Tips Meningkatkan Performa Monitor Dengan Baik Dan Benar

Tips Meningkatkan Performa Monitor Dengan Baik Dan Benar - Tidak hanya membuat mata lelah, menggunakan monitor seharian untuk memenuhi tuntutan pekerjaan juga membuat kualitas monitor PC turun. Jika performanya tidak lagi sama dengan yang seharusnya, maka Anda harus melakukan beberapa hal agar monitor tetap memiliki performa yang mumpuni. Berikut ini adalah beberapa Tips Meningkatkan Performa Monitor dengan baik dan benar.

Tips Meningkatkan Performa Monitor

Kalibrasi

Meskipun Anda bukan seorang desainer grafis profesional, Anda dapat menggunakan metode kalibrasi monitor agar gambar yang muncul di layar monitor memiliki kualitas terbaik. Kalibrasi warna akan menampilkan warna yang akurat dan konsisten, terutama saat Anda menggunakan PC untuk mengedit foto. Untuk melakukan kalibrasi, Anda dapat menggunakan alat seperti Spyder4Pro atau SpectraCal CalMAN.

Bermain Game Dalam Resolusi Tinggi

Anda akan menikmati bermain game di PC jika resolusi diatur lebih tinggi dari resolusi monitor. Hal ini dapat dilakukan jika resolusi monitor tidak sesuai dengan game yang akan Anda mainkan. Dengan mengatur resolusi game menjadi lebih tinggi, gambar yang Anda dapatkan akan lebih tajam.

Pair Tablet Dengan Monitor

Jika Anda memiliki tablet, Anda dapat menggunakannya sebagai pengganti monitor. Hal ini untuk mencegah umur monitor yang berlebihan. Keuntungan menempelkan tablet ke monitor, Anda bisa menggunakan layar sentuh yang tidak semua PC mendukung fitur ini. Hubungkan tablet Anda ke PC melalui koneksi motornya.

Matikan Efek Visual

Efek visual biasanya membutuhkan banyak kemampuan sumber daya perangkat keras. Jika daya CPU dan RAM Anda terbatas, maka mematikan efek visual dapat membantu meningkatkan kinerja monitor komputer. Apalagi saat bermain game, sistem akan memiliki performa yang lebih baik. Klik lihat pengaturan sistem lanjutan lalu ubahsuaikan efek apa pun jika Anda perlu.

Menyesuaikan Kontras Monitor

Kontras tinggi adalah skema yang cocok untuk memudahkan pengguna membaca atau melihat apa yang ditampilkan di monitor. Namun, pengaturan kontras ini tidak boleh merusak visibilitas maksimum yang dapat dicapai mata Anda. Jika Anda bekerja di ruangan yang terang, Anda harus menurunkan kontras monitor dan sebaliknya.

Download Drivers Terbaru

Anda bisa mendapatkan driver terbaru sesuai dengan jenis kartu video dan sistem operasi komputer yang Anda gunakan. Driver yang selalu diperbarui akan meningkatkan kualitas dan kinerja monitor dibandingkan dengan pembaruan lainnya. Dapatkan driver langsung dari pabrikan PC Anda karena mereka mendesainnya untuk model PC tertentu.

Sesuaikan Dengan Mode Tertentu

Layar monitor harus disesuaikan saat Anda menggunakannya untuk tujuan yang berbeda. Saat digunakan untuk bermain game, sebaiknya matikan visual effect dan animasi background. Sedangkan untuk mode membaca, Anda perlu mengkalibrasi warna jika layar tidak membuat mata Anda terasa nyaman. Gunakan ekstensi tertentu untuk mengubah teks di layar.

Gunakan G.Lux

G.Lux dapat membantu pengguna untuk mengatur tingkat kecerahan dan temperatur warna pada layar monitor agar rona biru tidak terpantul saat kita ingin tidur. Fungsi G.Lux hampir sama dengan DisplayFusion dan Synergy yang dapat mengoptimalkan pengaturan untuk multimonitor. Kecerahan dan suhu yang tepat dapat meningkatkan kinerja monitor.

Memilih Monitor Yang Tepat Sebelum Membeli

Ini adalah langkah pertama sebelum Anda menggunakannya untuk bekerja atau bersenang-senang. Sebelum memilih monitor yang mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan Anda, ketahuilah jenis monitor yang Anda butuhkan. Anda perlu mengetahui berbagai jenis monitor, juga memahami bahwa ukuran layar bukanlah masalah utama saat membeli.

Demikian ulasan tentang Tips Meningkatkan Performa Monitor Dengan Baik Dan Benar semoga bermanfaat.