Cara Mengatasi Komputer Mati Sendiri Dengan Mudah

Cara Mengatasi Komputer Mati Sendiri Dengan Mudah - Komputer atau yang sering disebut dengan akronim PC (personal computer) saat ini dianggap sebagai salah satu teknologi tercanggih, namun perangkat tersebut juga memiliki berbagai kekurangan dan kelemahan. Sebagian besar kekurangan komputer muncul karena pengguna tidak memperhatikan kondisi perangkat.



Komputer yang kurang diperhatikan tentunya sudah tidak maksimal lagi, karena jika perangkat tersebut jarang dirawat tentu akan menjadi faktor pendorong terjadinya kerusakan baik pada sistem maupun komponennya. Nah, salah satu masalah yang muncul dari kedua faktor tersebut adalah komputer mati sendiri saat digunakan.

Ketika masalah tersebut muncul, tentunya akan membuat pekerjaan Anda terhambat dan terganggu jika tidak segera ditangani dengan cepat. Namun ternyata masih banyak pengguna yang belum mengetahui cara Mengatasi Komputer Mati Sendiri. Nah, berangkat dari itu, artikel ini dibuat, dalam rangka memberikan tutorial.

Cara Mengatasi Komputer Mati Sendiri

Cek Power Supply

Penyebab umum komputer mati sendiri biasanya terletak pada catu daya yang rusak. Kerusakan pada komponen ini biasanya ditandai dengan kipas yang berbunyi aneh dan juga terkadang muncul bau hangus seperti plastik terbakar di sekitar PC.

Cek Processor Overheat

Prosesor yang mengalami overheating (terlalu panas) juga menjadi salah satu faktor penyebab komputer mati sendiri secara tiba-tiba. Jika hal ini terjadi, maka Anda harus segera mengatasinya agar masalah ini tidak terlalu serius dan agar PC tidak mati total.

Penyebab prosesor overheating pada dasarnya adalah karena coler yang rusak atau sirkulasi udara yang terganggu. Selain itu, prosesor thermal paste yang belum pernah diganti juga menjadi faktor lain, karena prosesor pasta dapat mengering dalam jangka waktu tertentu.

Periksa Tombol Power

Tombol power merupakan salah satu komponen terpenting pada komputer. Fungsinya tentunya untuk menghidupkan dan mematikan perangkat, nah selain itu terkadang terdapat masalah pada komponen ini seperti sambungan kabel power ke motherboard putus atau tidak tersambung dengan baik.

Coba Bersihkan VGA Card

Kartu VGA yang kotor bisa menjadi faktor penyebab komputer mati sendiri. Ya, karena VGA memang merupakan komponen komputer yang penting sehingga jika terjadi masalah pada komponen ini akan menyebabkan komputer hang, layar blank, atau komputer tiba-tiba mati sendiri.

VGA Card memang memiliki fungsi yang sangat penting pada komputer, oleh karena itu komponen ini tidak boleh diremehkan jika ada kerusakan kecil atau hanya kotor. Selain itu, Anda perlu membersihkan VGA secara rutin dan juga melakukan perawatan khusus.

Periksa RAM

RAM (random access memory) merupakan komponen yang jarang rusak, namun sekali rusak biasanya akan menimbulkan masalah tertentu, seperti komputer tiba-tiba mati sendiri, komputer mati saat proses booting, dan komputer mati total. .

Selain RAM, hardisk yang rusak juga bisa menyebabkan perangkat tidak bisa booting karena sistem tidak bisa di-load, nah, kalau itu RAM, bisa mematikan komputer Anda secara total. Wow, itu buruk bukan? Untuk itu Anda perlu menjaga kondisi RAM agar tetap bersih dan tidak mudah rusak.

Tambahkan Stabilizer Daya

Listrik atau listrik yang tidak stabil memang bisa berakibat fatal bagi perangkat komputer. Salah satunya, jika listrik tidak stabil maka akan terjadi lonjakan listrik dan mengakibatkan komputer tiba-tiba mati sendiri. Untuk itu Anda perlu memperhatikan kondisi daya atau listrik yang masuk ke PC.

Scan Virus & Malware

Masalah virus & malware memang terkadang muncul secara tiba-tiba dan tanpa sepengetahuan kita. Namun jika sudah ada, komputer bisa mati sendiri karena sistem sedang diserang virus atau malware. Ini karena sistem crash, sehingga tidak bisa berjalan (blue screen of death).

Demikian ulasan tentang Cara Mengatasi Komputer Mati Sendiri Dengan Mudah semoga bermanfaat.