Cara Membuka File Zip yang Terkunci di Android tanpa Waktu Lama

File berbentuk zip memang sangat efektif untuk menghemat kapasitas penyimpanan. Namun perlu diketahui bahwa jenis file ini tidak bisa dibuka secara langsung. Jika pengguna ingin mengakses file atau dokumen di dalamnya maka zip ini harus dibuka terlebih dahulu. Lalu, bagaimana jika zip tersebut dikunci dengan password? Berikut adalah beberapa pilihan cara membuka file zip yang terkunci di Android tanpa memakan banyak waktu:

1. Gunakan RAR for Android

Pilihan cara pertama yang bisa dilakukan untuk membuka file zip yang terkunci adalah dengan menggunakan aplikasi RAR for Android. Aplikasi ini sebaiknya memang dimiliki jika terbilang sering menggunakan file jenis zip. Tak hanya bisa membuka zip yang terkunci dengan password, RAR for Android juga bisa membantu mengatasi kerusakan pada file tersebut.

2. Buka File Lewat 7Zipper

RAR for Android terbilang sangat praktis untuk membuka file zip yang dikunci. Menariknya lagi ternyata ada 7Zipper yang jauh lebih praktis untuk digunakan. Aplikasi ini benar-benar bisa menjadi solusi efektif untuk mengakses file zip yang dilindungi dengan password. Caranya pun mudah langsung saja unduh file zip yang akan dibuka dan cari file tersebut melalui aplikasi 7Zipper.

Pengguna bisa langsung membuka file zip yang di-password melalui 7Zipper. Prosesnya sangat cepat dan mudah. Tak perlu repot memikirkan password-nya atau merencanakan pembobolan password. File otomatis akan terbuka jika diakses lewat aplikasi yang satu ini.

3. Pakai Aplikasi ArchiDroid

Selanjutnya ada aplikasi bernama ArchiDroid yang juga sangat efektif digunakan untuk membuka file zip yang dilindungi password. Pengguna bisa langsung mengunduh ArchiDroid melalui PlayStore. Setelah selesai di-install, langsung saja masuk ke aplikasi tersebut dan pilih menu Unpack Archive. Kemudian muncul opsi Archive File Path, pengguna bisa klik ikon titik tiga di opsi tersebut lalu cari file zip yang akan dibuka.

Cara membuka file zip yang terkunci di Android dengan menggunakan ArchiDroid ini mungkin lebih rumit dari aplikasi sebelumnya. Di sini pengguna harus memasukkan kode password dulu secara bebas. Tinggal masukkan saja kode sesuka hati lalu klik opsi Use Password. Setelah itu pilih file zip yang akan dibuka dan tekan opsi Unpack, maka secara ajaib file tersebut bisa diakses.

4. Gunakan WinZip

Piliha cara berikutnya untuk membuka file zip yang terkunci adalah dengan memakai aplikasi WinZip. Aplikasi ini tak hanya bisa diandalkan oleh pengguna Android tetapi juga oleh pengguna iOS dan Windows. WinZip memiliki tampilan yang cukup bagus dan sederhana sehingga jauh lebih mudah untuk digunakan. Proses pembukaan file dengan aplikasi ini juga terbilang mudah.

5. Buka dengan X-plore File Manager

Akses file zip yang terlindungi password juga bisa dilakukan dengan aplikasi X-plore File Manager. Aplikasi ini bisa membuka password file zip dengan sangat mudah tanpa perlu prosedur khusus. Secara otomatis file zip memang bisa langsung terbuka dengan beberapa kali klik pada opsi yang tersedia. Menariknya lagi aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk menata file yang ada di dalam folder tersebut.

Ada banyak pilihan cara membuka file zip yang terkunci di Android. Semua aplikasi ini mudah untuk diakses melalui PlayStore jadi tak perlu khawatir lagi jika menemukan file zip yang terlindungi password. Jika satu aplikasi tak bisa digunakan untuk membuka file zip tersebut maka coba gunakan aplikasi lain karena bisa saja kompatibilitasnya berbeda.