Cara Investasi Saham di Bank BRI yang Mudah dan Cepat


Ada banyak cara untuk investasi saham. Selain dapat dilakukan melalui aplikasi online trading, para investor juga bisa berinvestasi saham melalui bank seperti Bank BRI. Bahkan, cara investasi saham di bank BRI kini menjadi lebih mudah dan menguntungkan! Nah, bagaimana memulai investasi di bank BRI dan apakah aman? Yuk, ketahui lebih detail.

Dibandingkan dengan menggunakan aplikasi online trading lainnya, investasi melalui bank merupakan cara yang paling aman. Para investor tidak perlu ragu dengan keamanan dari aplikasinya maupun dana yang diinvestasikan. Seluruhnya aman karena seluruh bank di Indonesia sudah diawasi oleh OJK. Nah, bagi yang tertarik untuk investasi, berikut adalah beberapa langkah dan cara investasi saham di Bank BRI:

1. Membuka Rekening Efek

Bagi yang tertarik untuk investasi di Bank BRI, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka rekening efek. Ini merupakan rekening khusus untuk para nasabah yang ingin menabung dana saham di BRI. 

Nantinya, rekening ini bertujuan untuk menjadi wadah ketika para investor mendapatkan dividen dari saham yang dimiliki. Jadi, ketika para investor mendapatkan dividen, keuntungannya akan dikirimkan melalui rekening tersebut.

2. Menentukan Nominal Dana yang Diinvestasikan

Jika rekening efek sudah jadi, maka saatnya menentukan nominal dana yang akan diinvestasikan. Nominal yang dapat diinvestasikan beragam, tergantung dari kemampuan setiap orang. Namun, ketika menentukan nominalnya, pastikan sudah mempertimbangkan kebutuhan setiap bulan dan pastikan dana tersebut bukanlah uang panas. Jadi, jika saham tersebut tidak menguntungkan, investor tidak sampai bingung.

3. Menentukan Saham

Saat menentukan nominal modal, hal lain yang perlu diperhatikan adalah saham yang akan dibeli. Pada dasarnya ada dua jenis saham yang dapat dijadikan pilihan, yaitu preferred stock dan common stock. Setiap jenis saham tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi ada baiknya para investor mempelajarinya terlebih dahulu.

Jika sudah mengetahui jenis saham yang ingin dibeli, para investor tinggal membeli saham yang diinginkan menggunakan dana yang telah diinvestasikan. Bagi yang mengalami kesulitan dalam menentukan saham yang akan dibeli, maka coba lakukan research terlebih dahulu mengenai beberapa saham.

4. Menabung di Rekening Efek

Hal lain yang harus dilakukan jika ingin berinvestasi di Bank BRI adalah rutin menabung di rekening efek. Dengan rajin menabung, dana yang didapatkan untuk investasi akan semakin banyak. Usahakan untuk menyetor nominal tertentu setiap bulannya agar bisa membeli saham setiap bulannya.

Cara menabung di rekening efek sama seperti dengan menabung di rekening BRI biasa, Untuk bisa menambah saldo di rekening efek, maka transferkan nominal tertentu ke nomor rekening efek tersebut. Jika nomornya benar, maka dana di rekening efek akan langsung bertambah.

5. Menjual Saham

Selain dapat membeli saham, di bank BRI para investor juga bisa menjual saham yang dimiliki. Proses penjualannya pun sama dengan proses pembeliannya, namun perlu diingat bahwa ada biaya administrasi yang nantinya akan dikenakan kepada para anggota. 

Jika sudah terjual, maka uang dari saham tersebut juga akan masuk ke rekening efek. Apabila ingin mengambil uang tersebut, maka para investor tinggal melakukan proses transfer dana ke rekening yang diinginkan.

Dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, kini semua orang bisa mulai berinvestasi. Jika ingin melakukannya secara online, maka tinggal unduh aplikasi online trading. Namun, bagi yang ragu dengan aplikasi-aplikasi tersebut, maka cobalah cara investasi saham di Bank BRI. Selain prosesnya mudah, berinvestasi melalui Bank BRI aman dan terpercaya.