Penyebab dan Cara Mengatasi Voucher Indosat Tidak Masuk

cara mengatasi voucher indosat tidak masuk

Saat mengisi ulang kuota dengan voucher indosat, terkadang pengguna mengalami kegagalan sehingga kuotanya tidak bertambah. Untuk itulah diperlukan cara mengatasi voucher Indosat tidak masuk sehingga tidak mengalami kerugian. Sebelumnya perlu mengetahui beberapa hal yang memungkinkan terjadinya kegagalan pengisian voucher sehingga dapat diantisipasi.

Alasan Voucher Indosat Gagal di Aktivasi

Penyebab voucher Indosat tidak dapat diaktivasi cukup beragam. Mulai dari yang sepele seperti jaringan atau sistem yang bermasalah hingga yang lebih kompleks. Berikut beberapa hal yang sering mengakibatkan kegagalan tersebut:

1. Masa Aktif Sudah Habis

Setiap voucher, sama halnya dengan produk fisik lain memiliki batas waktu berlakunya. Apabila sudah melewati batas tersebut, artinya produk sudah tidak valid untuk digunakan. Penyebab umum yang sering terjadi adalah masa aktif dari voucher Indosat telah habis, namun pelanggan baru saja menggunakannya.

Hal ini sepele, tetapi sering ditemukan masalah seperti ini dimana kuotanya tidak masuk karena sudah lewat dari masa aktif. Jika ini masalahnya, bisa diatasi dengan menuju counter tempat membeli voucher tersebut dan menjelaskan permasalahannya. Untuk itu, jangan lupa untuk selalu memeriksa masa berlakunya sebelum membeli voucher.

2. Kode Tidak Valid

Seringkali, kode tidak valid menjadi penyebab voucher yang tidak bisa digunakan. Semua voucher dilengkapi dengan enkripsi unik yang berbeda satu sama lain. Artinya, jika kode tersebut tidak valid berarti ada indikasi bahwa vouchernya pernah digunakan pada waktu tertentu, atau murni dikarenakan sistem error pada Indosat.

Masalah seperti ini sering dialami pengguna yang mengisi vouchernya melalui MyIM3. Apabila sudah memastikan internetnya stabil, bisa langsung menghubungi kontak customer service untuk mendapatkan solusi yang tepat.

3. Tidak Memenuhi Syarat

Meski terkesan sederhana, hal seperti ini seringkali tidak diperhatikan oleh pengguna sehingga vouchernya tidak masuk. Beberapa syarat yang perlu dipenuhi yaitu memastikan nomornya masih dalam masa aktif, telah registrasi ulang menggunakan data KK serta NIK menuju 4444 sesuai himbauan pemerintah, serta menyediakan pulsa paling tidak 1.000 rupiah.

Cara Mengatasi Voucher Indosat Tidak Masuk

Setelah mengetahui hal-hal yang menyebabkan voucher tidak masuk, pengguna perlu bertindak sehingga masalah ini bisa diatasi. Sebenarnya cara yang  dapat dilakukan cukup sederhana, yakni seperti berikut:

1. Melalui SMS

Harga yang dipasang Indosat pada vouchernya cukup bersahabat, namun terkadang ada masalah yang menyebabkan pengisian vouchernya gagal. Untuk mengatasi masalah tersebut, pengguna bisa melakukan beberapa hal sesuai ketentuan dari Indosat:

  • Memastikan nomor yang diisi paket masih dalam masa aktif, karena tidak bisa berfungsi apabila sudah masa tenggang.
  • Lakukan UNREG apabila nomor yang diisi paket masih mengikuti langganan peket lainnya. Caranya ketik “UNREG” kemudian kirimkan SMS-nya ke 363.
  • Pastikan pulsa yang tersisa paling tidak 1.000 rupiah, kemudian lakukan registrasi kembali sesuai dengan NIK serta KK valid lalu dikirimkan ke nomor 444.
  • Lakukan restart pada hp yang digunakan, tunggu 15 menit kemudian barulah transaksi bisa dilakukan lagi. Apabila masih gagal, berarti provider sedang mengalami gangguan.

2. Melalui Menu Pengaturan Ponsel

Apapun paket yang dibeli di Indosat, cara yang dilakukan untuk mengisinya relatif sama. Ada beberapa tahap dalam cara mengatasi voucher indosat tidak masuk, yakni:

  • Masuk menu “Pengaturan” di ponsel.
  • Klik pada menu “Jaringan”, kemudian pilih opsi “Pengaturan”.
  • Ganti jaringan ponsel saat ini menuju ke 2G (GSM Only).
  • Lakukan ulang transaksi pengisian voucher Indosat yang sebelumnya tidak berhasil.

Itulah beberapa cara mengatasi voucher Indosat tidak masuk. Indosat termasuk jajaran operator dengan jumlah pengguna yang begitu banyak, namun tetap tidak terlepas dari adanya permasalahan kecil seperti ini. Oleh karena itu, Indosat menyediakan bantuan melalui customer service atau pengguna bisa melakukannya secara mandiri.

\