Inilah Cara Perbaiki Harddisk Eksternal Yang Tidak Terbaca

Inilah Cara Perbaiki Harddisk Eksternal Yang Tidak Terbaca - Harddisk eksternal populer karena kapasitas dan fleksibilitasnya yang besar atau dapat dibawa ke mana saja. Namun, pernahkah Anda mengalami situasi di mana harddisk eksternal tidak terbaca dalam Windows saat Anda menghubungkannya ke komputer atau laptop? Sebenarnya ini adalah masalah umum yang dikeluhkan banyak pengguna.


Mengapa kasus Harddisk eksternal yang tidak dapat dibaca ini muncul? Secara umum, ada banyak penyebab yang dapat menyebabkan masalah ini terjadi, seperti kesalahan sistem file, driver yang kedaluwarsa, partisi yang hilang, port USB yang rusak, dll. Dalam posting ini, kami akan memberi Anda beberapa metode praktis bagaimana Perbaiki Harddisk Eksternal yang tidak terbaca.

Pastikan Harddisk Eksternal Mendapat Daya Yang Cukup

Meskipun beberapa perangkat eksternal seperti drive USB mungkin dapat menarik daya yang cukup dari port USB komputer Anda, drive lain terutama drive yang lebih besar seperti Harddisk eksternal mungkin memerlukan daya yang cukup tinggi untuk dihidupkan.

Jadi, ketika Harddisk eksternal tidak menerima daya yang tepat dari komputer, itu dapat menyebabkan Harddisk eksternal tidak dapat dibaca di komputer. Untuk itu pastikan komputer anda memiliki power supply yang cukup.

Coba Port Usb Lain Atau Pc Lain

Jika Harddisk eksternal masih tidak berfungsi, cabut dan coba port USB lain. Mungkin port yang dimaksud gagal. Jika dicolokkan pada port USB 3.0, coba port USB 2.0. Jika dicolokkan ke hub USB, coba sambungkan langsung pada PC. Anda juga dapat mencobanya di komputer lain. Memeriksa koneksi perangkat keras sangat penting karena jika ada yang salah dengan port USB atau kabel USB, Harddisk eksternal mungkin tidak terbaca.

Periksa Harddisk Eksternal Dalam Disk Manajemen

Jika Anda masih memiliki Harddisk eksternal yang terhubung tetapi tidak membaca di komputer Windows saya, Anda dapat membuka Manajemen Disk untuk memeriksa statusnya. Atau, Anda dapat menggunakan MiniTool Partition Wizard untuk menginisialisasi disk ke MBR atau GPT disk dengan mudah.

Periksa Dan Perbarui Driver Perangkat

Terkadang, Windows mengalami masalah driver yang membuat perangkat tidak dapat dikenali. Anda dapat memeriksa driver perangkat di Pengelola Perangkat untuk melihat apakah mereka perlu diperbarui.

Bersihkan Disk Dan Mulai Dari Awal

Untuk mendapatkan kembali kapasitas penuh drive Anda, Anda harus menjalankan perintah "bersih" Windows, yang akan mengembalikan drive ke kondisi yang sama sekali tidak diformat. Ini akan menghapus semua yang ada di dalamnya, jadi pastikan tidak ada data berharga di Harddisk eksternal Anda.

Update Windows System Ke Yang Terbaru

Anda juga dapat mencoba menginstal Windows terbaru untuk memperbaiki Harddisk eksternal yang tidak dapat dibaca, seperti memperbarui driver perangkat.

Hapus Dan Uji Bare Drive

Jika tidak ada opsi di atas yang berfungsi, Anda harus melepas drive dari penutup eksternal dan menguji drive sendiri. Komponen yang mengubah drive SATA ke USB bisa gagal, yang berarti drive bisa baik-baik saja jika Anda mencolokkannya dengan cara lain. Jika Anda memiliki PC desktop yang tersedia, Anda dapat membukanya dan mencolokkan drive langsung ke motherboard Anda.

Jika tidak, Anda dapat membeli dok atau penutup adaptor SATA-ke-USB eksternal baru, colokkan drive kosong Anda ke dalamnya, lalu sambungkan ke PC melalui USB. Jika berhasil, maka enklosur lama Anda (atau catu daya) mungkin mati. Jika Harddisk eksternal Anda masih tidak dapat dibaca, Anda mungkin memiliki drive yang mati. Hubungi produsen untuk mengetahui apakah Anda masih dalam garansi.

Demikian ulasan tentang Inilah Cara Perbaiki Harddisk Eksternal Yang Tidak Terbaca semoga bermanfaat.