Mudahnya Cara Investasi di Santara yang Perlu Dicoba


Berbisnis melalui mekanisme urun modal kini bukan lagi hal yang mustahil. Layanan equity crowdfunding kini telah dikembangkan, salah satunya oleh Santara yang mempertemukan pada pelaku bisnis yang ingin berkembang, dengan masyarakat yang ingin menjadi investor. Cara investasi di Santara pun sangat mudah, hanya dengan mengikuti langkah praktis sebagai berikut:

1. Daftar ke Santara

Siapa pun yang ingin memiliki bisnis baru, tentu berpikir ulang ketika dihadapkan pada masalah modal. Banyak pebisnis hancur karena kekurangan modal, demikian halnya masyarakat yang ingin menjadi pemodal tak memiliki kekuatan dana untuk mulai menjadi investor.

Namun hanya dengan mendaftar ke Santara, seseorang sudah bisa memulai langkahnya sebagai investor, atau mengembangkan bisnisnya menjadi lebih maju. Baik pelaku bisnis maupun calon investor bisa memulai langkah baiknya dengan mendaftar akun di Santara.

Sebelumnya, pengguna bisa masuk ke situs resmi Santara dan melakukan registrasi di halaman utama. Jika menggunakan aplikasi, pendaftaran bisa dilakukan dengan klik menu account.

2. Lengkapi Profil

Langkah berikutnya adalah melengkapi identitas sebagai profil pemilik akun. Ketika awal mendaftar, pengguna akan diminta memasukkan nomor telepon menggunakan kode negara. Pastikan pengguna mencantumkan nomor telepon yang aktif, karena akan terkait dengan verifikasi akun melalui ponsel.

Selanjutnya, lengkap data diri yaitu nama lengkap, email aktif dan gunakan juga password yang aman. Isi semua biodata yang diminta, karena hal ini akan terkait dengan ketentuan OJK mengenai KYC (Know Your Customer).

Sebagai informasi, Santara ini sudah terdaftar dan terverifikasi oleh OJK, sehingga pengguna tak perlu khawatir dengan penggunaanya. Semua transaksi yang dilakukan melalui platform ini sudah terawasi dengan sempurna. Maka dari itu, jangan ragu pula untuk mengisikan biodata dengan benar sesuai identitas.

3. Tunggu Verifikasi

Pada tahap pembuatan akun awal, pengguna akan mendapatkan permintaan OTP melalui sms, di mana nantinya digunakan untuk mendaftar. Oleh karena itu, pastikan pengguna akun ini menginput nomor yang aktif, sehingga bisa segera dilakukan verifikasi.

Langkah verifikasi berikutnya adalah melalui email. Sama halnya seperti nomor hp, email yang digunakan untuk verifikasi juga yang sudah didaftarkan di awal. Pengguna akan mendapatkan email masuk berupa tautan untuk verifikasi.

Buka email tersebut dan temukan tautannya. Setelah itu, klik tautan verifikasi email yang diberikan oleh Santara dan tunggu langkah selanjutnya. Jika verifikasi sudah berhasil, maka pengguna bisa login kembali menggunakan user dan password yang sudah dibentuk.

4. Pilih Bisnis

Jika verifikasi telah berhasil, maka pengguna sudah bisa melakukan transaksi dengan memilih bisnis yang akan menjadi tempat penanaman saham. Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu pengguna membaca dengan seksama prospektus dari setiap bisnis yang ditawarkan.

Pelajari penawaran saham dari tiap-tiap bisnis. Selain itu, pastikan pengguna juga sudah paham bahwa risiko bermain saham bukan hanya mengambil untung, tetapi ada kalanya terjadi penurunan harga sehingga mengalami kerugian. Pertimbangkan segala aspek, termasuk potensi kerugian dan kecukupan anggaran.

5. Masukan Nilai Investasi

Jika sudah menentukan besarannya, maka masukkan jumlah lembar saham yang akan dibeli. Ketentuan pembelian saham juga dapat dipelajari sebelum memutuskan membeli. Klik “Beli Saham”, pilih metode pembayaran dan lanjutkan pembayaran sesuai dengan petunjuk.

Setelah pembayaran terverifikasi, maka pengguna sudah menjadi pemegang saham dari bisnis tersebut. Selanjutnya, pengguna bisa menikmati passive income dari dividen yang akan dibagikan oleh pebisnis.

Mudahnya cara investasi di Santara membuat platform ini menjadi salah satu alternatif investasi di kalangan muda. Kemudahan dan keamanan transaksi saat ini menjadi pertimbangan utama dipilihnya aplikasi dan platform investasi.