Cara Mengatasi HP Kemasukan Air Yang Efektif Dan Efisien

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air Yang Efektif Dan Efisien - HP tercebur atau terciprat air merupakan kejadian yang menyebalkan. Meski beberapa smartphone dilengkapi dengan teknologi IP68 (tahan air), masuknya air tetap menjadi perhatian. Jika kondisi ini terjadi, Anda perlu mengetahui cara Mengatasi HP Kemasukan Air yang efektif dan efisien.



Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Segera Matikan Hp

Saat terciprat atau air masuk, biasanya air akan langsung menyebar ke seluruh komponen HP. Hal ini tentu berbahaya karena HP dipenuhi dengan berbagai komponen kecil yang sangat rawan rusak. Oleh karena itu, segera matikan ponsel agar tidak terjadi korsleting listrik di dalamnya. Air memang salah satu musuh terbesar listrik.

Jangan Menekan Sembarang Tombol

Jangan hanya menekan tombol di ponsel karena semakin banyak air yang bisa masuk melalui celah tombol. Sebenarnya poin ini tidak terlalu berlaku untuk ponsel modern yang sepenuhnya tertutup layar sentuh. Namun, ponsel modern masih memiliki beberapa tombol, seperti tombol power dan tombol volume.

Selamatkan Lcd

Pastikan Anda mengeringkan LCD dengan kain atau tisu. LCD terbuat dari filamen lembut yang kurang tahan terhadap kelembaban. Jika dibiarkan basah, bintik-bintik hitam mungkin muncul.

Keluarkan Semua Komponen Dari Dalam Hp

Setelah memastikan ponsel mati, lepaskan semua komponen yang dapat dilepas, seperti kartu SIM dan micro SD. Jika baterai HP bisa dilepas, maka lepas juga. Kemudian, keringkan dengan tisu atau handuk. Sampai di sini, Anda sudah melakukan langkah-langkah awal tentang cara menangani HP mendapatkan air dengan baik.

Jangan Digoyang-Goyang

Maksud dari poin ini tidak jauh berbeda dengan larangan menekan tombol HP sembarangan. Mungkin maksud Anda menggoyang-goyangkan HP agar airnya cepat keluar. Namun, ini justru akan memperburuk keadaan karena lebih banyak air yang benar-benar dapat masuk ke perangkat keras.

Jangan Dijemur Di Bawah Matahari Langsung

Selain air, HP android juga tidak terlalu bersahabat dengan matahari. Jangankan mengeringkan, menjemur HP yang basah di bawah sinar matahari langsung hanya akan semakin merusak komponen di dalamnya. Selanjutnya kita akan membahas tentang metode pengeringan HP yang jauh lebih efektif.

Jangan Dikeringkan Dengan Hair Dryer

Pengeringan menggunakan hair dryer tidak jauh berbeda dengan sinar matahari, keduanya sama-sama merusak. Panas yang berlebihan dari pengering rambut akan meningkatkan suhu komponen listrik di dalam ponsel dengan cepat. Metode pengeringan HP yang disarankan adalah dengan menggunakan beras, silika gel, dan penyedot debu.

Rendam Hp Dalam Beras

Beras adalah media yang paling populer sebagai cara untuk mengatasi masuknya air HP karena mudah ditemukan dan sangat baik dalam menyerap air. Tutupi seluruh bagian HP dengan beras, bila perlu bisa membalik HP setiap beberapa jam sekali untuk memastikan air di seluruh area terserap. Rendam air dalam beras selama 2-3 hari.

Gunakan Silika Gel

Selain nasi, kamu juga bisa mengeringkan ponsel menggunakan silika gel. Bahkan silika gel memiliki keunggulan tidak menyebabkan pengembunan saat digunakan untuk mengeringkan perangkat elektronik. Taruh saja ponsel Anda di tumpukan silika gel selama 2-3 hari dan nikmati hasilnya.

Gunakan Vacuum Cleaner Usb

Anda bisa menggunakan penyedot debu USB khusus untuk mengeluarkan air dari ponsel. Namun, sebelum itu pastikan Anda telah melepas elemen kecil seperti kartu SIM dan micro SD. Jangan sampai komponen HP malah rusak karena terkena penyedot debu.

Itulah beberapa cara mengatasi HP kemasukan air yang bisa kamu terapkan jika hp kamu kehujanan atau terciprat ke kolam. Ponsel Anda akan kembali bekerja selama Anda bisa tenang dan tetap berpikiran jernih. Lagi pula, tidak perlu khawatir jika ponsel Anda rusak, sekarang ada banyak penyedia pinjaman instan di internet.

Demikian ulasan tentang Cara Mengatasi HP Kemasukan Air Yang Efektif Dan Efisien semoga bermanfaat.