Cara Memilih Mouse Yang Bagus Dan Berkualitas Untuk Bekerja Di Rumah

Cara Memilih Mouse Yang Bagus Dan Berkualitas Untuk Bekerja Di Rumah - Berbeda dengan pemilihan hardware lainnya, pemilihan mouse atau mouse seringkali dianggap remeh. Padahal mouse yang nyaman bisa mempengaruhi kualitas dan produktivitas kita saat bekerja, lo! Jadi kita tidak bisa memilih mouse hanya karena mengikuti tren.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum kita memilih mouse. Seperti penggunaan mouse. Baik itu untuk bermain game atau pekerjaan sehari-hari. Tentu saja kedua spesifikasi tersebut berbeda dalam menentukan kelayakan sebuah mouse. Agar tidak bingung, berikut adalah Cara Memilih Mouse yang bagus dan berkualitas untuk bekerja di rumah yang ideal untuk kebutuhan Anda:

Kabel Atau Nirkabel?

Hal terpenting yang harus diperhatikan terlebih dahulu adalah memilih mouse nirkabel atau berkabel? Sebenarnya kedua jenis mouse tersebut dapat ditentukan sesuai dengan kenyamanan kita. Jika Anda memilih mouse nirkabel atau nirkabel, jangan lupa untuk menanyakan tentang daya tahan baterai dan jenis baterai yang dibutuhkan. Idealnya mouse yang berkualitas hanya perlu mengganti baterai setahun sekali.

Kemudahan Saat Dipakai

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan dalam memilih mouse adalah desain yang kompatibel dengan berbagai perangkat. Idealnya, pilih mouse dengan mode plug and play alias pakai saja. Selain itu, biasanya beberapa merek mouse mencantumkan kisaran jangkauan maksimum. Nah, yang pasti, hal ini bisa kita uji saat membeli mouse.

Sensor Yang Digunakan

Setelah menentukan pilihan wireless atau wired, Mama Papa bisa memperhatikan sensor mouse. Pada mouse modern biasanya ada dua jenis sensor yang digunakan: optik dan laser. Sensor menggantikan versi lama dari model bantalan bola karet mouse. Nah, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Mouse dengan sensor optik menggunakan sensor cahaya LED. Mouse optik akan bekerja lebih optimal jika Anda menggunakan mouse pad. Sedangkan mouse laser adalah jenis mouse yang menggunakan laser sebagai sumber geraknya. Kelebihan mouse ini bisa bekerja dengan baik meski tanpa alas.

Pentingkah Tingkat DPI Yang Dimiliki?

Hal lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah DPI (Dots Per Inch) yang merupakan satuan untuk mengukur tingkat sensitivitas mouse. Sederhananya, DPI adalah ukuran seberapa banyak mouse bergerak ketika kita menggerakkannya 1 inci.

Ketika level DPI lebih tinggi, sensitivitasnya akan lebih baik dan lebih gesit. Sebenarnya tidak ada ukuran pasti DPI yang ideal. Tetapi beberapa untuk penggunaan sehari-hari di rumah merekomendasikan mouse dengan 1.200 DPI.

Desain Yang Nyaman

Sebagus apapun mouse yang kita gunakan, kita tidak akan puas jika kita sendiri tidak nyaman saat menggunakannya. Sifat ergonomis dan kenyamanan menjadi aspek utama yang dicari banyak orang saat membeli mouse. Bagi mereka yang bekerja penuh waktu dan membutuhkan mouse, seperti desainer grafis, masalah bentuk yang nyaman di tangan tidak boleh dianggap remeh.

Ukuran Mouse

Tips memilih mouse ini menegaskan apakah kita sering bepergian atau tidak. Umumnya mouse terdiri dari dua jenis yaitu full size dan travel size. Jika Anda memiliki mobilitas tinggi, Anda dapat memilih mouse travel size yang lebih kecil dan mudah dibawa kemana-mana.

Fitur Tambahan

Ada beberapa merek mouse yang menghadirkan berbagai fitur tambahan pada produknya. Bagi sebagian orang fitur ini sangat diperlukan. Misalnya, desainer grafis yang membutuhkan tombol shortcut, atau gamer yang membutuhkan fungsi menu shortcut.

Soal fitur tambahan ini sebenarnya disesuaikan dengan kebutuhan kita ya. Itulah cara memilih mouse yang bagus dan berkualitas untuk bekerja di rumah. Jadi jangan hanya memperhatikan warna dan model yang sedang trend.

Demikian ulasan tentang Cara Memilih Mouse Yang Bagus Dan Berkualitas Untuk Bekerja Di Rumah semoga bermanfaat.