2 Cara Mengecilkan Suara di Adobe Premiere Keduanya Sama-Sama Mudah

cara mengecilkan suara di adobe premiere

Aplikasi penyunting video terbaik yang dapat digunakan untuk mengatur video agar tampilannya menjadi lebih baik adalah adobe premiere.  Banyak hal yang dapat pengguna lakukan, salah satunya adalah mengecilkan suara. Dapat dikatakan cara mengecilkan suara di adobe premiere ini tidak sukar untuk dilakukan, dan cocok bagi yang sedang ingin membersihkan suara mengganggu di videonya.

Cara Mengecilkan Suara di Adobe Premiere

Jadi, perlu diketahui kalau cara mengecilkan suara di adobe premiere ini tidak sesederhana hanya mengecilkan suara seperti sedang mendengarkan lagu. Bukan seperti itu. Suara yang kiranya mengganggu video dan ingin dihilangkan adalah suara yang dimaksud di sini. Nah, terdapat 2 cara yang biasa dilakukan, jadi tenang saja karena keduanya sama mudahnya jadi pengguna hanya tinggal memilih.

1. Menggunakan Pengaturan Volume

Pertama adalah dengan menggunakan pengaturan volume. Dengan menggunakan pengaturan ini pengguna dapat memilih setiap video mana yang ingin dihilangkan suaranya. Jadi nanti di bagian timeline pengguna dapat melakukan pengaturan untuk mengecilkan ataupun menaikan volume. Tenang saja ini bukan sesuatu yang rumit untuk dilakukan, dan berikut ini adalah langkahnya:

  • Masukan klip video ke sequence timeline.
  • Kemudian pada clip file yang ingin diatur suaranya klik bagian tersebut.
  • Langkah selanjutnya adalah memilih tools atau alat volume yang letaknya di menu bagian atas dan di situ pengguna dapat memilih volume dan level.

Di sini pengguna dapat menggunakan tool level yang berbentuk horizontal dengan cara menaik turunkannya untuk mengatur volume. Namun pengguna juga dapat menggunakan kontrol efek untuk mengatur volumenya sesuai dengan keinginan.

2. Memakai Audio Gain

Cara yang satunya lagi dapat digunakan sama dengan yang sebelumnya, namun ini menggunakan audio gain. Penyesuaian di audio gain ini dapat dilakukan untuk mengatur volume sesuka hati. Salah satunya adalah membuat suara menjadi lebih kecil. Di sini juga pengguna dapat mengubah nada suara yang ada. Jadi kalau ada perbedaan sedikit, dapat langsung diatasi.

  • Jadi, lakukan seperti langkah awal dan klik kembali klip mana yang ingin diubah.
  • Di sini pengguna wajib memilihnya dari menu yang terletak pada bagian atas.
  • Kalau sudah, maka pengguna hanya tinggal memilih pilihan audio, dan kemudian pilih audio gain.
  • Ada dua pilihan yang dapat pengguna pilih. Pertama adalah dengan menggunakan cara manual, dan yang kedua adalah dengan menggunakan cara otomatis.

Apabila menggunakan cara manual, maka pengaturan dapat dilakukan sesuai dengan keinginan pengguna. Pengguna juga dapat memilih mana yang paling sesuai. Tapi, pengguna juga dapat melakukannya secara otomatis dengan memakai level decibel untuk dinormalkan. Jadi suara yang dapat dihasilkan dapat menjadi lebih halus.

Mengecilkan Suara Pada Waktu Tertentu

Apabila tadi mengecilkan suara berdasarkan klipnya, maka sekarang adalah mengecilkan suara pada waktu tertentu. Tenang saja caranya tidak kalah mudah dengan yang sebelumnya, dan dapat pengguna gunakan hanya dengan memakai alat yang sudah ada. Tanpa perlu menambah perangkat lainnya, sehingga benar-benar sangat mudah.

  • Pada timeline, gerakan waktu putar suara sampai ke waktu yang diinginkan.
  • Kemudian pengguna hanya tinggal melakukan pengaturan level volume saja.
  • Terus lanjutkan sampai semua proses penyesuaian volume ke waktu yang diinginkan ini selesai dilakukan.
  • Kemudian di timelinenya jalankan sedikit, dan gerakan bar supaya terdapat keyframe baru yang memiliki volume berbeda dengan yang sebelumnya.

Itulah  tadi cara yang dapat dilakukan baik itu untuk mengecilkan ataupun menaikan suara. Tentunya cara mengecilkan suara di adobe premiere ini sama saja dengan cara membesarkan volumenya. Jadi sama sekali tidak akan repot.