Cara Mudah Memperbaiki Komputer No Signal Untuk Pemula

Cara Mudah Memperbaiki Komputer No Signal Untuk Pemula - Komputer Tidak ada sinyal, adalah suatu kondisi dimana komputer dapat menyala dengan normal. Namun, tidak ada yang muncul di layar (Kosong), tetapi monitor mendeteksi bahwa tidak ada perangkat yang terhubung ke monitor. Saat monitor tidak mendeteksi perangkat apa pun, komputer akan secara otomatis memberikan pesan tidak ada sinyal.



Jadi, kerusakan sinyal tidak seperti ini umumnya dialami karena ada kerusakan pada salah satu perangkat komputer. Jadi, jarang ada kerusakan software yang menyebabkan tidak ada sinyal seperti ini (mungkin kecuali BIOS yang corrupt).

Kami sudah beberapa kali mengalami monitor tanpa sinyal seperti ini. Kejadiannya malam hari, PC sedang di pakai, lalu tiba-tiba PC saya mati dan muncul pesan no signal. Disini kami akan menjelaskan tentang Cara Memperbaiki Komputer No Signal.

Cara Memperbaiki Komputer No Signal

Sebelumnya Anda harus bisa membedakan antara kegagalan boot dan komputer tidak ada sinyal. Tidak ada sinyal, adalah kondisi dimana komputer menyala tetapi tidak muncul gambar, tetapi muncul pesan tidak ada sinyal pada monitor. Padahal gagal booting, terutama karena RAM. Satu-satunya gejala adalah monitor tidak menampilkan gambar, tetapi masih menyala dan tidak ada pesan sinyal.

Cek Kabel Monitor

Coba cek dulu kabel yang digunakan. Periksa kabelnya, jangan biarkan instalasi lepas. Karena dalam beberapa kasus, biasanya ada pengguna yang tidak membuat kabel dengan benar saat dipasang. Kabel yang tidak terpasang dengan benar ini dapat terlepas secara tidak sengaja saat monitor dipindahkan. Maka hasilnya akan muncul pesan no signal.

Mengganti Kabel Monitor

Kabel konektor VGA Card ke komputer, ada 3 jenis yang biasa digunakan. Kabel VGA, DVI dan HDMI. Kemudian Anda coba ganti konektor kabel yang digunakan untuk menyambungkan komputer ke monitor. Jika sudah normal kembali berarti kabelnya memang rusak.

Anda dapat membeli atau meminjam dari teman kabel yang ingin Anda gunakan. Namun, coba ganti jenis kabel yang digunakan jika ada lebih dari 1 port pada monitor. Hal ini untuk memeriksa ada tidaknya kerusakan pada konektor kabel pada monitor. Misalnya, jika Anda biasanya menggunakan kabel DVI, maka coba gunakan HDMI. Atau jika biasanya menggunakan kabel VGA, maka coba gunakan kabel DVI dan sebaliknya.

Cek Converter

Sedangkan bagi sebagian pengguna PC, ada pula yang memiliki monitor dengan port yang tidak sesuai dengan spesifikasi VGA. Misalnya VGA yang digunakan hanya mendukung DVI dan HDMI. Namun monitor hanya mendukung port VGA. Kemudian kartu VGA tidak dapat dihubungkan ke monitor. Untuk mengatasi hal tersebut umumnya digunakan converter agar komputer yang digunakan dapat berjalan.

Ada dua jenis konverter yang umum digunakan. Yaitu konverter aktif dan konverter pasif. Konverter pasif memiliki harga yang relatif jauh lebih murah dibandingkan konverter aktif. Jadi kebanyakan orang lebih suka menggunakan konverter pasif. Jadi, konverter pasif ini, umumnya tidak selalu bekerja secara normal. Namun dari sumber forum komputer besar, tidak jarang orang mengalami kerusakan seperti ini.

Cek VGA (Kartu Grafis)

Jika masalahnya bukan pada kabel dan port monitor. Kemudian kita harus mengecek VGA yang digunakan. Apakah bermasalah atau tidak. VGA sendiri memang merupakan komponen yang mudah rusak, meski hanya dalam situasi tertentu. Misalnya karena catu daya yang tidak stabil power supply. Suhu VGA yang terlalu panas, sampai error dengan overclock.

Jika VGA positif rusak, anda bisa melakukan RMA atau service ke pabrik sesuai vendor VGA yang anda gunakan. Namun tidak semua merek bisa melakukan service ke pabrik. Ada merk VGA yang tidak jelas yang tentunya hanya ada garansi toko atau garansi distributor, hindari VGA jenis ini. Lebih baik, beli merek yang sudah terkenal.

Demikian ulasan tentang Cara Mudah Memperbaiki Komputer No Signal Untuk Pemula semoga bermanfaat.