Tips Mudah Memilih Cpu Yang Baik Dan Benar

Tips Mudah Memilih Cpu Yang Baik Dan Benar - Kami tidak pernah bosan berbagi informasi menarik seputar dunia teknologi khususnya komputer untuk para pembaca tercinta. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba memberikan tips mudah dalam memilih CPU yang baik dan benar untuk versi 2022.]

Memiliki singkatan Central Processing Unit yang sering disebut dengan prosesor merupakan komponen yang memiliki peran penting. Komponen ini diperlukan untuk menjalankan komputer pribadi, baik itu komputer desktop atau laptop, agar berfungsi dengan baik. Nah, buat kamu yang penasaran dengan Tips Mudah Memilih CPU yang baik dan benar, yuk simak sampai selesai.

Tips Mudah Memilih CPU

Sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi seseorang dalam memilih CPU. Bahkan tak sedikit yang meminta prosesor overpower hanya untuk streaming film favorit, atau memainkan game-game lawas. Namun, bagi Anda yang masih 'floating' mengenai tips mudah memilih CPU yang baik dan tepat, berikut beberapa tipsnya.

Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Benar, cara pertama tidak lain adalah menyesuaikan kembali dengan kebutuhan. Sepertinya ini semudah membalikkan telapak tangan bayi berkat teknologi yang kini semakin banyak beredar. Biasanya ada tiga tier yang bisa kamu gunakan sebagai benchmark sesuai peruntukannya, antara lain sebagai berikut:

A. Komputer Rumah

Secara umum, tingkat 'komputer rumah' harus memiliki harga yang bersahabat. Biasanya cara mudah memilih CPU pada tier ini tentunya dengan mencari prosesor asal-asalan, baru atau bekas, asalkan kebutuhan terpenuhi. Versi standar minimum kami untuk kategori komputer rumahan ini adalah memiliki 2 inti dan 2 utas.

Namun, berkat perkembangan dunia teknologi, kami merekomendasikan setidaknya membeli prosesor yang berusia tidak lebih dari tiga tahun demi relevansi. Diantaranya adalah prosesor Intel G6400 2020, atau setidaknya AMD Athlon 3000G 2019.

Sering dicap prosesor low-end atau hore, tapi tidak masalah asalkan kebutuhan komputasi kita terpenuhi dengan baik. Kedua prosesor di atas lebih dari sekadar mampu mengetik, menonton video, streaming film favorit, browsing, dan lainnya.

B. Komputer Gaming

Berbicara tentang aktivitas bermain game, tentu ada standar yang sedikit berbeda untuk memaksimalkan pengalaman bermain. Versi standar minimum kami untuk menjalankan aktivitas game Anda adalah memiliki 4 core dan 8 thread.

Menariknya, di tier ini, tak sedikit gamer yang rela mengeluarkan uang untuk membeli prosesor yang lebih bertenaga. Misalnya di kelas prosesor Intel Core i5-12400, hingga AMD Ryzen 5 5600 yang sama-sama menawarkan 6 core dan 12 thread. Keduanya dianggap oleh sebagian besar gamer sudah 'cukup' untuk saat ini. Biasanya tier ini sering diberi label mid-end dan dianggap lebih dari mampu menyelesaikan semua aktivitas dengan mudah.

Sesuaikan Dengan Budget

Tentunya langkah selanjutnya adalah menyesuaikannya dengan budget yang Anda miliki. Tidak perlu memaksakan budget jika kebutuhan Anda memang tidak membutuhkan prosesor 'wow' atas dasar gengsi.

Berdasarkan pengamatan kami, prosesor Intel terlihat lebih menjanjikan daripada AMD berkat arsitektur hybrid yang meningkatkan kinerja secara keseluruhan. Sederhananya, fokuslah pada price-to-performance agar dana Anda tersalurkan secara efisien.

Pilih Motherboard Yang Sesuai

Kalau boleh jujur, sebenarnya cara mudah memilih CPU ini harus dibarengi dengan pemilihan motherboard yang sesuai juga. Tidak ada salahnya menyandingkan prosesor mid-end meski dengan motherboard dengan chipset entry-level, apalagi di platform Intel karena tidak ada penalti performa.

Lain halnya dengan AMD yang sedikit 'salah' rasanya menyandingkan prosesor mid-end dengan motherboard kelas entry level. Meski tidak ada perbedaan di atas kertas, akan ada perbedaan yang cukup besar pada dukungan memori, hingga konektivitas yang ditawarkan.

Demikian ulasan tentan Tips Mudah Memilih Cpu Yang Baik Dan Benar semoga bermanfaat.