Cara Praktis Memperbaiki Hp Android Mati Total

Cara Praktis Memperbaiki Hp Android Mati Total - Sebagai perangkat elektronik, yang namanya smartphone tentu tidak lepas dari risiko kerusakan. Dan yang sering dialami banyak pengguna adalah HP mati total. Kondisi dimana smartphone tidak dapat digunakan atau bahkan tidak bisa menyala sama sekali.



Tentunya hal ini bisa membuat siapa saja panik dan tidak tahu bagaimana cara menghadapinya. Apakah HP yang mati total masih bisa diperbaiki? Jawabannya masih ada kemungkinan perangkat bisa kembali normal seperti semula. Disini kami akan menjelaskan tentang Cara Memperbaiki Hp Android Mati Total.

Coba Charge

Untuk tips yang pertama, kamu bisa mencolokkan smartphone ke charger agar baterai terisi. Cobalah untuk membiarkannya terhubung untuk beberapa waktu. Bisa jadi jika perangkat Anda tiba-tiba mati, maka itu karena kehabisan daya. Dan bahkan jika Anda mencoba menyalakannya kembali, itu tidak akan berfungsi karena tidak ada daya tersisa di baterai. Maka untuk itu, kita coba charge dulu untuk mengisi ulang baterai perangkat.

Coba Gunakan Charge Dekstop

Jika ponsel cerdas Anda mati dan saat terhubung ke pengisi daya, ponsel tidak akan terisi daya. Jadi kita juga harus memastikan charger dan colokannya tidak rusak. Caranya lepas baterai dan coba gunakan desktop charger. Jika baterai ingin diisi, maka ada kemungkinan yang rusak adalah charger atau colokannya.

Ganti Baterai Baru

Untuk memastikan hp yang mati total bukan disebabkan oleh baterai yang rusak, maka coba gunakan baterai yang baru. Jika setelah diganti smartphone bisa hidup kembali, maka bisa dipastikan komponen yang rusak adalah komponen tersebut.

Tes Menggunakan Baterai Yang Lain

Hp yang mati total juga bisa disebabkan oleh baterai yang rusak karena tegangan pada baterai yang terlalu rendah. Anda dapat mengetahuinya dengan memeriksa menggunakan multimeter. Sebelum ponsel benar-benar tidak bisa dihidupkan, biasanya akan ditandai dengan error lainnya.

Contohnya adalah HP yang suka mati dengan sendirinya. Solusi atau cara paling efektif untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan segera mengganti aki, dan pastikan juga menggantinya dengan aki asli agar lebih awet dan tahan lama dibandingkan aki kw atau palsu.

Namun jika Anda hanya ingin mengujinya, Anda dapat mencoba menggunakan baterai HP lain yang serupa. Cara ini bisa menjadi solusi sementara sebelum anda membeli aki baru, jika berhasil maka anda bisa membeli aki baru. Namun jika masih tidak berfungsi dan masih mati total maka bukan baterainya yang bermasalah. Jadi Anda tidak perlu membeli baterai baru dan mencoba mengidentifikasi masalahnya.

Flashing Ulang Lewat PC/Laptop

Bagi yang belum familiar dengan HP tentunya masih asing dan tidak tahu apa yang dimaksud dengan re-flashing. Re-flashing adalah proses yang dimaksudkan untuk mengganti sistem ponsel Android yang rusak dengan yang baru atau yang masih berjalan normal.

Untuk flashing ulang biasanya menggunakan bantuan PC atau laptop dalam prosesnya. Jadi jika ingin memperbaiki hp yang rusak bisa di flash ulang. Karena jika hp disambungkan ke pc/laptop dan terdeteksi, maka kemungkinan besar hp bisa di perbaiki. Setiap HP memiliki cara flashing yang berbeda-beda, namun pada intinya sama saja.

Melakukan Wipe System Recovery

Cara ini sebenarnya mirip dengan cara sebelumnya, namun bedanya kita tidak membersihkan cache dan data melainkan melakukan wipe pada sistem. Bagi kalian yang belum tahu, wipe sistem ini bertujuan untuk menghapus sistem yang sudah terpasang di ponsel.

Demikian ulasan tentang Cara Praktis Memperbaiki Hp Android Mati Total semoga bermanfaat.