Rekomendasi Software Akuntansi Online Terbaik untuk Pelaku Bisnis


Di zaman serba canggih seperti sekarang, pelaku bisnis punya kemudahan untuk menyusun pembukuan usahanya. Berkat adanya software akuntansi online, pebisnis bisa lebih mudah menyusun pembukuan dan melakukan analisis keuangan. Sampai saat ini sudah ada banyak pilihan software akuntansi yang dapat diandalkan. Berikut adalah beberapa rekomendasi software akuntansi terbaik yang bisa diakses secara online:

1. Jurnal ID

Pilihan pertama jatuh pada software Jurnal ID yang sudah sangat populer digunakan oleh para pelaku bisnis. Ini merupakan layanan akuntansi yang dapat diakses dengan mudah menggunakan koneksi internet. Salah satu keunggulan dari software ini adalah tidak perlu diunduh atau di-install. Jadi pengguna bisa mengakses Jurnal ID secara real time saat akan menyusun pembukuan.

Pengguna bisa mendapatkan layanan coba gratis selama 14 hari. Setelah itu pengguna bisa membayar biaya langganan per bulan agar bisa menikmati semua fitur yang tersedia. Proses pembuatan akunnya mudah dan fitur-fitur yang bisa diakses juga cukup lengkap. Sangat membantu para pebisnis dalam mengelola data finansial.

2. Accurate Accounting

Berikutnya ada Accurate Accounting yang juga menghadirkan banyak fitur untuk menyusun pembukuan bisnis. Accurate ini dikenal dengan sistemnya yang canggih dan mudah untuk digunakan. Hanya saja penting untuk diketahui bahwa pengguna tidak bisa melakukan kustomisasi pada software Accurate ini. Accurate hanya cocok dipakai untuk pengguna perangkat Windows dan Linux yang memiliki wine.

3. Omega

Pelaku bisnis juga bisa mendapatkan kemudahan untuk menyusun pembukuan finansial melalui software Omega. Omega ini merupakan software akuntansi yang memakai teknologi canggih dan bisa diakses secara real time. Omega juga dikenal sangat fleksibel karena bisa diakses melalui berbagai jenis perangkat seperti tablet, PC, laptop, dan lain sebagainya.

Melalui software Omega ini, pelaku bisnis bisa merancang dan mengembangkan sistem akuntansi perusahaannya. Selain itu laporan keuangan juga jauh lebih mudah untuk dibuat. Pelaku bisnis juga bisa melakukan pengawasan pembukuan kapan saja dimana saja dengan kendali penuh. Hal ini akan mempermudah proses pengembangan usaha sehingga mendatangkan keuntungan lebih besar lagi.

4. MYOB

Rekomendasi software akuntansi online berikutnya adalah MYOB atau Mind Your Own Business. Ini merupakan software akuntansi dengan sistem integrated software. Nantinya proses pencatatan data akuntansi akan dilakukan dengan cara memasukkan data lewat formulir yang tersedia di command centre.

MYOB akan bekerja efektif dalam memproses data secara otomatis dan cepat. Semua data akan terpadu ke dalam satu catatan akuntansi. Selanjutnya data ini akan disusun menjadi laporan keuangan yang lebih rapi dan mudah untuk dianalisis. MYOB sangat cocok digunakan pada perusahaan retail, industri, juga jenis usaha lainnya.

5. EAS

Ada pula software akuntansi EAS atau Easy Accounting System yang sudah sering digunakan oleh perusahaan besar. Software ini menggunakan engine Firebird yang sangat andal dan stabil. EAS punya banyak fitur unggulan seperti jurnal voucher, invoice, serta e-faktur. EAS juga dikenal sebagai software yang cocok digunakan oleh kelas menengah ke atas. Hanya saja software ini hanya bisa beroperasi di perangkat Windows saja.

Selain 5 pilihan tersebut, saat ini ada banyak jenis software akuntansi online yang bisa digunakan. Mulai dari yang kelas dasar atau sederhana untuk pelaku UKM hingga software yang sudah canggih dengan pengguna perusahaan besar. Semua software ini menawarkan kemudahan akuntansi dan pembukuan yang sangat bermanfaat bagi para perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya.