Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak Dengan Mudah

Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak Dengan Mudah - Memori smartphone Anda bermasalah? Jangan buru-buru mengganti atau membuangnya karena ada cara memperbaiki kartu SD yang rusak yang bisa Anda coba. Kartu SD adalah perangkat eksternal yang dapat digunakan untuk meningkatkan daya penyimpanan perangkat elektronik seperti smartphone atau laptop.


Meski memiliki banyak manfaat, namun penggunaan yang tidak tepat bisa membuat SD card cepat rusak. Kerusakan pada kartu SD tidak hanya mempengaruhi fungsinya. Namun, perangkat yang terpasang SD card rusak terkadang juga mengalami masalah sehingga tidak maksimal.

Oleh karena itu jika SD card rusak segera perbaiki agar tidak semakin parah. Cari tahu bagaimana cara memperbaiki kartu SD yang rusak di bawah ini. Ada banyak cara untuk memperbaiki kartu SD yang rusak, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak

Restart Gadget

Salah satu penyebab terkadang SD card tidak bisa terbaca adalah karena ada masalah pada sistem smartphone. Kondisi ini bisa terjadi ketika pengguna mengisi daya ponsel semalaman saat dimatikan dan ketika kartu SD dihidupkan menjadi tidak terbaca. Jika mengalami hal seperti ini, jangan panik dulu karena ada cara mudah untuk memperbaiki SD card yang rusak yaitu dengan restart gadget.

Coba matikan ponsel Anda lalu keluarkan kartu SD selama beberapa saat. Setelah itu coba instal dan hidupkan kembali HP. Jika kartu SD tidak mengalami kerusakan atau masalah maka kartu memori akan terbaca kembali.

Selain karena terlalu sering di-uninstall, kerusakan SD card seperti ini juga bisa terjadi karena Anda mengakses website yang tidak aman sehingga diserang malware atau virus. Jadi jika kartu memori error, Anda bisa menggunakan cara untuk memperbaiki kartu SD yang rusak tanpa perlu memformat ini.

Coba Kartu SD Di HP Atau Smartphone Lain

Cara memperbaiki kartu SD yang rusak selanjutnya adalah dengan mengeluarkan kartu memori dan kemudian memasangnya di perangkat lain jika cara pertama di atas tidak berhasil. Cara ini juga bisa digunakan untuk mendeteksi apakah kerusakan terletak pada kartu SD atau slot memori pada smartphone.

Jadi jangan buru-buru menyalahkan kartu SD jika memori smartphone Anda tidak terbaca. Jika kartu SD terbaca dan berfungsi dengan baik di perangkat lain, berarti kerusakannya ada di slot memori smartphone Anda. Teknik ini sering digunakan sebagai cara untuk memperbaiki file yang rusak di kartu SD tanpa harus memformatnya.

Disable Kartu Sd

Sebelum memutuskan untuk memformat kartu memori, tidak ada salahnya untuk mencoba fitur disable SD card dari komputer atau laptop Anda. Cara memperbaiki kartu SD yang rusak ini dilakukan dengan cara mematikan dan menghidupkan kembali fungsi kartu SD dari awal.

Cek Error Dengan Sambungkan Ke PC Atau Laptop

Jika dengan memindahkan kartu memori ke smartphone masih gagal untuk membaca data di dalamnya, Anda dapat memeriksa apakah kartu SD error atau tidak dengan menghubungkannya ke PC atau laptop.

Format Melalui Hp Android

Jika cara memperbaiki kartu memori yang corrupt tanpa memformat di atas juga tidak berhasil, satu-satunya cara adalah Anda harus memformatnya. Namun perlu Anda ketahui bahwa cara ini bisa membuat semua file yang ada di SD card hilang. Namun, setelah diformat, SD card biasanya bisa digunakan kembali dengan fungsi normal seperti baru.

Bawa Ke Service Center Ponsel Resmi

Solusi dan cara memperbaiki memory card yang terakhir adalah dengan membawanya ke service center resmi handphone. Cara ini bisa Anda pilih jika kartu memori sudah tidak bisa lagi terbaca melalui smartphone, PC atau laptop. Sebelum membuang atau membeli SD card baru, tidak ada salahnya mengecek terlebih dahulu di service center karena bisa saja terjadi kerusakan pada sistem Android.

Demikian ulasan tentang Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak Dengan Mudah semoga bermanfaat.