Cara Efektif Memperbaiki Laptop Yang Tidak Bisa Masuk Windows 10

Cara Efektif Memperbaiki Laptop Yang Tidak Bisa Masuk Windows 10 - Jika PC Windows Anda tidak dapat memulai atau boot atau jika komputer Anda memiliki daya tetapi tidak mau hidup, berikut adalah beberapa solusi yang mungkin ingin Anda coba. Terutama ada dua skenario. Pertama, komputer Anda tidak mendapatkan daya sama sekali.



Atau mendapatkan daya, tetapi tidak menyala. Anda perlu menentukan apa masalah Anda, lalu menelusuri seluruh daftar saran kami dan melihat mana yang mungkin berlaku dalam kasus Anda. Jika PC Windows 10/8/7 Anda tidak dapat boot ke Desktop atau mulai setelah Reset, Pembaruan Windows, dll. Berikut adalah beberapa cara Memperbaiki Laptop yang tidak bisa masuk Windows 10.

Cara Memperbaiki Laptop Yang Tidak Bisa Masuk Windows 10

Cek SMPS

SMPS atau Switched-Mode Power Supply adalah aksesori yang menghubungkan ke catu daya utama. Saat Anda menghidupkan catu daya, SMPS akan mendapatkannya terlebih dahulu, kemudian mendistribusikan catu daya di antara komponen lainnya. Jika SMP Anda tidak sehat, sistem Anda tidak akan dapat boot.

Periksa RAM Dan Hard Drive

RAM merupakan bagian penting lain yang perlu Anda periksa. Jadi lepaskan RAM, bersihkan dengan sangat hati-hati, dan pasang kembali. Lakukan hal yang sama dengan Hard Drive. Dianjurkan untuk mengambil bantuan dari orang yang berpengalaman jika Anda tidak menyadari hal-hal ini.

Cabut Semua Perangkat Eksternal

Terkadang perangkat keras juga dapat menyebabkan masalah seperti itu. Coba cabut seluruh perangkat eksternal dan periksa apakah sistem Anda sedang boot atau tidak. Anda harus melepas printer, hard disk eksternal, pembaca kartu, perangkat USB lainnya (kecuali keyboard dan mouse), dll.

Boot Ke Safe Mode Atau Advanced Startup Options

Bisakah Anda boot dalam Safe Mode? Jika Anda bisa, maka itu membuat segalanya menjadi lebih mudah. Jika Anda baru saja menginstal driver atau perangkat lunak apa pun, Anda dapat mem-boot Windows 10 dalam mode Aman dan menyelesaikan masalah. Jika Anda sudah mengaktifkan tombol F8 sebelumnya, semuanya menjadi lebih mudah ketika Anda menekan F8 saat boot, untuk masuk ke Safe Mode.

Jika Anda tidak dapat masuk ke Safe Mode, maka Anda mungkin harus boot ke Windows 10 dengan Windows Installation Media atau Recovery Drive dan pilih Perbaiki komputer Anda untuk membuka Troubleshoot > Advanced Startup Options > Command Prompt.

Sekarang Anda dapat menggunakan CMD untuk menjalankan perintah. Anda dapat menggunakan DVD Windows 10 atau drive USB yang dapat di-boot, atau Anda dapat membakar Windows 10 ISO ke drive USB menggunakan komputer lain dan kemudian menggunakannya.

Untuk mem-boot Anda pada layar Advanced Startup Options, tekan Shift dan klik Restart. Di sini Anda melihat beberapa opsi untuk pemecahan masalah. Nah, dalam kedua kasus, setelah Anda masuk ke Safe Mode atau mengakses Opsi Lanjutan, Anda dapat menggunakan beberapa opsi yang ditawarkan untuk memecahkan masalah lebih lanjut.

Hapus Instalasi Pembaruan Windows

Terlepas dari driver pihak ketiga, pembaruan Windows resmi juga dapat membuat sistem Anda crash. Jika Anda baru saja menginstal Pembaruan Windows apa pun dan setelah itu, PC Windows 10 Anda tidak bisa boot, Anda dapat memulai PC dalam Safe Mode dan menghapus pembaruan itu.

Perbaikan Startup Otomatis

Perbaikan Startup Otomatis adalah fungsi yang berguna untuk pengguna Windows 10 yang memungkinkan Anda memperbaiki berbagai masalah yang menghalangi sistem Anda untuk boot. Itu bisa memindai masalah terkait partisi, masalah file sistem, masalah driver, dan banyak lagi. Anda akan melihatnya di sini - Opsi Startup Lanjutan > Pemecahan Masalah > Opsi lanjutan > Perbaikan Startup.

Demikian ulasan tentang Cara Efektif Memperbaiki Laptop Yang Tidak Bisa Masuk Windows 10 semoga bermanfaat.