Pelajari Cara Investasi Emas di Tokopedia dengan Mudah dan Aman


Menanam investasi logam mulia ternyata masih tinggi peminatnya. Selain mudah dan low risk, investasi emas juga cenderung stabil dari sisi harga untuk investasi jangka panjang. Apalagi, saat ini ada cara praktis dan online, yaitu cara investasi emas di Tokopedia yang akan memudahkan investor membeli emas tanpa harus datang ke gerai.

1. Masuk Laman Tokopedia

Hal pertama yang harus dilakukan sebagai cara investasi emas di Tokopedia adalah mengakses laman Tokopedia. Calon investor bisa dengan mudah mencari alamat domain dari platform ini melalui mesin peramban. Pastikan halaman yang diakses adalah situs resminya, karena beberapa website terkadang mengarahkan kepada situs abal-abal untuk investasi bodong.

Jika kesulitan mencari, situs ini bisa juga langsung diakses melalui “tokopedia.com/emas”. Dengan mengetikkan alamat
domain tersebut, maka pengguna akan otomatis tersambung ke halaman resmi Tokopedia, dan langsung masuk ke menu untuk menabung emas.

Sebelumnya, pengguna tidak perlu merasa khawatir jika ingin menggunakan platform ini untuk berinvestasi emas. Hal ini karena menu menabung emas melalui Tokopedia merupakan bentuk kerja sama platform tersebut dengan Pegadaian. Dengan demikian, Tokopedia juga mendapatkan izin resmi dari OJK sebagai badan pengawas lembaga-lembaga keuangan dan investasi di Indonesia.

2. Buat User dan Password

Langkah berikutnya adalah pembuatan user dan password. Sebagaimana platform online lainnya, user dan kata kunci yang unik diperlukan jika pengguna ingin melakukan transaksi apapun. Dalam hal ini, Tokopedia juga meminta hal tersebut sebagai landasan keamanan bertransaksi.

Akun yang dibuat, tentu tidak akan bisa digunakan oleh user lain tanpa memasukkan kata kunci yang tepat. Dengan demikian, akun tidak akan dapat disalahgunakan untuk melakukan transaksi yang tidak diinginkan oleh user.

Sebagaimana diketahui, emas merupakan salah satu bentuk komoditi yang sangat menguntungkan untuk diinvestasikan. Maka jika sebuah akun berhasil di-hack, semua transaksi di dalamnya juga akan dengan mudah diakses oleh tangan yang tidak bertanggung jawab. Alhasil, pengguna resmi pun akan mengalami kerugian.

3. Menu “Menabung Emas”

Setelah membuat akun dan login menggunakan user serta password, maka pengguna sudah siap menggunakan Tokopedia sebagai platform untuk berinvestasi emas. Caranya sangat mudah, karena user hanya tinggal mencermati menu “kategori” yang letaknya di bagian atas halaman beranda.

Setelah itu, akses menu “produk digital” dan lanjutkan dengan klik “emas”. Hanya membutuhkan waktu beberapa saat untuk masuk ke menu tersebut, dan pengguna bisa melanjutkan dengan mengikuti langkah-langkah mudahnya.

4. Tentukan Nominal

Lanjutkan langkah mudahnya dengan menentukan nominal yang akan ditransaksikan. Pada bagian ini, user akan semakin dimudahkan dalam berinvestasi emas karena nominal transaksi dimulai dari 5 ribu rupiah saja. Bayangkan jika membeli emas dari gerai, tentu tidak akan ada harga emas semurah itu. Nominal yang dipilih oleh user nantinya akan dikonversikan ke dalam satuan emas per gram.

5. Lakukan Pembayaran

Setelah memilih nilai yang akan dibeli, lanjutkan dengan pembayaran. Platform Tokopedia memberikan kemudahan dalam sistem pembayaran, salah satunya bisa menggunakan saldo OVO. Dengan demikian, user semakin dimanjakan karena sama sekali tidak perlu beranjak dari rumah untuk memiliki investasi berharga ini.

Begitulah cara investasi emas di Tokopedia yang sangat mudah. Bukan hanya itu, dengan bertransaksi online, semua keamanan transaksi akan lebih terjaga karena tidak ada aliran dana tunai dan barang fisik. Selain itu, berinvestasi emas melalui platform online ini juga bebas biaya administrasi. Dengan demikian, tidak perlu khawatir akan munculnya tambahan harga di atas harga pasar.