Cara Memperbaiki Software HP yang Rusak Dengan Mudah

Cara Memperbaiki Software HP yang Rusak Dengan Mudah - Handphone kini sudah menjadi perangkat yang sering digunakan oleh banyak orang. Bagaimana tidak? Ponsel masa kini dapat menampung pekerjaan sehari-hari masyarakat. Mulai dari berdagang, berbelanja, mengirim email, sampai mengedit video. Oleh karena itu, pengoperasian HP selalu dibutuhkan setiap saat.



Tentu kita tidak ingin handphone kita rusak. Namun terkadang, ponsel kita bisa rusak. Kerusakan tersebut bisa berupa hang, hard brick, boot loop, hp terkunci, lupa password, pola lock, restart sendiri, melambat, atau layar blank. Jika hp kamu mengalami hal ini, kemungkinan besar masalahnya ada pada software yang terinstall di hp tersebut.

Penyebab software HP bermasalah juga bisa disebabkan oleh banyak hal, bisa jadi karena hp kamu terinfeksi virus android paling berbahaya, ada bug di software hp kamu, atau mungkin ada kesalahan pengaturan yang menyebabkan sistem menjadi gagal bekerja. Berikut ini akan kami jelaskan tentang Cara Memperbaiki Software HP yang Rusak.

Cara Memperbaiki Software HP yang Rusak

Soft Reset

Cara ini biasanya dilakukan jika hp kamu hang. Cara melakukan soft reset pada ponsel cukup mudah. Kamu tinggal tekan dan tahan tombol Power sampai HP android kamu tidak berfungsi. Setelah itu restart hp kamu, dan hp kamu akan kembali normal seperti biasa. Agar nantinya hp kamu tidak hang lagi, sebaiknya install aplikasi penyebab hp kamu hang dalam hp kamu.

Uninstall Aplikasi

Semakin banyak aplikasi yang terpasang di Hp, semakin banyak perintah yang harus dilakukan prosesor dan RAM di ponsel Anda. Ketika kedua komponen tersebut kelebihan beban dan tidak mampu menangani semuanya, kinerja pada HP ​​akan menjadi lebih lambat. Bahkan bisa mengakibatkan hang. Karena itu, hapus instalan beberapa aplikasi yang tidak perlu di HP Anda.

Unroot

Rooting adalah trik yang biasanya dilakukan oleh orang yang mengerti HP. Tujuannya adalah untuk mengakses beberapa fitur yang tidak bisa digunakan oleh pengguna HP biasa dan agar perangkat lunak HP dapat dimodifikasi. Bahkan, pabrikan HP android mengunci akses ke root, istilah yang sama dengan akses "administrator" dalam OS Windows, dengan tujuan supaya pengguna tidak mengatur hal-hal yang bisa  menyebabkan perangkat Android mereka rusak karena kesalahan pengaturan.

Oleh karena itu, jika pengguna melakukan kesalahan pada saat memodifikasi perangkat lunak di ponselnya, perangkat lunak tersebut akan dinonaktifkan. Cacat ini bisa menyebabkan beberapa masalah baru seperti hang, boot loop, hard brick, atau bahkan dapat menyebabkan ponsel mati total. Oleh karena itu, unroot ponsel Anda.

Upgrade

Upgrade yang dimaksud disini bisa berupa upgrade aplikasi yang terinstal di HP atau upgrade OS HP ke versi terbaru. Tak jarang produsen dan pengembang aplikasi HP merilis update terbaru agar bug yang muncul di OS atau aplikasinya bisa teratasi. Namun terkadang jika update yang tersedia tidak sesuai dengan spesifikasi HP, update tersebut justru dapat menimbulkan masalah baru.

Untuk memastikan tersedianya pembaruan perangkat lunak terbaru untuk ponsel Anda, maka periksa pembaruan sistem dengan memilih Menu Utama > Pengaturan atau Pengaturan > Tentang Ponsel atau Tentang Ponsel > Pembaruan / Pembaruan Sistem.

Hard Reset

Cara ini justru akan mengembalikan kondisi ponsel Anda ke kondisi saat ponsel masih dalam kondisi baru. Sehingga kondisi software HP anda akan kembali “segar” seperti saat baru dibeli. Namun, risikonya setelah Anda melakukan ini, Anda akan kehilangan semua data Anda.

Termasuk aplikasi dan kontak yang telah disimpan. Oleh karena itu, sebelum melakukan cara ini, backup data Anda terlebih dahulu. Jika kamu lupa, cara mengembalikan data yang terhapus di Android tidak bisa kamu lakukan setelah HP kamu hard reset.

Demikian ulasan tentang Cara Memperbaiki Software HP yang Rusak Dengan Mudah semoga bermanfaat.