Cara Efektif Merawat Harddisk PC & Laptop

Cara Efektif Merawat Harddisk PC & Laptop - Hardisk merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah PC dan laptop yang fungsinya untuk menyimpan data. Meski kini sudah ada SSD yang bisa dibilang lebih cepat, namun harddisk tetap menjadi salah satu media penyimpanan terfavorit saat ini.



Dan sebagai sebuah komponen elektronik, tentunya HDD akan mengalami kerusakan seiring dengan penggunaannya. Seiring waktu, kesehatan Harddisk akan menurun dan akhirnya menjadi bad sector. Meski hardisk suatu saat akan rusak, bukan berarti kita tidak perlu merawatnya.

Dengan berbagai tips dan trik yang baik, Anda dapat menjaga kesehatan Anda agar tidak cepat menurun dan akhirnya rusak. Ini dapat memperpanjang umur HDD dan membuatnya lebih tahan lama daripada yang tidak dirawat dengan benar. Disini kami akan menjelaskan tentang Cara Efektif Merawat Harddisk PC & Laptop.

Cara Merawat Hardisk PC & Laptop

Matikan Perangkat Pc Laptop Dengan Benar

Tips pertama adalah memperhatikan cara mematikan perangkat Anda. Pastikan Anda melakukannya dengan cara yang benar dan sesuai prosedur. Inilah yang sering diabaikan oleh banyak pengguna.

Mematikan suatu perangkat yang tidak sesuai prosedur seperti mencabut PC dari sumber listrik secara tiba-tiba akan membuat berbagai komponen di dalamnya menjadi cepat rusak. Cara yang disarankan sesuai prosedur yaitu shutdown dulu dan tunggu sampai mati total.

Jangan Membuat Terlalu Banyak Partisi

Umumnya harddisk yang mempunyai kapasitas besar akan dibagi menjadi beberapa partisi. Hal ini bertujuan untuk memisahkan dan memudahkan untuk mengatur suatu file yang berbeda. Misalnya, kami memisahkan file sistem dengan data pribadi agar tidak tercampur.

Ini memang efektif, tetapi disarankan untuk tidak membuat terlalu banyak partisi pada HDD. Hal ini akan membuat pecahan sebuah harddisk juga ikut terbelah dan mengganggu proses baca tulis. Disarankan untuk membagi HDD menjadi 2 atau 3 partisi supaya tetap optimal

Gunakan Laptop Di Tempat Yang Tepat

Banyak orang suka menggunakan laptop saat berada di tempat tidur. Tanpa mereka sadari, kebiasaan buruk ini bisa membuat perangkat mereka cepat rusak. Mengapa? Bayangkan saja, jika Anda menggunakan laptop di atas kasur atau bantal, udara panas tidak akan dapat  keluar secara maksimal.

Akibatnya, laptop menjadi cepat panas dan akhirnya kepanasan. Dan komponen internal seperti Harddisk akan terpengaruh oleh panas yang berlebihan. Pakai laptop Anda pada benda yang tidak menyumbat sirkulasi udara panas. Sehingga suhu perangkat dapat terjaga dengan baik tanpa takut akan kepanasan.

Jangan Biarkan Hardisk Menjadi Overheat

Ini adalah lanjutan dari yang di atas. Saat PC atau laptop digunakan, tentu akan menghasilkan suatu panas dari kinerjanya. Namun sudah didesain untuk bisa membuat suhu keluar dengan baik agar tidak membuat perangkat cepat panas.

Sehingga jika sirkulasi udara terganggu dapat menyebabkan komponen internal seperti harddisk atau prosesor menjadi panas. Panas yang berlebihan akan membuat umur komponen lebih pendek dan cepat rusak. Selain itu, gunakan perangkat dengan tepat dan jangan memaksakan kinerja di luar kemampuannya.

Simpan Data Secukupnya Dan Jangan Berlebihan

Hardisk memang menjadi tempat untuk menyimpan data. Namun, juga tidak disarankan untuk menyimpan data secara berlebihan hingga memenuhi harddisk. Ini akan membuat kinerjanya lebih berat dan akhirnya menjadi badsector. Cobalah untuk mengosongkan beberapa kapasitas agar HDD dapat bekerja dengan santai. Jika Anda mempunyai lebih banyak data untuk disimpan, gunakan penyimpanan eksternal lain.

Demikian ulasan tentang Cara Efektif Merawat Harddisk PC & Laptop semoga bermanfaat.