Cara Efektif Mengatasi HP Yang Tidak Mau Di Charge

Cara Efektif Mengatasi HP Yang Tidak Mau Di Charge - Salah satu komponen terpenting dari sebuah smartphone atau perangkat HP, adalah baterai. Namun seiring berjalannya waktu, terkadang muncul masalah seperti baterai HP tidak mau terisi, atau tidak bisa diisi.



Ada beberapa alasan mengapa baterai HP tidak dapat diisi, mulai dari masalah teknis dari sisi perangkat keras atau perangkat lunak HP, atau karena kelalaian pengguna. Sebelum mengambil tindakan lebih lanjut untuk mencoba memperbaikinya, ada baiknya untuk mengetahui sumber masalahnya terlebih dahulu.

Apakah baterai benar-benar tidak terisi sama sekali atau dapat diisi tetapi sangat lambat. Intinya, jangan langsung buru-buru menyimpulkan bahwa baterai HP sudah rusak. Pada artikel kali ini, Kami mencoba menjelaskan beberapa cara Mengatasi HP Yang Tidak Mau Di Charge.

Cara Mengatasi Hp Tidak Mau Di Charge

Jika anda sudah mengetahui apa penyebab utama hp tidak bisa dicharge, maka ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya sebagai berikut:

Restart Hp

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mematikan HP agar semua sistem error kembali normal. Tunggu beberapa saat lalu hidupkan kembali. Mematikan dan me-restart smartphone adalah cara yang paling mudah dan sering berhasil. Tetapi jika cara ini tidak menyelesaikan masalah Anda, silakan coba cara berikutnya.

Periksa Kabel USB Dan Power Adapter

Terkadang masalah pengisian daya tidak selalu ada di perangkat. Masalah juga bisa muncul dari charger yang Anda miliki. Bisa jadi karena kabel USB mudah error karena sering terlipat. Jika kabel USB Anda rusak, sebaiknya beli kabel USB HP asli agar dapat digunakan kembali tanpa risiko. Sekali lagi, jangan sembarangan menggunakan kabel USB.

Setelah kabel USB, Anda juga perlu memeriksa adaptor daya. Terkadang karena penggunaan yang salah, arus dari adaptor daya berkurang sehingga baterai smartphone tidak terisi penuh. Cara ceknya bisa pinjam charger orang lain. Jika HP Anda terisi penuh, maka Anda dapat memastikan bahwa kabel USB atau adaptor daya Anda yang bermasalah

Periksa Port Usb

Terkadang Anda sebagai pengguna HP yang memiliki mobilitas padat sering kali mencabut kabel charger yang sedang disambungkan ke perangkat secara kasar tanpa disadari. Ini dapat membuat port USB Anda error. Untuk mengatasi hal tersebut tentunya harus dibawa ke tempat servis resmi agar bisa dicek lebih lengkap.

Bersihkan Charging Port Secara Rutin

Selain memeriksa port USB, cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa dicharge juga bisa dilakukan dengan membersihkan port charging dari kotoran yang menempel. Kotoran ini bisa menjadi penyebab colokan tidak terpasang dengan baik, sehingga baterai HP tidak bisa dicharge.

Update OS

Terkadang smartphone dengan sistem operasi lama perlu diperbarui, karena akan mempengaruhi kinerja pengisian baterai. Jadi pastikan OS HP kamu yang paling baru ya.

Periksa Kondisi Baterai

Jika semua hal di atas ternyata normal, maka penyebab baterai HP yang tidak bisa diisi ulang bisa jadi karena kondisi baterai yang rusak. Ganti baterai sesuai dengan instruksi dan ketentuan pabrikan.

Terdapat Bug Pada Sistem Smartphone

Mungkin tanpa disadari, Anda mendownload software atau aplikasi tertentu yang menyebabkan error, atau bug pada smartphone yang Anda gunakan. Gunakan aplikasi khusus untuk mendeteksi ini. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa masalah HP tidak bisa di-charge atau tidak mau di-charge bukan semata-mata karena kerusakan baterai.

Demikian ulasan tentang Cara Efektif Mengatasi HP Yang Tidak Mau Di Charge semoga bermanfaat.