Cara Mudah Mengatasi Laptop Lag Saat Bermain Game

Cara Mudah Mengatasi Laptop Lag Saat Bermain Game - Kebanyakan laptop saat ini mendukung game 3D terbaru yang membutuhkan spesifikasi hardware yang cukup tinggi, beberapa di antaranya adalah Call of Duty GTA, PES, NFS, dan masih banyak lagi. Jenis motherboard laptop dan/atau PC pada saat ini mendukung penggunaan game modern saat ini.



Meski begitu, terkadang ada kondisi dimana game yang sedang dijalankan tiba-tiba mengalami lag atau crash. Dalam hal ini ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, pada artikel kali ini kita akan membahas langkah-langkah pemecahan masalah jika masalah seperti di atas terjadi. Silahkan baca artikel ini sampai habis. Pada artikel kali ini kita akan membahas cara Mengatasi Laptop Lag saat bermain game.

Menutup Aplikasi Yang Tidak Dibutuhkan

Cara pertama untuk mengatasi laptop lag saat bermain game adalah dengan menutup aplikasi aktif yang tidak dibutuhkan yang dapat mengganggu kinerja game meskipun sedang tidak digunakan. Oleh karena itu, sebelum menjalankan game, ada baiknya jika aplikasi yang tidak dibutuhkan ditutup dulu agar game berjalan dengan lancar.

Membatasi Waktu Penggunaan Atau Working Time

Lag dapat terjadi salah satunya karena waktu penggunaan atau waktu kerja yang tinggi yang mengakibatkan suhu perangkat keras CPU tinggi, sehingga kinerja tidak optimal. Untuk itu, penggunaan game harus dibatasi dengan melihat jam penggunaan atau waktu buka dan memperhatikan suhu aktif perangkat keras saat itu.

Meski begitu, beberapa motherboard dan hardware gaming high-end terbaru kini menoleransi hal tersebut dengan berbagai fitur yang mampu menjaga suhu dan performa hardware tetap stabil saat dijalankan dalam waktu lama.

Tuning Pengaturan Game

Setting atau tuning game dapat dilakukan untuk mencapai performa game terbaik pada spesifikasi hardware yang digunakan. Beberapa pengaturan seperti FPS (Frame per Second), grafik Aperture, resolusi, mode jendela (windowed atau non-windowed) dan banyak lagi, dapat disesuaikan untuk mendapatkan hasil kinerja terbaik. Untuk mode grafis, gunakan pengaturan rendah atau sedang untuk kinerja terbaik.

Setting Mode Hardware Atau Laptop

Umumnya laptop masa kini sudah memiliki built-in setting untuk mengatur performa hardware dengan memberikan profil hardware yang sudah disesuaikan dengan performa tertentu. Setting ke mode hardware high atau agresif, untuk mendapatkan performa hardware terbaik. Hal ini dapat dilakukan melalui aplikasi bawaan pada motherboard PC atau laptop yang telah disediakan.

Menggunakan Game Booster

Cara mengatasi laptop lag saat bermain game mudah adalah dengan menggunakan aplikasi game booster. Aplikasi game booster digunakan untuk mempercepat performa game dengan menyediakan berbagai pengaturan sistem otomatis dan opsi tuning, serta menutup aplikasi yang tidak perlu di background yang dirasa mengganggu performa game saat dimainkan.

Pengaturan Overclock

Overclocking juga diyakini menjadi sesuatu yang dapat menyebabkan masalah pada kinerja CPU karena overclock ini dapat menyebabkan panas pada perangkat keras yang mengakibatkan penurunan kinerja game, termasuk CPU, grafis, dan RAM komputer.

Untuk itu diperlukan pengaturan overclock yang ideal agar mendapatkan hasil yang maksimal, jika tidak ingin mematikan fitur overclock setidaknya lakukan pengaturan dengan mengembalikan beberapa parameter overclock ke kondisi default untuk mendapatkan peningkatan dalam kinerja game.

Nonaktifkan Antivirus

Antivirus juga diklaim mampu memperlambat kinerja gaming. Bagaimana tidak, kinerja gaming melambat karena beberapa sumber daya sistem masih dialokasikan untuk program antivirus yang berjalan di latar belakang. Oleh karena itu, menonaktifkan antivirus bisa menjadi solusi yang bisa dilakukan untuk mempercepat proses atau performa game ini.

Atau paling tidak dengan menonaktifkan beberapa fitur antivirus yang tidak perlu seperti email shield, web shield, selain itu bisa juga dilakukan dengan menambahkan fitur exception antivirus pada folder dan sistem game agar file sistem game tidak disertakan dalam scan antivirus. list, jadi tidak ada lagi proses scanning jika game dijalankan secara full.

Demikian ulasan tentang Cara Mudah Mengatasi Laptop Lag Saat Bermain Game semoga bermanfaat.