Inilah Cara Mengatasi Laptop Tidak Mau Hidup

Inilah Cara Mengatasi Laptop Tidak Mau Hidup - Laptop adalah salah satu gadget atau perangkat elektronik yang saat ini banyak digunakan. Bahkan bisa dikatakan pengguna laptop jauh lebih banyak daripada pengguna PC. Hal ini dikarenakan laptop mudah dibawa kemana-mana dan memiliki nilai efisiensi yang lebih dibandingkan dengan PC.

Hingga saat ini banyak sekali merk dan tipe laptop yang beredar di pasaran, seperti MSI, Asus, HP, Dell, Lenovo, Acer, Axioo dan lain-lain. Nah, meski menjadi pilihan banyak orang, terkadang laptop juga mengalami masalah tertentu, seperti laptop tidak bisa menyala, dll.

Kasus seperti itu sebenarnya jarang terjadi, tapi begitu terjadi akan sangat merepotkan. Mengenai penyebabnya sendiri sebenarnya cukup kompleks, namun secara umum karena kerusakan hardware pada laptop. Disini kami akan menjelaskan tentang Cara Mengatasi Laptop Tidak Mau Hidup.

Periksa Sumber Daya

Hal pertama yang harus dilakukan ketika Anda memiliki masalah dengan laptop Anda tidak menyala, Anda dapat memeriksa sumber daya dari laptop yang Anda gunakan. Karena kemungkinan besar penyebab laptop tidak mau menyala adalah karena sumber listrik.

Berbagai kemungkinan bisa terjadi, seperti baterai habis atau rusak, charger rusak dan tidak bisa digunakan, konektor power rusak/tidak terpasang dengan baik, soket bermasalah dan lain sebagainya. Jadi, pastikan dulu ada sebuah masalah dengan sumber listrik laptop atau tidak.

Coba juga lepas dan masukkan kembali baterai, lalu coba isi daya dan hidupkan kembali. Jika masih tidak menyala, coba gunakan baterai lain yang serupa. Jika tidak ada masalah dengan komponen resource laptop, seharusnya laptop sudah bisa menyala dengan normal.

Coba Charge Dengan & Tanpa Baterai

Selanjutnya, coba gunakan laptop dengan keadaan terisi daya. Cara ini bisa dicoba jika baterai laptop dianggap sudah tidak bisa digunakan (umur), yang biasanya laptop masih bisa dihidupkan tapi mati dengan sendirinya setelah beberapa saat.

Selain itu, Anda dapat mencoba melepas baterai, kemudian menghubungkan pengisi daya ke laptop dan mencolokkan soket ke sumber listrik. Setelah itu coba nyalakan laptop anda, ini juga bisa menjadi cara untuk mengetahui apakah baterai laptop rusak total atau tidak.

Oh iya, ada beberapa kasus yang menyebabkan laptop tidak bisa hidup karena kehabisan baterai, dan saat dicharge tidak bisa karena chargernya rusak. Coba juga cek komponen ini, dengan mencoba menggunakan charger laptop lain yang sejenis dan memiliki tipe konektor charger yang sama dengan laptop anda.

Namun jika laptop bisa menyala dengan cara diatas berarti baterai anda memang rusak, dan solusinya tentunya anda harus mengganti baterai yang rusak dengan yang baru agar laptop bisa digunakan dengan normal. Namun jika laptop tidak menyala, coba cara di bawah ini.

Periksa Monitor

Jika Anda menemukan tanda-tanda kehidupan saat menyalakan laptop, seperti lampu power menyala, muncul layar abu-abu di monitor, atau monitor menampilkan cahaya yang tidak jelas. Nah, jika Anda menemukan ini, biasanya tidak ada masalah dengan komponen sumber daya, dan itu adalah monitor yang bermasalah.

Lakukan Power Reset

Tips selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan melakukan power reset. Cara ini digunakan ketika laptop sebelumnya tidak dimatikan dengan benar, dan mengakibatkan laptop tidak menyala. Power reset sendiri merupakan upaya untuk memutus semua aliran listrik yang mengalir ke komponen laptop. Cara ini juga cukup efektif untuk mengatasi laptop yang tidak mau hidup dan masih menunjukkan tanda-tanda kehidupan di layar monitor, seperti muncul layar biru atau blank screen.

Demikian ulasan tentang Inilah Cara Mengatasi Laptop Tidak Mau Hidup semoga bermanfaat.