Cara Praktis Memperbaiki Koneksi Internet Laptop Dan Komputer Windows

Cara Praktis Memperbaiki Koneksi Internet Laptop Dan Komputer Windows - Sangat kesal, bukan saat internet di laptop anda bermasalah dan ingin cepat tahu apa saja cara-cara mengatasi internet laptop anda. Ya, internet sudah menjadi kewajiban bagi sebagian orang.



Bahkan banyak orang yang pekerjaannya tidak maksimal karena tidak bisa menggunakan internet karena tidak menemukan cara untuk melakukannya. Lalu, bagaimana cara memperbaiki koneksi internet laptop dan komputer Windows?

Untuk itu penulis memberikan beberapa cara yang dapat anda coba agar koneksi internet anda bisa berjalan kembali. Langsung saja berikut ini cara Memperbaiki Koneksi Internet laptop dan komputer Windows. Silakan lakukan dari yang pertama terlebih dahulu, lalu coba langkah selanjutnya.

Apakah Benar Internet-Mu Tidak Lancar?

Ketika Anda mengakses situs tertentu dan tidak bisa, bisa jadi situs tersebut yang bermasalah. Yang paling umum adalah ketika situs disimpan, tempat itu dimatikan, sehingga Anda tidak dapat mengaksesnya. Untuk konfirmasi, coba buka situs lain. Jika Anda bisa mengakses situs lain, berarti situs asli yang ingin Anda kunjungi sedang bermasalah dan masalahnya bukan dari internet Anda.

Restart Perangkat

Bahkan metode sederhana seperti me-restart laptop atau komputer Anda dapat memperbaiki masalah internet Anda. Silakan restart komputer sekarang. Jika internet Anda masih tidak berfungsi, mungkin modem atau router Anda juga perlu direstart.

Jika Anda tidak me-restart modem atau router Anda, silakan bertanya kepada teman yang mengetahui tentang perangkat tersebut. Cek juga dengan perangkat lain seperti smartphone Anda, apakah juga mengalami masalah internet yang sama. Jika sama, masalahnya mungkin pada perangkat internet atau penyedia internet Anda.

Cek Kabel Fisik Internet

Apakah Anda menggunakan kabel ethernet untuk terhubung ke internet? Ini biasanya masih dilakukan jika Anda menggunakan sebuah komputer desktop. Pastikan kabel ethernet Anda masih dalam kondisi baik dengan memeriksa apakah sudah sobek atau putus. Mengganti kabel ethernet dengan yang lain juga merupakan tip yang bagus.

Anda juga harus memperhatikan warna lampu dari router. Biasanya router yang berjalan normal akan berwarna hijau dan akan berkedip jika ada yang menggunakannya. Jika ada warna lain seperti kuning atau merah, mungkin ada yang salah dengan router atau penyedia internet Anda.

Cek Virus Dan Malware Jahat Lainnya

Virus dan malware berbahaya juga menjadi salah satu cara untuk memperbaiki koneksi internet laptop dan komputer karena software berbahaya dapat mengganggu jaringan internet karena menghindari antivirus untuk melakukan update terbaru, sehingga malware berbahaya dapat berkeliaran dengan bebas. Apalagi jika komputer Anda tidak mempunyai antivirus, maka hal ini juga mengganggu aktivitas komputer Anda yang lain.

Kami menyarankan Anda menggunakan komputer lain yang Anda yakini tidak terinfeksi virus dan malware berbahaya untuk mengunduh atau mengunduh Malwarebyte. Aplikasi ini sangat efektif dalam menghapus virus dan malware berbahaya. Setelah Anda mendownload, silahkan pindahkan Malwarebyte ke komputer Anda, lakukan instalasi, dan segera scan komputer Anda. Setiap kali Anda mengunduh Malwarebyte, Anda selalu mendapatkan pembaruan terbaru.

Menggunakan Network Troubleshooter Di Windows

Windows mempunyai fitur untuk memperbaiki secara otomatis jika jaringan internet Anda tidak berfungsi. Walaupun tidak 100% bisa meningkatkan internet anda, namun tidak ada salahnya untuk mencoba. Klik kanan pada ikon jaringan di bilah tugas Anda dan klik "Pemecahan masalah" seperti yang ditunjukkan di atas.

Kemudian, ikuti langkah-langkah yang diberikan. Windows memperbaiki kesalahan secara otomatis jika ditemukan. Mungkin Anda diminta untuk me-restart komputer dan jika sudah, restart saja agar internet Anda bisa diperbaiki.

Demikian ulasan tentang Cara Praktis Memperbaiki Koneksi Internet Laptop Dan Komputer Windows semoga bermanfaat.