Mencari Investasi 100 Ribu Hasilkan Jutaan Rupiah



Memilih investasi, selain jeli juga harus teliti. Di antara beragamnya pilihan, anggaran untuk berinvestasi juga harus menjadi pertimbangan. Jika memiliki modal cekak, bukan tidak mungkin menemukan investasi 100 ribu hasilkan jutaan rupiah. Dengan model investasi ini, bahkan mahasiswa pun bisa belajar mengamankan nilai uangnya di masa depan.

1. Logam Mulia

Investasi jeni ini sangat bisa menjadi pilihan mudah bagi siapapun. Emas merupakan pilihan untuk investasi 100 ribu hasilkan jutaan rupiah. Emas merupakan instrumen investasi yang banyak digemari orang. Selain mudah transaksinya, emas batangan juga cenderung memiliki kestabilan harga di masa depan.

Jika ingin menanam investasi emas dengan modal kecil ini, maka cara yang bisa dipilih adalah berinvestasi melalui platform online. Tentu saja, karena jika mencermati harga emas saat ini, semua sudah berada di atas harga 100 ribu rupiah. Minimal investor harus merogoh kantong 10 kali lipatnya.

Namun berinvestasi melalui platform online, ada banyak alternatif harga yang bisa dipilih. Sebagai contoh, berinvestasi melalui platform yang bekerja sama dengan Pegadaian. Selain aman karena dikelola oleh BUMN, diawasi oleh OJK, pilihan nominalnya pun bisa dimulai dari 5 ribu rupiah saja.

2. Reksadana

Tentu sudah banyak orang yang tidak asing dengan investasi di pasar sekunder ini. Jika kebanyakan orang berpikir bahwa reksadana sama dengan saham, maka dipastikan orang tersebut belum paham tentang instrumen ini.

Reksadana sangat populer di kalangan milenial. Bahkan, investasi ini juga bisa mendatangkan keuntungan hanya dengan modal murah. Instrumen ini bisa dikategorikan investasi 100 ribu hasilkan jutaan rupiah, karena memang modal awalnya yang sangat ringan.

Jika mencermati beberapa perusahaan sekuritas, maka tak sedikit yang menawarkan investasi reksadana mulai 100 bahkan 50 ribu saja. Hal ini bisa menjadi pertimbangan yang cermat, jika tidak ingin uang saku hanya hangus untuk belanja konsumtif.

Menanamkan modal di reksadana juga terbilang aman. Selain banyak jenisnya, investasi reksadana juga sekarang difasilitasi oleh berbagai platform atau aplikasi online yang bisa digunakan di smartphone.

Pengelolaan uang yang ditanam meskipun melalui aplikasi, tetap dipegang oleh manajer investasi yang berpengalaman. Bagi investor pemula, hal yang perlu dipastikan adalah memilih aplikasi yang terpercaya. Pastikan aplikasi tersebut terdaftar di OJK, agar uang yang diinvest tetap aman dan diawasi oleh lembaga resmi.

3. P2P Lending

Alternatif investasi lain adalah P2P lending yang juga bisa dimulai dengan modal kecil. Jenis investasi ini digalakkan oleh pemerintah, sebagai media yang mempertemukan pemilik modal dengan pengusaha mikro dan kecil.

Pada dasarnya P2P merupakan skema pembiayaan. Ada UMKM yang membutuhkan modal, di saat yang sama ada investor yang ingin membantu namun tidak bisa sebanyak yang dibutuhkan. Maka investasi P2P memungkinkan investor menanam modal sesuai kemampuannya.

Sebagai imbalannya, orang yang memberikan pinjaman akan mendapatkan tambahan keuntungan dari bunga pinjaman. Investasi ini juga dapat ditanam melalui berbagai platform dan aplikasi online. Tak sedikit yang sudah memulainya karena kemudahan dan harga murah nilai awalnya.

Sama halnya dengan investasi lainnya, penggunaan aplikasi P2P juga sebaiknya dipilih dari yang resmi dan terdaftar d OJK. Meskipun memiliki nilai awal yang kecil, ada baiknya investor menjaga dari risiko gagal bayar atau gagal pengelolaan dana.

Berbagai investasi 100 ribu hasilkan jutaan rupiah tersebut bisa menjadi alternatif bagi siapapun yang ingin belajar berinvestasi dengan modal kecil. Meski demikian, prinsip kehati-hatian tetap harus menjadi yang utama.