6 Software Pengubah Suara Menjadi Teks untuk PC yang Akurat


Aplikasi speech to teks atau software pengubah suara menjadi teks untuk PC membantu pengguna convert audio ke teks atau tulisan. Audio yang dimaksud adalah suara manusia yang kemudian dikonversikan ke perintah mengetik teks di PC. Mau tahu apa saja aplikasinya? Simak inilah daftarnya:

1.  Apple Dictation

Bagi pengguna MacBook atau iMac, Apple Dictation adalah software yang bisa dipilih. Software ini merupakan bawaan dari MacOS yang mana merupakan converter audio ke teks. Fungsinya sama seperti Siri pada iPhone yang dapat mengenali suara kemudian mengubahnya menjadi teks.

Cara penggunaannya sangat mudah yaitu mengaktifkan lewat menu Apple, lanjutkan ke System Preferences lalu Accessibility. Masuk ke menu Voice Control dan alihkan sumber suara pada mic kemudian pilih juga bahasa yang akan dipakai. Setelah selesai, pada layar utama akan ada gambar mic. Merekam dan pause bisa dilakukan lewat icon mic ini.

2.  Windows Speech Recognition

Software pengubah suara menjadi teks untuk PC yang kedua adalah Windows Speech Recognition yang mana merupakan bawaan dari Windows. Sejak diluncurkan pada versi Vista, software ini terus ada sampai ke semua versi Windows. Memunculkannya mudah saja yaitu dengan menekan Windows, Ctrl, dan S secara bersamaan. Lakukan pengaturan untuk pertama kali.

Software ini bisa digunakan untuk melakukan banyak perintah, lho. Mulai dari membuka aplikasi, memilih file, serta navigasi melalui suara. Jadi, selain mengonversi suara ke teks, software ini membantu penggunanya melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan lainnya. Dan semakin sering dipakai, akurasi dari software ini juga makin meningkat.

3.  Watson Speech to Teks

Aplikasi yang satu ini boleh dibilang yang paling keren diantara yang lain. Teknologi yang sangat mumpuni membuat aplikasi ini sangat akurat dalam mendeteksi suara. Tidak hanya satu suara, tapi bisa mendeteksi banyak suara juga, lho. Jadi, ketika pengguna ingin mengonversi sebuah dialog, aplikasi ini sangat mampu diandalkan.

Selain itu, Watson Speech to Teks juga bisa mengonversi MP3, WAV, MPG, serta format-format lainnya ke teks. Merekam suara juga menjadi sangat mudah di aplikasi ini. Jadi, bagi pengguna yang sering melakukan podcast, aplikasi ini sangat berguna. Untuk mendapatkan fitur lengkap, disarankan mengunduh versi premiumnya.

4.  Notulite

Ini adalah software yang bisa diandalkan para sekertaris atau notulis ketika merekam rapat dan akan membuat notulennya. Kata-kata yang diucapkan sangat cepat pun bisa terdeteksi dengan akurat lewat software ini. Notulite juga bisa melakukan penyuntingan kata serta kalimat sehingga teks yang dihasilkan sesuai dengan bahasa baku.

5.  Braina

Software yang satu ini terkenal akan kesederhanaan penggunaannya. Tidak terlalu banyak fitur atau menu di software ini sehingga pengguna bisa fokus ke merekam suara. Cukup klik icon mic dan langsung bicara. Hasil transkripsi bisa langsung dikonversi ke teks lalu dicopy yang bentuk yang diinginkan.

6.  Dictation Pro

Aplikasi yang satu ini terkenal karena keakuratannya yang tinggi. Pengguna yang ogah mengetik bisa dengan mudah bicara dan aplikasi ini akan mengubahnya ke teks. Aplikasi ini dilengkapi dengan document maker sehingga hasil transkripsi akan langsung masuk ke dokumen tadi. Jika ingin langsung di print juga bisa, lho.

Itulah tadi 6 software pengubah suara menjadi teks untuk PC. Audio dengan aksen atau dialek khusus bisa dikenali juga karena akurasi yang tinggi dari aplikasi di atas. Dengan bantuan aplikasi pengubah suara menjadi teks, produktivitas bisa meningkat drastis, lho.