Cara Mengatasi Laptop Lemot Dan Tidak Merespons

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dan Tidak Merespons - Saat ini laptop dan PC menjadi kebutuhan utama bagi kebanyakan orang. Laptop digunakan untuk menunjang berbagai pekerjaan, seperti administrasi, bisnis, hingga teknologi. Banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan menggunakan laptop seringkali membuat gadget menjadi panas atau lemot. Bahkan terkadang laptop berhenti bekerja dan muncul tulisan not respond pada beberapa program yang dibuka.



Ketika program di laptop menunjukkan tidak merespons, pengguna tidak dapat mengklik apa pun di laptop. Biasanya tidak merespons ini terjadi karena kurangnya sumber daya sistem, bug pada perangkat lunak, hingga terlalu banyak membuka program di laptop.

Laptop yang lemot atau Not Responding tentu akan membuat Anda kesal karena pekerjaan yang bisa diselesaikan dengan cepat menjadi terhambat. Untuk mengatasinya, Anda tidak perlu membeli laptop baru. Berikut cara Mengatasi Laptop Lemot dan tidak merespons.

Uninstall Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Hapus atau hapus instalan aplikasi yang tidak lagi diperlukan. Karena jika terlalu banyak aplikasi yang disimpan tetapi tidak digunakan maka akan membuat sistem membutuhkan waktu yang lama untuk membaca harddisk.

Menggunakan Antivirus

Selanjutnya adalah menggunakan antivirus. Namun saat menggunakan antivirus, gunakan seperlunya saja dan jangan terlalu aktif dalam melakukan scanning.

Memakai Aplikasi untuk Sesuai Spesifikasi Laptop

Yang ketiga adalah menggunakan aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi laptop. Saat membeli laptop, Anda harus tahu kebutuhan apa yang akan Anda kerjakan. Karena jika anda memiliki pekerjaan yang sering menggunakan aplikasi editing namun laptop yang anda gunakan hanya cukup untuk mengetik, tentunya laptop tidak akan kuat dan membuat lemot.

Membuka Aplikasi Pilihan

Menghidupkan aplikasi secara berlebihan akan menjadi salah satu penyebab laptop tidak merespon, karena kondisi ini akan memaksa kinerja RAM. Anda harus menyesuaikan penggunaan aplikasi dengan spesifikasi laptop yang Anda miliki. Atau Anda juga bisa mengaktifkan task manager untuk mengontrol penggunaan RAM saat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus.

Membersihkan Desktop

Membersihkan desktop dimaksudkan dengan tidak terlalu banyak menggunakan aplikasi yang sedang berjalan. Ini karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, yang secara diam-diam memakan kapasitas RAM dan membuat laptop menjadi lambat.

Meningkatkan Kapasitas RAM

Maka Anda bisa mengatasi laptop Not Responding dengan menambahkan RAM. Namun tidak hanya sekedar menambah kapasitas RAM saja, Anda juga harus memperhatikan spesifikasi RAM (RAM DDR3, atau RAM DDR3L, dan RAM DDR4) dan juga kapasitas RAM maksimal yang dapat digunakan pada laptop Anda.

Membersihkan Drive C

Laptop di atas usia 3 tahun biasanya akan menurunkan performanya. Nah solusinya adalah dengan membersihkan drive C. Anda juga bisa meng-uninstall program dan aplikasi yang dianggap memberatkan kinerja laptop untuk meningkatkan kinerja.

Instal ulang Windows

Laptop lama tidak hanya mempengaruhi kinerja perangkat keras, tetapi juga perangkat lunak. Oleh karena itu, Anda perlu mengatur ulang atau menginstal ulang perangkat lunak yang digunakan. Selain itu, Anda juga bisa mengganti software sebelumnya, untuk meningkatkan kinerja perangkat laptop.

Menggunakan Cooling Pad

Cooling pad berfungsi untuk menjaga suhu laptop agar tidak terlalu panas. Karena jika laptop terlalu panas akan membuat laptop menjadi lemot.

Mengganti Memori HHD menjadi SSD

Hard drive HDD memiliki kecepatan data yang relatif lambat. Untuk mengatasi laptop lemot, sebaiknya ganti penyimpanan laptop dengan menggunakan SSD.

Demikian ulasan tentang Cara Mengatasi Laptop Lemot Dan Tidak Merespons semoga bermanfaat.