Cara Cek Engagement Rate Instagram dengan Aplikasi, Mudah!

cara cek engagement rate instagram

Mengetahui cara cek engagement rate Instagram menjadi hal yang penting bagi seseorang yang ingin bekerjasama dengan influencer Instagram. Melalui engagement rate bisa mengetahui berapa rerata minimal pengunjung Instagram influencer tersebut. Hal ini tentu penting dilakukan sebelum melakukan kerjasama dengan influencer. 

Mengecek engagement rate ini pun kini bisa dilakukan dengan lebih mudah melalui berbagai website pendukung yang ada di peramban. Namun, apa sih sebenarnya engagement rate itu dan bagaimana cara untuk mengeceknya? Mari simak ulasan berikut untuk lebih jelasnya: 

Mengenal Engagement Rate

Bagi seseorang yang ingin melakukan kerjasama dengan influencer Instagram tentunya harus memahami terlebih dahulu cara cek engagement rate Instagram. Nantinya melalui engagement rate ini akan dapat dilihat performa suatu akun Instagram. 

Tentunya dengan mengetahui performa ini nantinya seseorang bisa menentukan harga yang sekiranya cocok untuk melakukan pemasaran dengan influencer bersangkutan. Kesepakatan yang tepat berdasarkan jumlah pengunjung feed, story atau bahkan jumlah like dan komen akan menjadi penentu. 

Mengetahui keterlibatan audiens dalam setiap postingan Instagram inilah yang kemudian sangat penting diketahui oleh influencer maupun digital marketer. Inilah yang kemudian membuat engagement rate menjadi hal yang selalu penting untuk dicek setiap saatnya. 

Pada era digital sekarang pun juga telah banyak website yang dapat membantu dalam mengecek engagement rate untuk membantu influencer maupun digital marketer. Adanya website ini nantinya akan mempermudah dalam mengetahui pengaruh audiens terhadap suatu akun Instagram. 

Mengenal Website untuk Cek Engagement Rate

Seperti yang sempat dibahas sebelumnya bahwa kini telah banyak website yang bisa membantu influencer dan digital marketer. Nantinya melalui website ini pengguna akan mengetahui bagaimana besar pengaruh audiens terhadap suatu akun Instagram. 

Hal ini pun nantinya juga bisa dilakukan dengan mudah melalui sistem yang disusun sedemikian rupa oleh developer supaya bisa digunakan oleh siapapun. Nah, lalu apa saja website yang bisa digunakan untuk mengecek engagement rate dengan lebih mudah? Berikut 3 diantaranya: 

1. Tanke

Tanke menjadi website pertama yang bisa dimanfaatkan untuk mengetahui cara cek engagement rate Instagram dengan mudah. Lalu, bagaimana cara menggunakan website ini? Mari simak langkahnya berikut untuk lebih jelasnya:

  • Tahap pertama yang perlu dilakukan adalah membuka website Tanke terlebih dahulu melalui peramban di perangkat lunak. 
  • Apabila website sudah terbuka maka, silahkan scroll ke bawah kemudian klik opsi get the engagement rate chrome extension. 
  • Nantinya pengguna diharuskan untuk mengisikan data secara lengkap terlebih dahulu. 
  • Langkah berikutnya mulai klik get the engagement rate extension untuk kemudian dapat melihat rating dari postingan di Instagram. 

Melalui website ini, pengguna bisa dengan lebih mudah mengetahui kalkulasi kemungkinan rate dari Instagram suatu akun. 

2. Phlanx

Phlanx menjadi website berikutnya yang cukup sering dimanfaatkan untuk mengecek engagement rate suatu Instagram. Penggunaannya pun dapat dibilang cukup mudah. Nah, berikut ini adalah cara dalam menggunakan Phlanx untuk mengecek engagement rate: 

  • Pengguna hanya perlu membuka Phlanx terlebih dahulu melalui peramban yang ada di perangkat. 
  • Apabila website sudah berhasil dibuka maka, langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah menuliskan nama akun Instagram pada kotak dialog kosong yang tersedia. 
  • Langkah berikutnya silahkan search akun tersebut dan tunggu beberapa saat hingga proses analisis yang dilakukan website selesai dilakukan. 

Apabila proses sudah selesai maka, nantinya website akan menunjukkan engagement rate dari akun tersebut. 

3. Analisa.IO

Analisa.IO menjadi rekomendasi website berikutnya yang bisa digunakan untuk mengecek engagement rate dengan lebih mudah. Lalu, bagaimana cara dalam menggunakan website ini? Simak ulasannya dibawah: 

  • Buka terlebih dahulu wbsite Analisa.IO melalui peramban di perangkat. 
  • Tahap berikutnya silahkan ketikkan nama influencer  pada kotak dialog yang tersedia.
  • Langkah berikutnya silahkan search akun tersebut dan tunggu beberapa saat. 

Maka, nantinya pengguna bisa melihat berapa rerata dari engagement rate influencer yang bersangkutan dalam beberapa tahun terakhir. 

Nah, itulah tadi 3 website yang bisa digunakan dengan mudah sebagai cara cek engagement rate Instagram. Tentunya melalui adanya website ini nantinya pengguna juga bisa lebih mudah dalam mengetahui kemungkinan pengaruh influencer dalam melakukan pemasaran untuk suatu produk.