Investasi Perkebunan Paling Menguntungkan di Bursa Saham

Ada banyak sekali aset investasi yang dapat dipilih saat ini. Mungkin tak terlalu populer namun investasi perkebunan ternyata dinilai cukup menguntungkan. Apalagi Indonesia punya potensi yang cukup bagus di bidang perkebunan. Selain itu jenis investasi ini juga terbilang stabil meskipun tetap saja ada potensi fluktuatif. Berikut akan dibahas investasi perkebunan paling menguntungkan dan menjanjikan di bursa saham.

1. PNGO

Pertama ada investasi di emiten saham PNGO. PNGO merupakan kode saham untuk PT Pinago Utama. Bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit, PNGO mulai melantai di bursa saham pada tahun 2020 lalu. Meskipun belum lama hadir di bursa saham, namun PNGO sangat layak untuk dijadikan pilihan. Apalagi potensi keuntungan yang dihasilkan oleh perkebunan kelapa sawit terhitung tinggi.

PNGO memiliki 3 jenis bisnis utama yaitu karet, CPO, serta pupuk organik. Aset PNGO terhitung cukup banyak, salah satunya adalah area perkebunan dengan luas 8.899 hektar. Perusahaan ini juga telah bergerak cukup lama di bidang perkebunan sawit yaitu sejak tahun 1979.

2. TAPG

Masih di bidang perkebunan sawit ada TAPG atau PT Triputra Agro Persada Tbk. Perusahaan ini memiliki 24 lokasi perkebunan sawit dan mengelola industri turunan dari bahan dasar sawit. Selain perkebunan sawit, Triputra Agro Persada juga memiliki 16 lokasi pabrik pengolahan CPO dan 1 perkebunan karet. Meskipun baru mulai melantai di bursa saham tahun 2021 lalu namun TAPG bisa jadi pilihan aset investasi yang tepat.

3. SGRO

Pilihan investasi perkebunan paling menguntungkan berikutnya adalah SGRO. SGRO ini milik PT Sampoerna Agro Tbk yang bergerak di bidang perkebunan karet, sawit, serta menghasilkan produk kehutanan non-kayu. Berlokasi di wilayah Sumatera, Kalimantan, dan Riau, perusahaan ini memiliki aset yang terus berkembang pesat. Terlebih lagi sudah ada banyak anak perusahaan yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

4. SMAR

Ada pula SMAR dari PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk yang merupakan bagian dari grup Sinarmas. Perusahaan ini bergerak di bidang produk konsumtif kelapa sawit. Ada ratusan ribu hektar perkebunan kelapa sawit yang dikelola oleh perusahaan ini. SMAR bisa jadi pilihan investasi di bidang perkebunan yang sangat menjanjikan dan prospeknya cukup bagus di masa depan.

5. FAPA

Rekomendasi berikutnya adalah FAPA milik PT FAP Agri Tbk. Ini merupakan perusahaan swasta nasional yang berkembang pesat di tanah air. Perusahaan ini bergerak di bidang produksi minyak kelapa sawit. Tentunya FAP Agri juga memiliki area perkebunan sawit yang terbilang luas, mencapai 110.000 hektar. Perusahaan ini juga punya aset 5 pabrik kelapa sawit dan 1 pabrik kernel.

6. LSIP

Melirik LSIP juga bisa jadi pilihan bagi investor yang tertarik di bidang perkebunan. LSIP merupakan kode saham milik PT London Sumatra Indonesia Tbk. Perusahaan ini dikenal juga dengan nama Lonsum dan sudah lama berdiri yaitu sejak tahun 1906. Lonsum juga sudah tercatat lama melantai di bursa saham yaitu sejak tahun 1996 silam. Perusahaan ini punya prospek yang sangat menjanjikan melihat perkembangannya yang pesat dari masa ke masa.

Itulah tadi pilihan investasi perkebunan paling menguntungkan di bursa saham dan layak untuk dijadikan andalan dalam mencari profit optimal. Pastikan untuk memilih aset terbaik sesuai dengan analisis fundamental dan analisis teknikal yang sudah dilakukan. Amati grafik pertumbuhan perusahaan untuk mengetahui seperti apa prediksi pergerakannya di masa depan.