Cara Menggunakan Bot Menulis di Telegram agar Lebih Praktis


Pengguna Telegram saat ini semakin bertambah banyak. Aplikasi ini memang menawarkan layanan chatting instan dengan fitur-fitur yang menarik. Salah satu fitur menarik dari aplikasi ini adalah bot menulis. Fitur tersebut sangat praktis untuk digunakan dan benar-benar membantu para pengguna Telegram. Lalu, seperti apa cara menggunakan bot menulis di Telegram ini? Mari simak penjelasannya secara lengkap!

Tentang Fitur Bot Telegram

Tidak semua pengguna Telegram mengetahui keberadaan fitur bot ini. Bot Telegram merupakan sebuah robot yang telah diatur dengan program tertentu untuk menjalankan instruksi dari pengguna. Bot ini tidak perlu di-install secara terpisah di perangkat komputer maupun smartphone. Secara otomatis bot tersebut akan berjalan melalui aplikasi Telegram dan bisa diakses langsung oleh pengguna.

Sebenarnya apa fungsi dari fitur bot menulis ini? Bot menulis di Telegram digunakan untuk membuat tampilan tulisan tangan secara otomatis. Pengguna bisa membuat tulisan tangan tanpa perlu menulisnya sendiri. Menariknya lagi ukuran font dan bentuk tampilan tulisan tangan bisa diatur sendiri sesuai keinginan pengguna.

Bot menulis ini sangat praktis untuk digunakan terutama bagi para pengguna Telegram yang malas membuat tulisan sendiri. Cocok juga bagi pengguna yang sangat sibuk sehingga tak sempat menulis secara manual. Biasanya bot menulis ini akan digunakan oleh para pelajar untuk mengerjakan tugas maupun merangkum materi.

Penting untuk diketahui bahwa sebelum menggunakan fitur ini, pengguna harus memilih dulu fitur bot menulis yang akan dipakai. Jadi Telegram menyediakan banyak sekali bot menulis yang bisa dipakai oleh para penggunanya. Sebut saja ada Bot Nulis by @its.will_ dan Mager Nulis. Jadi silakan pilih dulu mana bot menulis yang dirasa paling lengkap dan ingin digunakan.

Cara Penggunaan

Fitur bot menulis di Telegram ini sebenarnya sangat mudah untuk dipakai. Bahkan para pengguna pemula bisa dengan mudah mempelajari cara pemakaian bot ini. Berikut adalah petunjuk cara menggunakan bot menulis di Telegram:

  • Masuk ke aplikasi Telegram.
  • Tap ikon pencarian atau search di bagian atas tampilan Telegram.
  • Ketikkan nama bot menulis yang akan dipakai. Jika belum tahu bot apa yang akan digunakan, silakan tulis bot. Nantinya akan keluar banyak pilihan bot yang bisa dipakai. Langsung klik saja mana jenis bot yang diinginkan.
  • Setelah klik nama bot maka pengguna akan masuk ke kolom chat.
  • Langsung saja tab menu Mulai yang ada di bagian bawah tampilan kolom chat.
  • Setelah klik tombol Mulai, maka dalam waktu singkat akan muncul pesan balasan dari bot. Pesan ini berisikan petunjuk perintah dan penjelasan dalam memakai bot menulis tersebut.
  • Silakan baca semua perintah dan petunjuk pemakaian bot tersebut.
  • Mulailah mengetik kata-kata atau kalimat yang ingin ditulis oleh bot sesuai dengan petunjuk pemakaian yang sudah diberikan tadi. Jika sudah selesai langsung klik opsi Kirim.
  • Tunggu sebentar sampai bot menampilkan hasil tulisan. Prosesnya tidak memakan waktu yang lama asalkan koneksi internet yang digunakan cukup lancar.
  • Jika ingin membagikan hasil tulisan, langsung saja klik ikon share atau bagikan dan pilih kontak tujuan.

Seperti itulah cara menggunakan bot menulis di Telegram. Mudah dan praktis sehingga akan lebih hemat waktu untuk menulis. Bot ini sangat cocok digunakan oleh para pelajar atau mahasiswa apalagi di era sistem pembelajaran daring seperti sekarang. Jika kesulitan untuk mengakses fitur bot ini silakan update dulu aplikasi Telegram dan lakukan restart perangkat.