Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi Dengan Mudah

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi Dengan Mudah - Seperti yang kita ketahui bahwa pada saat ini laptop merupakan salah satu barang yang hampir dimiliki oleh setiap orang. Sebab, dengan menggunakan sebuah laptop, pekerjaan yang kita lakukan akan terasa lebih mudah dan selesai lebih cepat.



Namun bagaimana rasanya jika salah satu komponen hardware mengalami sebuah kerusakan? Tentu akan membuat kinerja perangkat secara keseluruhan menjadi terganggu bukan? Hal ini tentu akan membuat kita tidak nyaman. Apalagi jika kita sedang dikejar oleh deadline pekerjaan, tentunya masalah ini akan menghambat pekerjaan Anda.

Selain itu, pasti juga membuat Anda pusing atau bahkan sampai frustasi. Nah biasanya salah satu komponen laptop yang cukup rawan rusak yaitu keyboard. Mulai dari tombol yang memasukkan karakter yang salah, tidak berfungsi sebagian atau bahkan tidak berfungsi sepenuhnya. Dan untuk Memperbaiki Keyboard Laptop yang tidak berfungsi tentunya kita harus mencari tahu terlebih dahulu apa penyebabnya.

Apakah terkena debu, tersiram air atau yang lainnya. Namun tak jarang juga keyboard langsung tidak bekerja secara tiba-tiba. Jadi penyebabnya tidak jelas dan kita bingung apa solusinya. Jadi, jika itu masalahnya, lalu apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi masalah ini? Untuk memperbaiki keyboard yang tidak berfungsi, ada beberapa tips yang bisa Anda coba. Bahkan pemula pun bisa menggunakan cara ini untuk mengembalikan keyboard menjadi normal kembali.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Jika Anda juga mengalami masalah yang sama, maka berikut beberapa solusi yang dapat Anda coba. Dengan melakukan beberapa pemeriksaan, Anda bisa mengetahui apa penyebab dan cara memperbaiki keyboard yang rusak.

Restart Laptop

Ketika sebuah keyboard pada perangkat laptop Anda rusak dan tidak berfungsi dengan baik, maka ada baiknya Anda mencoba me-restart laptop terlebih dahulu. Sebab, dengan me-restart laptop dapat mengembalikan fungsi dari keyboard laptop dengan baik.

Apalagi restart laptop juga bisa dilakukan dengan mudah. Anda hanya harus klik menu Start, lalu pilih opsi Restart. Selanjutnya proses reboot akan berjalan dan kita tinggal menunggu proses restart selesai.

Matikan Num Lock

Salah satu hal sepele yang sering menyebabkan sebuah keyboard error. Dimana kita tidak sengaja mengaktifkan fungsi Num Lock. Apa konsekuensinya? Biasanya pada saat fitur ini aktif, saat kita menekan tombol keyboard, karakter yang muncul akan berbeda.

Hal ini tentunya bisa membuat kita bingung karena hasil pengetikan tidak sesuai dengan yang kita tekan. Namun jangan khawatir, karena untuk mengatasinya sangatlah mudah. Kita hanya perlu mematikan fungsi dari tombol Num Lock yang aktif. Bagaimana caranya? Silahkan coba tekan tombol Fn+NumLk kemudian test apakah keyboard sudah kembali normal. Pada beberapa jenis laptop juga bisa mencoba kombinasi CapsLk + NumLk untuk mematikannya.

Cari Tombol Yang Rusak

Saat Anda mengalami masalah kerusakan pada keyboard laptop, maka tidak ada salahnya Anda menguji tombol mana yang tidak berfungsi. Karena biasanya hanya beberapa tombol saat error. Kita bisa melakukan tes ini dengan berbagai cara. Salah satu cara paling sederhana adalah dengan melakukan pengetikan manual di Microsoft Word atau Notepad.

Coba tekan tombol satu per satu sampai Anda menemukan yang tidak berfungsi. Dan untuk cara lain yang juga bisa anda lakukan yaitu dengan menguji keyboard menggunakan aplikasi. Atau dapat juga menggunakan layanan online seperti Keyboard Tester.

Demikian ulasan tentang Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi Dengan Mudah semoga bermanfaat.