Cara Mengatasi Aplikasi Youtube Yang Tidak Bisa Dibuka Atau Error

Cara Mengatasi Aplikasi Youtube Yang Tidak Bisa Dibuka Atau Error - YouTube termasuk dalam 5 situs web teratas yang paling banyak dikunjungi di planet bumi. Memang youtube adalah sumber hiburan karena di youtube kita bisa menonton berbagai jenis video. Mulai dari video klip lagu, video acara tv, video komedi, dan masih banyak video lagi.



Apalagi YouTube tidak hanya bisa diakses dari website. YouTube juga dapat diakses dari aplikasi android. Hal ini memudahkan kita untuk menonton video dari Youtube. Tapi, sama seperti aplikasi lainnya. Aplikasi YouTube di Android juga terkadang dapat mengalami error. Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering terjadi pada aplikasi YouTube:

·         YouTube tidak bisa dibuka

·         YouTube tidak dapat digunakan untuk memutar video

·         YouTube kosong

·         Dan kesalahan lainnya

Jika sekarang aplikasi YouTube Anda tidak dapat digunakan karena kesalahan di atas, maka Anda sedang membaca artikel yang tepat. Karena kali ini saya akan menulis tentang cara Mengatasi Aplikasi Youtube yang tidak bisa dibuka atau error.

Cara Mengatasi YouTube Tidak Bisa Dibuka

Hapus Cache Aplikasi Youtube

Sama seperti aplikasi lainnya, aplikasi YouTube di Android juga akan menyimpan cache di perangkat Anda. Cache ini akan semakin menumpuk, apalagi jika Anda sering menggunakan aplikasi untuk menonton video YouTube.

Jika dibiarkan menumpuk, maka aplikasi YouTube bisa saja mengalami error dan tidak bisa dibuka. Karena itu, Anda harus rajin mengosongkan cache. Walaupun tidak wajib, tapi setidaknya kamu harus menghapusnya dalam waktu 1 minggu. Atau ketika aplikasi YouTube mulai terasa lebih lambat kinerjanya.

Bersihkan RAM

Aplikasi youtube merupakan salah satu aplikasi yang menggunakan RAM yang cukup banyak. Tak heran, karena aplikasi ini tidak hanya harus terhubung ke server, tetapi juga harus menampilkan konten yang cukup berat untuk streaming, yaitu video. Nah, jika smartphone Anda tidak memiliki RAM yang cukup, mungkin YouTube akan crash dari waktu ke waktu dan tidak dapat digunakan dengan lancar.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa melakukan hal sederhana, yaitu dengan membersihkan RAM ponsel Android Anda. Anda dapat membersihkan RAM dengan menghentikan aplikasi yang tidak Anda gunakan. Sehingga nantinya RAM akan lebih lega dan YouTube bisa berjalan lebih lancar dan tidak lagi error.

Hapus Data Aplikasi Youtube

Selain menyimpan cache, aplikasi YouTube di Android juga menyimpan data berupa konfigurasi, informasi akun, hingga thumbnail video. Seiring dengan penggunaan, data yang disimpan oleh aplikasi YouTube di smartphone Anda akan bertambah.

Dan jika dibiarkan, aplikasi YouTube akan crash dari waktu ke waktu dan tidak dapat digunakan dengan baik. Karenanya sesekali Anda perlu menghapus data aplikasi YouTube. Menghapus data tidak menghapus aplikasi, hanya pengaturan yang hilang. Aplikasi ini masih terpasang di ponsel Android Anda.

Instal Ulang Aplikasi Youtube

Salah satu penyebab yang menyebabkan suatu aplikasi tidak berjalan dengan lancar adalah karena adanya kesalahan pada saat proses instalasi. Jika aplikasi YouTube Anda tidak dapat dibuka karena masalah ini, solusinya sangat mudah. Yaitu dengan menginstal ulang aplikasi YouTube. Pertama, hapus aplikasi YouTube di smartphone Anda. Kemudian instal ulang melalui Google Play atau menggunakan file APK.

Update Aplikasi Youtube

Google selaku pemilik YouTube secara rutin mengupdate aplikasi berbagi video terpopuler ini. Jika Anda belum pernah mengupdate aplikasi YouTube, maka ada kemungkinan aplikasi tersebut tidak akan digunakan lagi atau mungkin mengalami masalah saat digunakan.

Ini bukan karena kesalahan. Namun karena versi YouTube yang Anda gunakan sudah kadaluarsa sehingga Anda tidak bisa lagi memutar video YouTube dengan sempurna. Maka dari itu jika ada notifikasi update ada baiknya segera update agar aplikasi youtube anda tetap bisa digunakan tanpa kendala. Dengan begitu, teman-teman Androbuntu tetap bisa menggunakan YouTube dan menikmati fitur-fitur barunya.

Demikian ulasan tentang Cara Mengatasi Aplikasi Youtube Yang Tidak Bisa Dibuka Atau Error semoga bermanfaat.