Inilah Cara Pengisian Daya Powerbank Dengan Benar

Inilah Cara Pengisian Daya Powerbank Dengan Benar - Masalah pengisian power bank tidak sesederhana jika baterai sudah penuh. Banyak pengguna yang menganggap cara pengisian daya sudah cukup ketika indikator baterai menunjukkan 100%. Padahal cara pengisian yang salah berpotensi membuatnya cepat rusak.



Selain itu, baterai smartphone yang diisi dengan power bank juga bisa terpengaruh. Jika itu terjadi, Anda tidak hanya akan mengalami kerugian perangkat tetapi juga mengeluarkan biaya yang cukup besar. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan cara Pengisian Daya PowerBank dengan benar.

Cara Mengisi Daya Powerbank dengan Benar

Jangan Mengisi Saat Daya Habis Atau 0%

Tips pertama jangan menunggu power bank habis atau dalam kondisi 0% untuk mengisi ulang daya. Agar lebih aman dan nyaman, isi daya powerbank saat lampu indikator menunjukkan dua atau hanya satu lampu.

Namun, Anda juga tidak perlu terburu-buru untuk mengisi daya jika daya masih banyak. Sebab, akan membuat daya menumpuk dan akhirnya perangkat tidak muat untuk menampungnya. Akibatnya, performanya bisa menurun.

Isi Daya Menggunakan Stopkontak

Selanjutnya adalah, gunakan stopkontak untuk pengisian daya yang optimal. Tak jarang powerbank memiliki kapasitas yang besar untuk penyimpanan daya. Oleh karena itu, Anda harus mengisi daya langsung dari stopkontak yang terhubung ke arus listrik utama secara langsung.

Hal ini dapat membuat proses lebih cepat dibandingkan melalui laptop atau komputer. Mengapa demikian? Jika melakukan pengisian melalui perangkat laptop atau komputer, maka daya listrik yang disuplai dari sumber utama akan terbagi, sehingga proses pengisian memakan waktu lama dan tidak membuat daya powerbank menjadi optimal.

Isi Daya Di Tempat Yang Aman

Tips ketiga, saat mengisi daya powerbank, pastikan tempat di sekitarnya aman. Maksudnya disini adalah memiliki suhu dan suhu yang sejuk, karena suhu atau panas yang cukup tinggi juga mempengaruhi perangkat nantinya. Begitu juga pada suhu ekstrim yang terlalu dingin.

Hindari juga mengisi daya dengan meletakkannya di atas perangkat lain, seperti CPU komputer, di lemari es, laptop, dan perangkat elektronik lainnya. Kemudian, jauhkan dari jangkauan anak-anak agar tetap aman dan nyaman serta terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Hindari Pengisian Yang Berlebihan

Beberapa powerbank tidak sama dengan smartphone yang telah dilengkapi dengan fitur Power IQ, yaitu kemampuan untuk memutus aliran listrik secara otomatis saat daya penuh. Oleh karena itu, kamu tidak bisa membiarkan powerbank mengisi daya terlalu lama saat sudah penuh. Hal ini mengakibatkan kemampuan power bank menurun lebih cepat. Namun, ada banyak power bank yang dilengkapi dengan Power IQ dan Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mengenal Arus Power Bank

Terakhir, yang harus diketahui adalah arus pada input dan output. Jika outputnya 2A, maka kemampuan power bank Anda untuk mengalirkan arus 2A ke gadget. Isu terkini penting untuk diketahui agar proses charging ke gadget bisa berjalan lebih cepat dan akurat. Oleh karena itu, pada saat membeli sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu berapa arus yang dibutuhkan nantinya.

Setidaknya begitulah cara melakukan charging powerbank yang baik dan benar agar tetap awet saat digunakan. Bagaimana, mudah bukan? Selain itu, penting juga bagi Anda untuk memilih power bank terbaik dengan kualitas yang terjamin. Selain bahan yang berkualitas, powerbank juga memiliki harga yang ramah di kantong. Dapatkan juga harga terbaik selama promo tertentu.

Demikian ulasan tentang Inilah Cara Pengisian Daya Powerbank Dengan Benar semoga bermanfaat.