Simak 5 Cara Investasi Emas Agar Untung Untuk Dana Masa Depan


Emas menjadi salah satu komoditi yang nilainya stabil dibandingkan produk lain, sehingga banyak orang menggunakannya dalam investasi. Meski mempunyai gaji bulanan yang tetap, bukan tidak mungkin seseorang memerlukan tabungan di masa mendatang. Mengingat kebutuhan akan terus bertambah. Pemahaman tentang cara investasi emas agar untung perlu digali terutama bagi pemula.

Pandemi Covid-19 membawa dampak signifikan bagi keadaan ekonomi sebagian masyarakat. Untuk menjamin tercapainya dana di masa depan, salah satu usaha yang bisa dilaksanakan adalah melalui investasi emas. Meski demikian, ada beberapa cara yang perlu diperhatikan supaya investasi berujung untung. Berikut panduan investasi emas untuk dipahami bersama:

1. Tetapkan Target dan Tujuan

Setiap orang bisa berinvestasi, namun mempertahankan aset yang dimiliki untuk masa depan nyatanya tidak mudah untuk diterapkan. Untuk itulah, pembaca harus meluruskan apa yang menjadi target dan tujuan dari investasi emas yang akan dilaksanakan. Dengan demikian, pembaca tidak akan tergoda dengan berbelanja yang sifatnya bukan kebutuhan penting.

Target investasi emas bisa beragam, misalnya menyiapkan dana untuk pendidikan anak, pernikahan, maupun jaminan hari tua. Sebagai perumpamaan, pembaca memiliki tujuan bahwa 10 tahun ke depan akan resign dari kantor dan berniat membuka usaha sendiri di rumah. Kemudian, gaji yang diperoleh saat ini disisihkan sebagian untuk diinvestasikan emas.

2. Amati Perubahan Harga Emas

Panduan cara investasi emas agar untung bisa dilakukan dengan memantau perubahan harga emas secara berkala. Meski sebetulnya harga emas terkenal paling stabil, tetapi ada kemungkinan terjadi penurunan. Sehingga momen ini bisa dimanfaatkan untuk membeli aset emas sebanyak-banyaknya. Ketika harganya mulai naik kembali, maka pembaca bisa mulai menjual emas yang dimiliki.

3. Mulai Koleksi Emas dari Toko Terpercaya

Memilih tempat pembelian emas yang resmi akan jauh lebih aman dibandingkan di toko yang tidak jelas izinnya. Sebab, ketika membeli di toko resmi maka pembeli akan memperoleh surat-surat yang sah. Terkadang ada oknum yang menjual emas tanpa disertai sertifikat, sehingga hal tersebut patut dicurigai. Salah satu tempat yang direkomendasikan untuk membeli emas adalah di PT ANTAM.

Selain membelinya langsung, pembaca juga bisa membeli melalui e-commerce yang menjual emas dari PT ANTAM. Sedangkan untuk tempat penjualannya bisa dilakukan di PT Pegadaian. Karena keduanya berada di bawah naungan BUMN, maka transaksi pembelian dan penjualan dijamin keamanannya. Investor tidak perlu ragu akan ditipu dengan emas palsu.

4. Siapkan Penyimpanan yang Aman

Investasi emas memang lebih cocok bila digunakan jangka panjang, misalnya 5 sampai 10 tahun. Untuk itulah, pembaca memerlukan tempat penyimpanan yang aman guna menjaga aset yang dimiliki. Apabila berniat menyimpannya di rumah, maka pembaca dapat menyiapkan safety box atau brankas. Namun, bila ragu soal keamanannya maka bisa menyimpannya di bank.

Bank akan menawarkan Safe Deposit Box yang berfungsi untuk menyimpan aset emas yang dimiliki nasabah. Tentunya layanan ini akan dikenakan biaya tambahan, namun nasabah tidak perlu khawatir soal keamanannya. Selain emas, Safe Deposit Box umumnya juga bisa dipergunakan untuk menyimpan aset berharga lain seperti sertifikat dan surat-surat penting.

5. Fokus Untuk Dana Masa Depan

Pembaca perlu memahami bahwa investasi emas dilakukan untuk menjamin dana masa depan. Sehingga hindari penggunaan emas untuk sesuatu diluar tujuan investasi yang sudah ditetapkan. Bila memilih investasi emas, keuntungan akan lebih sulit dicapai bila untuk jangka pendek. Dengan demikian, pembaca harus fokus berinvestasi emas guna menyiapkan dana jangka panjang.

Itulah informasi tentang panduan cara investasi emas agar untung yang bisa dijadikan sebagai pedoman bagi pemula. Secara keseluruhan, jenis investasi ini memang banyak membawa keuntungan. Diantaranya emas yang mudah dicairkan bila sewaktu-waktu perlu dana mendesak, serta harganya cenderung stabil. Sehingga, melalui investasi emas secara tidak langsung melindungi aset atau kekayaan dari krisis.