Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menggabungkan Subtitle dengan Film di Android Tanpa Aplikasi


Menikmati film-film pilihan di akhir pekan, jangan sampai terganggu hanya karena tidak ada teks terjemahan. Cukup pelajari saja cara menggabungkan subtitle dengan film di android tanpa aplikasi, maka nonton film di hp pun semakin menyenangkan. Berikut langkah-langkahnya:

1. Unduh Film Pilihan dan Subtitle

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari film favorit yang akan ditonton. Setelah mendapatkan filmnya, cara menggabungkan subtitle dengan film di android tanpa aplikasi bisa segera dilakukan dengan sangat mudah. Asal file terunduh dengan sempurna dan diletakkan di folder khusus.

Berikutnya, cara menggabungkan subtitle dengan film di android tanpa aplikasi adalah dengan mengunduh subtitle-nya. Pengguna bisa mengakses berbagai website penyedia subtitle seperti subscene.com atau subtitles.org. Selain itu, masih ada situs lain yang menyediakan subtitle dengan mudah dan gratis.

Cara mengunduhnya pun sangat mudah. Misalnya jika ingin mengunduh via subscene, maka ikuti langkah berikut:

  • Masuk ke browser di Android dan akses subscene.
  • Cari nama film dan klik subtitle search.
  • Pilih subtitle sesuai bahasa yang diinginkan.
  • Download subtitle sampai selesai.
  • Pastikan Format dalam Subrip.

Ketika mengunduh subtitle, pastikan juga formatnya sudah dalam .srt atau subrip. Format ini merupakan perangkat lunak berlisensi resmi dari windows untuk file subtitle dan durasinya dari video. Dengan demikian, format ini menjadi yang paling kompatibel untuk terjemahan atau subtitle video.

2. Convert File

Tak sedikit format subtitle yang dicari di internet masih menggunakan format RAR ataupun Zip. Maka, pengguna harus melakukan ekstrak file terlebih dahulu. Setelah itu, perhatikan isi dan formatnya, apakah sudah berbentuk .srt atau belum. Jika masih berbentuk yang lain, lakukan konversi agar menjadi kompatibel dengan video nantinya.

Mengubah format menjadi .srt bisa dilakukan melalui browser menggunakan subtitletools. Buka situs ini dan masukkan file subtitle yang akan diubah format. Lanjutkan dengan klik “convert”, dan file akan menjadi .srt yang siap diunduh dan digunakan.

3. Simpan di Folder

Pada langkah sebelumnya, sudah terunduh dua macam file yaitu video dan subtitle dengan format yang sesuai. Pastikan kedua file tersebut berada di folder yang sama. Hal ini menjadi salah satu cara menggabungkan subtitle dengan film di android tanpa aplikasi, agar kedua file bisa terbaca. Akan lebih baik jika menghapus file yang tidak berhubungan dengan film tersebut.

4. Sesuaikan Nama File

Langkah berikutnya yang tak kalah penting adalah mengganti menyesuaikan nama file. Pastikan file video dan subtitle persis sama, agar mudah terbaca. Ketika nantinya akan mencari film dan membuka subtitle-nya, perangkat akan membaca semua file yang ada di folder. Jika namanya sama, akan lebih cepat terdeteksi dan terunggah.

5. Aktifkan Subtitle

Jika semua langkah sudah dilakukan, maka video siap digunakan. Pengguna hanya tinggal memutar video melalui perangkat pemutar di Android. Sebelumnya, pastikan sudah mengaktifkan subtitle. Tekan titik tiga di bagian atas layar, lalu klik subtitle dan aktifkan dengan mengklik “tautkan otomatis subtitle”.

Pemutar video akan mencari otomatis subtitle yang sudah disimpan. Inilah sebabnya, kedua file mesti disimpan di dalam folder yang sama. Perangkat akan mengenali setiap file dengan mudah jika dilakukan tahapan tersebut.

Namun jika gagal, pengguna tetap dapat menggunakan subtitle tersebut secara manual. Caranya hanya dengan membuka file subtitle tersebut, dan file akan otomatis terbaca dan berjalan bersama dengan video yang diputar.

Kemudahan cara menggabungkan subtitle dengan film di android tanpa aplikasi tersebut membuat aktivitas menonton film di hp menjadi lebih menyenangkan. Tidak perlu khawatir lagi terlewatkan dialog karena video berjalan tanpa teks.