Gampang, Agar Terhindar Dari Pinjaman Online Ilegal Melalui SMS

Gampang, Agar Terhindar Dari Pinjaman Online Ilegal Melalui SMS - Agar pinjaman online tidak serta merta menjadi malapetaka bagi Anda, lalu apa saja hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan pinjaman online? Berikut agar Terhindar Dari Pinjaman Online Ilegal melalui sms:



Tentukan dulu tujuan keuangan Anda

Pastikan Anda mengetahui tujuan meminjam melalui pinjaman online, apakah itu untuk tujuan konsumtif atau produktif, apakah untuk modal usaha atau hanya menggunakan fasilitas cicilan untuk membeli barang yang kita inginkan, atau untuk biaya pengobatan dan pendidikan.

Karena banyak orang yang salah kaprah menggunakan pinjaman online untuk menutupi biaya hutang sebelumnya. Jika hal ini terjadi, pengguna pinjaman online akan terjerumus ke dalam kondisi utang yang lebih dalam.

Rasio utang tidak melebihi 30 persen

Artinya pendapatan bulanan Anda dari bisnis atau gaji tidak melebihi rasio utang yang semestinya. Misalnya seorang pegawai swasta dengan gaji Rp. 3.000.000, maka pastikan utang yang Anda miliki atau cicilan yang Anda miliki tidak lebih dari Rp. 900.000, atau 30 persen dari gaji bulanan Anda.

Tentunya selain tidak sehat menurut perencanaan keuangan, Anda tentunya tidak ingin penghasilan bulanan kita berlalu begitu saja untuk membayar utang karena kesalahan Anda sendiri dalam mengalokasikan pos keuangan.

Pastikan pinjaman online terdaftar dan diawasi oleh OJK

Selanjutnya, pastikan perusahaan pinjaman online yang akan mengajukan pinjaman terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) karena jika terjadi sesuatu yang tidak menyenangkan di kemudian hari, Anda dapat melaporkannya, serta hak dan kewajiban Anda sebagai pelanggan atau sebagai peminjam dapat dilindungi. Berikut ciri-ciri modus penipuan pinjaman online melalui SMS:

SMS dari nomor publik yang tidak dikenal

SMS penipuan bisa berasal dari nomor umum yang terdiri dari banyak digit. Umumnya, SMS asli yang berasal dari masing-masing operator terdiri dari sekitar 3-6 digit angka.

Tidak Ada Persyaratan

Menawarkan pinjaman cepat yang segera cair tanpa memberikan persyaratan khusus. Jika Anda ingin mengajukan pinjaman, pastikan pinjaman online yang Anda pilih memberikan persyaratan yang jelas dan harus melalui situs web atau aplikasi resmi.

Informasi lengkap perusahaan tidak valid

Pinjaman online ilegal biasanya menutupi informasi perusahaan. Oleh karena itu, selalu pastikan kelengkapan dan kebenaran informasi dari identitas perusahaan.

Menghindari Pinjaman Online Ilegal Melalui SMS

Jadi anda harus selalu berhati-hati dan tidak tergiur dengan penawaran pinjaman online yang tidak jelas asal usulnya. Jika memang benar-benar membutuhkan, Anda bisa memanfaatkan pinjaman dari Fintech P2P Lending legal, dimana pengurusnya bersertifikat, lokasi kantornya jelas dan terdaftar atau berlisensi di OJK.

Kelebihan pinjaman online

Tentunya ada keuntungan dari kemudahan yang ditawarkan dalam melakukan kredit secara online. Keuntungan adalah nilai positif yang diberikan oleh kreditur kepada debitur. Berikut kelebihan kredit online:

Persyaratan Mudah

Syarat pengajuan kredit online sangat mudah. Berbeda dengan bank konvensional yang memiliki banyak persyaratan. Jika bank konvensional perlu melakukan survei terlebih dahulu dengan agunan, maka hal ini tidak berlaku untuk kredit online. Anda hanya perlu memberikan ID foto dan mengisi data pada aplikasi kredit online untuk mengajukan kredit.

Pencairan Cepat

Biasanya proses kredit online sangat mudah dan cepat. Kreditur hanya perlu mengecek data selama beberapa hari. Setelah memeriksa data secara singkat, kreditur akan mengirimkan nomor uang yang dikirimkan ke rekening Anda.

Tidak Perlu Pemeriksaan Kredit Rekam Jejak

Beberapa perusahaan kredit online tidak melihat rekam jejak kredit calon pelanggannya untuk menyetujui kredit. Namun, ada beberapa perusahaan pinjaman online yang menentukan kelayakan finansial calon nasabah dengan melihat track record kreditnya.

Demikian penjelasan dari saya tentang gampang, agar Terhindar Dari Pinjaman Online Ilegal melalui sms semoga bermanfaat, terimakasih.