ditunjukkan dengan satuan candela per meter persegi (cd/m2).

Saat membeli monitor, Anda perlu mengetahui kualitas tampilan kedua sektor tersebut, melalui fitur kontras dan kecerahan yang ditawarkan dalam pengaturan monitor. Khusus untuk brightness, monitor PC dengan level 300 cd/m2 cukup nyaman untuk penggunaan standar, namun untuk kebutuhan khusus seperti grafis dan bermain game disarankan menggunakan brightness 400 cd/m2.