Ketahui Penyebab Dan Cara Mengatasi Komputer Hang, Freeze, Dan Not Respond

Ketahui Penyebab Dan Cara Mengatasi Komputer Hang, Freeze, Dan Not Respond - Komputer atau laptop merupakan salah satu perangkat yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Fungsinya bisa bermacam-macam, bisa untuk mengerjakan tugas kuliah, pekerjaan kantor, bermain game, mengedit, menonton film atau movie, internet, streaming video online, dan lain-lain.



Namun jika sewaktu-waktu kita mengalami masalah seperti hang, macet, tidak merespon, dan lain-lain pada laptop/komputer kesayangan kita tentu akan membuat kita kesal dan kesal. Disini kami akan menjelaskan tentang penyebab dan cara Mengatasi Komputer Hang, freeze, dan not respond.

Penyebab Komputer Hang

Virus komputer

Untuk yang pertama, komputer bisa hang karena virus. Yap, kebanyakan virus pasti akan merusak sistem Windows Anda. Solusinya bisa dengan mencoba menginstal perangkat lunak antivirus yang kuat seperti AVG atau Avira.

OS Windows/ Software Bermasalah

Jika Sistem Operasi Windows di laptop Anda bermasalah, tentu akan membuat kinerja kurang maksimal, salah satunya hang. Tidak hanya pada OS, software yang corrupt juga membuat performa menjadi tidak maksimal. Solusinya bisa dengan memperbaiki atau menginstal ulang.

Memori RAM Penuh

Yap, memori RAM yang penuh tentu akan memperlambat kinerja software dan sistem. Ini hanya terjadi di PC atau laptop spek rendah, bisa RAM 1 GB atau hanya 2 GB. Apalagi jika Anda membuka banyak software yang memakan banyak RAM seperti Photoshop, Premiere Pro, atau Lightingroom.

CPU Overheating

Panas yang berlebihan pada CPU atau Processor tentunya akan membuat kinerja menjadi lambat. Hal inilah yang akan membuat software atau sistem sering mengalami error, hang, crash, dan tidak merespon. Solusinya bisa dengan membersihkan debu pada Heatsink / Kipas Angin. Selain itu, periksa juga kondisi Processor, pastikan dalam kondisi baik. Segera ganti dan oleskan thermal paste baru pada heatsink dan prosesor.

Hardisk Bermasalah

Hardisk yang bermasalah tentu akan membuat PC hang. Solusinya bisa dengan perawatan software. Gunakan Aplikasi Cleaner atau Tune Up untuk membersihkan file-file sementara. Selain itu, jangan paksa hard disk untuk menyimpan lebih banyak file jika ruang kosong dan bad sector.

Cara Mengatasi Komputer Hang

Setelah mengetahui beberapa penyebab yang membuat komputer hang atau crash, kali ini saya akan memberikan solusi untuk mengatasi hang atau crash pada software atau OS Windows anda. Cara yang saya berikan kali ini sangat sederhana dan mudah untuk anda lakukan. Simak saja cara Mengatasi Komputer/Laptop Hang, Macet, dan Not Responding di bawah ini.

Tutup Software Yang Hang Secara Paksa

Untuk cara yang pertama, anda bisa mencoba menutup software atau aplikasi yang sedang berjalan atau mengalami masalah secara paksa. Untuk melakukan ini, Anda dapat mencoba masuk ke fitur Task Manager. Untuk masuk ke Task Manager bisa tekan tombol "CTRL + ALT + Del" sampai nanti masuk ke fitur Task manager. Pilih dan Hentikan perangkat lunak dengan mengklik "End Task".

Hard Shutdown Komputer

Untuk cara yang kedua bisa anda coba dengan Hard Shutdown atau matikan paksa PC atau Laptop anda. Caranya cukup mudah, anda tinggal menekan tombol “Power” selama 5 detik maka laptop atau komputer anda akan langsung mati. Dan dari sana Anda dapat mencoba untuk menghidupkannya kembali. Semoga masalah Hang yang anda alami bisa hilang dan PC anda bisa kembali normal.

Bawa Ke Tukang Service

Jika semua cara sudah anda lakukan namun masalah selalu muncul kembali, anda bisa mencoba menginstall ulang aplikasi yang bermasalah atau bisa juga dengan Memperbaiki OS Windows yang terinstall di komputer anda. Dan jika masalahnya ada di hardware, maka sebaiknya lakukan service atau perawatan pada seseorang yang lebih ahli di bidangnya.

Demikian ulasan tentang Ketahui Penyebab Dan Cara Mengatasi Komputer Hang, Freeze, Dan Not Respond semoga bermanfaat.