Cara Alternatif Mengatasi Error Pada Laptop Windows

Cara Alternatif Mengatasi Error Pada Laptop Windows - Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan menggunakan laptop Windows setiap hari. Penggunaan sistem operasi Windows juga relatif lebih familiar dengan berbagai kebutuhan pengguna. Oleh karena itu, akan sangat menjengkelkan jika menemukan error yang terjadi saat menggunakan laptop Windows.



Jika Anda sudah mengetahui akar masalah yang terjadi pada laptop, Anda bisa memilih cara mengatasinya dengan beberapa alternatif. Terkadang, beberapa gangguan yang terjadi pada laptop Windows dapat diatasi hanya dengan menghapus folder tertentu. Disini kami akan menjelaskan tentang Cara Alternatif Mengatasi Error pada Laptop Windows.

Cara Mengatasi Error pada Laptop Windows

Gunakan Task Manager Atau System Monitor

Fitur task manager adalah aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk melakukan diagnosis singkat terhadap direktori data atau dokumen tertentu di laptop Windows Anda. Program ini akan menampilkan informasi aplikasi atau program yang sedang dibuka.

Anda juga dapat melihat dua sub-jendela yang menunjukkan proses aktif yang sedang berlangsung di laptop Windows. Saat memeriksa melalui aplikasi ini, Anda dapat menentukan hal-hal apa yang ingin Anda lakukan pada perangkat. Jika suatu program berhenti karena suatu masalah, Anda dapat segera menghentikannya dengan menekan tombol paksa berhenti.

Identifikasi Permasalahan Pada Konektivitas Wifi

Gunakan aplikasi bawaan Microsoft, WiFi Analyzer, untuk menemukan jaringan WiFi terbaik yang dapat Anda gunakan. Dengan memilih jalur akses terbaik dari PC Anda, Anda bisa mendapatkan konektivitas jaringan yang andal untuk aktivitas. Anda dapat menggunakan aplikasi ini dengan versi gratis yang bebas dari iklan. Namun, ada juga aplikasi versi pro yang bisa Anda gunakan untuk menikmati fitur pendeteksi sinyal yang lebih detail.

Identifikasi Perangkat Yang Terhubung Melalui Jaringan

Beberapa masalah pada laptop Windows terjadi karena masalah jaringan. Nah, Anda bisa menggunakan Angry IP Scanner untuk memeriksa perangkat apa saja yang terhubung melalui alamat IP yang sama. Aplikasi Angry IP dapat mendeteksi perangkat aktif berdasarkan alamat IP mereka, kemudian memecahkan masalah nama host, menentukan alamat MAC, dan mengumpulkan informasi tentang IP yang terdeteksi.

Bersihkan Hard Drive

WinDirStat adalah aplikasi gratis yang dapat digunakan di semua versi Windows. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk melihat statistik penggunaan disk yang berfungsi ganda sebagai alat pembersih. Saat Anda baru memulai, WinDirStat dapat digunakan untuk membaca semua direktori di laptop Windows.

Dengan menggunakan pola peta pohon, Anda dapat melihat direktori file dan sub-direktori yang menunjukkan tampilan visual hard drive untuk Anda bersihkan. Nah, untuk membersihkan direktori data di harddisk, salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah Malwarebytes. Aplikasi ini dapat mendeteksi malware, menghentikan serangan secara real-time, dan mencegah akses ke situs berbahaya.

Gunakan Debug Diagnostics Tool

Debug Diagnostics Tool adalah tool Microsoft gratis yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah seperti sistem operasi yang hang, beroperasi dengan lambat, atau crash saat digunakan untuk aktivitas komputasi. Alat gratis ini juga mampu melakukan analisis untuk mendeteksi masalah perangkat melalui pembersihan mendalam yang dapat Anda lakukan secara rutin.

Nah, beberapa tool alternatif ini bisa kamu gunakan untuk menganalisa masalah pada laptop kamu ketika laptop Windows kamu mengalami error. Dengan menggunakan utilitas teknologi Microsoft, Anda dapat mengidentifikasi masalah dan mencari tahu cara mengatasinya.

Demikian ulasan tentang Cara Alternatif Mengatasi Error Pada Laptop Windows semoga bermanfaat.