Cara Memindahkan WhatsApp ke HP Baru tanpa Ganti Nomor agar Data Tak Hilang


Mengganti perangkat HP baru berarti harus siap untuk memindahkan semua data yang tersimpan di HP lama. Termasuk data-data yang ada di WhatsApp. Ini merupakan bagian penting apalagi jika WhatsApp tersebut digunakan sebagai alat komunikasi utama. Kali ini akan dibahas seperti apa cara memindahkan WhatsApp ke HP baru tanpa ganti nomor agar data tak hilang.

1. Lakukan Backup Data

Langkah pertama yang harus  dilakukan adalah backup data. Ini merupakan langkah yang sangat penting karena jika tidak dilakukan back up maka semua data WhatsApp di HP lama bisa terhapus begitu saja. Cara backup pun sangat mudah dan bisa berlangsung cepat selama koneksi internet lancar.

Langsung saja masuk ke fitur pengaturan melalui ikon titik tiga yang ada di sudut kanan atas. Klik menu Setelan yang ada di sana kemudian pilih opsi Chat. Di sana akan muncul fitur backup atau pencadangan data dari WhatsApp. Langsung saja klik opsi tersebut agar proses backup bisa segera dimulai.

2. Pilih Email yang Tepat

Setelah memilih opsi Chat, pengguna akan diarahkan ke menu Cadangan Chat. Silakan diperhatikan baik-baik informasi yang tertera di kolom tersebut. Di sana ada tujuan tempat pencadangan data yaitu email pengguna. Perhatikan kembali apakah email tersebut sudah tepat atau belum. Pastikan data yang di-backup akan masuk ke email yang aktif digunakan.

Sangatlah penting untuk memastikan bahwa email tersebut masih bisa diakses. Pastikan pengguna masih hafal betul password yang digunakan. Apabila data emailnya sudah benar maka bisa langsung klik opsi Cadangkan.

3. Hapus WA di HP Lama dan Install WA di HP Baru

Langkah berikutnya yang bisa dilakukan adalah menghapus aplikasi WhatsApp atau WA di HP lama lalu install di HP yang baru. Ini sangat mudah untuk dilakukan. Tinggal hapus saja aplikasi di HP lama atau jika memang masih ingin digunakan untuk nomor lain tidak perlu dihapus. Sementara itu pada perangkat HP yang baru langsung saja masuk ke PlayStore atau AppStore untuk mengunduh dan menginstal aplikasi WhatsApp.

4. Masukkan Nomor HP

Cara memindahkan WhatsApp ke HP baru tanpa ganti nomor memang cukup mudah. Jika semua data dari aplikasi yang lama sudah di-backup maka tinggal install aplikasi baru lalu masukkan nomor HP yang lama. Mudah saja, langsung masuk ke aplikasi WhatsApp dan lakukan login seperti biasa dengan menggunakan nomor HP yang lama.

5. Pulihkan Data

Untuk mengembalikan semua data yang sudah tersimpan di aplikasi WhatsApp yang lama, pengguna bisa langsung memulihkan data. Setelah memasukkan nomor HP dan input kode yang sudah dikirimkan oleh WhatsApp, nantinya akan muncul opsi Pulihkan. Langsung saja klik opsi tersebut untuk mengembalikan semua data yang ada di akun WhatsApp sebelumnya.

Pengguna bisa langsung memilih tempat backup yang tadi digunakan. Setelah klik opsi Pulihkan, nantinya proses pemulihan data akan langsung dimulai. Lama atau tidaknya proses pemulihan ini sangat bergantung pada ukuran data serta koneksi internet yang digunakan. Proses pemulihan bisa selesai dalam hitungan menit maupun jam.

Seperti itulah cara memindahkan WhatsApp ke HP baru tanpa ganti nomor. Mudah untuk dilakukan selama koneksi internet lancar. Pastikan backup data dilakukan dengan cara yang benar agar tidak kehilangan data-data penting apapun. Setelah proses pemulihan selesai, segera akses WhatsApp baru dan periksa apakah data-datanya sudah kembali seperti semula atau belum.