Cara Mengatasi Penggunaan CPU 100% Di Windows Dengan Mudah

Cara Mengatasi Penggunaan CPU 100% Di Windows Dengan Mudah - Salah satu komponen komputer yang paling penting adalah CPU atau Central Processing Unit. CPU ini memiliki fungsi yang sangat penting yaitu mengolah data yang diterima dari software komputer. Jadi jika CPU diibaratkan sebagai otak dari sebuah komputer, tanpa adanya CPU dalam sebuah komputer maka komputer tidak akan dapat berjalan dengan normal.



Selain itu, kecepatan sebuah komputer juga dipengaruhi oleh CPU. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kinerja prosesor menjadi lambat. Nah, yang akan kita bahas tentang cara Mengatasi Penggunaan Cpu 100%.

Salah satunya adalah penggunaan sumber daya yang berlebihan. Jika kita menjalankan terlalu banyak aplikasi secara bersamaan (multitasking). Sampai-sampai CPU tidak bisa merespon semua permintaan tersebut. Dan alhasil CPU hang dan tidak berfungsi dengan baik.

Cara Mengatasi Penggunaan CPU 100% di Windows

Namun, ada juga kasus di mana pengguna komputer menemukan grafik penggunaan CPU di komputer mereka melonjak sangat tinggi hingga 100% meskipun tidak menjalankan banyak aplikasi. Tentu disini mereka bingung bagaimana cara mengatasinya, nah disini Teknoinside akan memberikan tutorial cara mengatasi penggunaan CPU 100% sehingga komputer menjadi lemot.

Matikan Program Di System Try

Perlu Anda ketahui bahwa ketika komputer kita sedang berjalan, ada program yang berjalan di latar belakang (system try) yang tidak kita ketahui. Sekarang, Anda dapat mematikan program yang berjalan di latar belakang dan terasa kurang penting, sehingga Anda dapat meringankan beban prosesor Anda.

Cara mematikannya adalah masuk ke Windows Task Manager lalu masuk ke tab Processes, silahkan lihat di kolom CPU. Akan ada presentasi penggunaan CPU, program dengan presentasi terbesar adalah program yang paling membebani prosesor.

Nah disini Anda bisa menghentikan beberapa program yang menurut Anda tidak terlalu penting tetapi memiliki presentasi CPU yang sangat besar atau membebani prosesor. Cara menghentikan program adalah dengan mengklik program tersebut kemudian pilih End Process.

Biarkan Komputer Istirahat

Bukan hanya manusia saja yang butuh istirahat, komputer juga perlu diberikan waktu untuk istirahat. Oleh karena itu sebaiknya Anda mengistirahatkan atau mematikan komputer untuk beberapa saat setelah digunakan dalam waktu yang lama.

Untuk memastikannya, Anda dapat memeriksa suhu dari komputer Anda, jangan ragu untuk menyentuh prosesor atau menggunakan aplikasi tertentu. Jika Anda mendapatkan panah di komputer Anda, matikan dan jangan nyalakan selama beberapa jam.

Lakukan Pembersihan Virus

Virus juga dapat menyebabkan penggunaan CPU di komputer Anda melonjak. Oleh karena itu, silahkan install antivirus di komputer Anda. Kemudian scan komputer anda apakah ada virus atau tidak, jika ada silahkan bersihkan virusnya. Tapi Anda juga tidak bisa sembarangan menggunakan antivirus.

Anda harus menggunakan antivirus yang terpercaya dan terbukti. Jangan sampai Anda hanya menginstal antivirus dan ternyata antivirus tersebut mengandung malware yang merugikan komputer Anda. Anda dapat menginstal antivirus seperti Avast! Antivirus Gratis, Antivirus AVG atau Antivirus Gratis Bitdefender. Ketiga antivirus tersebut sudah memiliki fitur auto-scan sehingga Anda tidak perlu melakukan scan secara manual.

Hapus Antivirus Tidak Berguna

Jika Anda memiliki atau menginstal lebih dari satu antivirus di komputer Anda, silakan hapus dan hapus antivirus dari komputer Anda. Instal saja 1 antivirus di komputer Anda, karena proses scanning dan maintenance antivirus dapat membebani kinerja CPU.

Demikian ulasan tentang Cara Mengatasi Penggunaan CPU 100% Di Windows Dengan Mudah semoga bermanfaat.