Catat 5 Cara Mencairkan Investasi CAR Dengan Mudah


Banyak orang yang mengikuti investasi CAR, namun kurang memahami bagaimana alur untuk melakukan pencairan dana. Padahal tahapan yang diperlukan tidak terlalu sulit dan bisa langsung cair melalui rekening bank. Untuk itu, investor perlu mempelajari cara mencairkan investasi CAR tanpa ribet. Adapun penjelasan selengkapnya bisa dipelajari sesuai uraian di bawah ini:

1. Bawalah Buku Polis Asli dan Fotokopi

Sebelum mulai mengunjungi kantor CAR, tahapan paling awal adalah menyiapkan dokumen yang diperlukan. Investor perlu membawa buku polis asli yang dimiliki sebagai bukti telah berinvestasi. Sebetulnya, pihak CAR hanya akan mengambil fotokopiannya saja. Tetapi, sangat penting bagi investor untuk menunjukkan buku polis yang asli terlebih dahulu.

Sebelum memutuskan untuk pencairan dana investasi, ada baiknya nasabah juga mempelajari ketentuan yang ada. Persyaratan tersebut sudah tertulis dalam buku polis, isinya mencakup perjanjian dengan pihak CAR yang harus dipatuhi. Termasuk berbagai kewajiban dan hak bagi para investor atau nasabah ketika berinvestasi CAR.

2. Bawalah KTP

Pengurusan perbankan tentunya memerlukan kartu identitas diri, dalam situasi ini nasabah perlu menyiapkan KTP. Pihak CAR tidak akan mempersulit pencairan asalkan dokumen yang dibawa oleh nasabah sudah lengkap dan valid. Sebab, pihak CAR akan memverifikasi data diri yang diserahkan untuk mengecek kebenarannya. Pastikan nasabah datang sendiri ke kantor dan tidak diwakilkan saat pengajuan pencairan.

Dokumen berupa identitas diri yang dibawa oleh nasabah kemudian akan diperiksa untuk memastikan apakah benar-benar sudah terdaftar investasi CAR. Perubahan pada KTP dapat membuat proses pencairan justru semakin lama. Oleh sebab itu, usahakan informasi yang tertera pada data diri sudah valid kebenarannya.

3. Kunjungi Kantor CAR

Hampir sama saat melakukan pendaftaran, cara mencairkan investasi CAR dilakukan di kantor langsung. Sehingga, nasabah perlu meluangkan waktu untuk datang ke kantor cabang CAR guna mengajukan pencairan. Lebih disarankan apabila nasabah mencari kantor CAR terdekat agar lebih mudah dan cepat. Kunjungi kantor tersebut pada jam kerja, sebab di akhir pekan akan tutup seperti pada perbankan lain.

Setelah tiba, lekas ambil nomor antrian yang biasanya terletak di meja customer service supaya tidak terlalu lama menunggu. Setelah itu, duduk sejenak sembari menunggu nomor antrian dipanggil. Bila telah berada di bagian customer service, silahkan sampaikan bahwa nasabah berniat untuk mengajukan pencairan investasi CAR.

4. Lengkapi Formulir Pencairan Dana

Bagian customer service akan memberikan sejumlah pertanyaan dalam bentuk formulir yang harus segera dilengkapi. Isilah formulir pengajuan dana tersebut tanpa menyingkat kata-kata, gunakan bahasa Indonesia yang baku. Jika menemukan satu atau dua pertanyaan yang membingungkan, jangan ragu untuk bertanya pada bagian customer service.

Setelah mengisi formulir, biasanya costumer service akan meminta pada nasabah untuk menyerahkan beberapa dokumen. Mencakup buku polis beserta data diri. Berikan dokumen asli beserta fotokopi. Bila berkas tersebut belum difotokopi, staf akan membantunya. Selanjutnya dokumen asli akan dikembalikan pada nasabah untuk dibawa pulang.

5. Pastikan Dana Investasi Masuk ke Tabungan

Pihak bank akan segera memproses pencairan dana investasi CAR, investor perlu menunggunya beberapa hari. Umumnya proses pencairan dana tersebut membutuhkan waktu 7 sampai 30 hari, sesuai dengan berapa banyak pengajuan yang diterima di kantor. Sehingga, investor perlu bersabar menunggu hingga dana ditransfer ke rekening bank yang sudah ditulis pada saat pengajuan.

Itulah pembahasan tentang panduan cara mencairkan investasi CAR yang dapat dipraktekkan dengan mudah agar dana lekas ditransfer ke rekening. Apabila tidak terlalu memerlukan uang dalam waktu dekat, sebaiknya investor membiarkan dana yang dimiliki dalam jangka waktu lebih lama. Tunggulah sampai kondisi investasi CAR sedang naik agar bisa mendapat keuntungan maksimal.