Begini Cara Mengatasi Saldo GoPay Tidak Masuk dengan Mudah

cara mengatasi saldo gopay tidak masuk

Platform pembayaran digital seperti GoPay menjadi menarik di era digital seperti sekarang. Pembayaran mudah dan pengisian saldo cepat menjadi alasan platform ini disukai. Namun, ternyata tidak jarang pada kasusnya pengisian saldo GoPay tidak masuk. Tentunya ini juga yang pada akhirnya membuat banyak orang mencari cara mengatasi saldo GoPay tidak masuk.

Beberapa faktor yang terjadi pada akun atau sistem menjadi alasan hal ini sering terjadi. Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah ini bisa terjadi? Simak ulasan lengkapnya berikut ini untuk lebih jelasnya: 

Mengetahui Penyebab Saldo GoPay Tidak Masuk 

Pada dasarnya mengetahui bagaimana cara mengatasi saldo GoPay tidak masuk haruslah terlebih dahulu memahami pokok permasalah yang menyebabkan terjadinya hal ini. Biasanya hal ini bisa terjadi karena ada masalah yang terjadi pada akun maupun sistem. Nah, berikut adalah 3 penyebab saldo GoPay tidak masuk yang perlu diketahui: 

  • Salah memasukkan nomor GoPay. Permasalahan pertama yang bisa saja terjadi adalah kesalahan pada saat menginformasikan nomor GoPay. Tentunya apabila nomor yang dimasukkan salah maka, saldo pun juga tidak akan bisa masuk ke nomor GoPay yang seharusnya. 
  • Top Up pada hari libur. Tidak banyak yang tahu bahwa operator GoPay tidak bisa melayani customer pada hari libur. Hal inilah yang kemudian seringkali membuat pengguna terkecoh dan melakukan top up pada hari libur sehingga saldo pun tidak bisa masuk ke akun GoPay. 
  • Gangguan pada sistem. Terjadinya gangguan pada sistem juga bisa menjadi penyebab lain yang pada akhirnya mengakibatkan saldo tidak dapat masuk. Gangguan ini bisa saja terjadi pada server GoPay itu sendiri atau bahkan merchant yang bekerjasama dengan GoPay. 

Tiga permasalahan tersebut merupakan hal-hal umum yang seringkali terjadi pada masalah saldo yang tidak dapat masuk ke akun GoPay. 

Menilik Cara Mengatasi Saldo GoPay yang Tidak Masuk 

Tentunya setelah mengetahui 3 permasalahan yang bisa menjadi penyebab saldo GoPay tidak masuk maka, mengetahui cara mengatasinya menjadi hal penting berikutnya yang perlu diketahui. Nah, lalu bagaimana cara mengatasi saldo GoPay tidak masuk? Berikut ulasannya: 

1. Tunggu Hingga 24 Jam 

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menunggu terlebih dahulu proses transfer saldo selesai dilakukan. Batas waktu untuk menunggu saldo dapat diproses ini adalah 24 jam setelah pengisian dilakukan. 

Pastikan juga bahwa pengisian dilakukan pada hari aktif atau bukan hari libur. Seperti yang sempat dibahas sebelumnya bahwa top up pada hari libur tidak akan bisa diproses oleh GoPay. Proses pengisian saldo GoPay akan dilakukan kembali pada hari aktif. 

2. Pastikan Bukti Transfer 

Langkah lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi saldo GoPay yang tidak masuk adalah meminta refund. Hal ini bisa dilakukan setelah sebelumnya pengguna mengecek terlebih dahulu bukti transfer yang telah dilakukan. 

Apabila nantinya bukti transfer menyatakan pembayaran sudah dilakukan dengan nomor yang tepat maka, pengguna bisa meminta refund. Namun, hal ini tidak dapat dilakukan bila ternyata nomor yang dimasukkan memang salah. 

3. Hentikan Aplikasi Secara Paksa 

Solusi berikutnya yang bisa dilakukan adalah menghentikan secara paksa aplikasi GoJek. Bila perlu pengguna juga bisa melakukan restart ponsel terlebih dahulu kemudian kembali nyalakan. 

Silahkan pastikan kembali akun GoJek yang telah digunakan sebelumnya. Pengguna bisa melihat apakah saldo berhasil masuk ataukah tidak. Apabila saldo ternyata berhasil masuk berarti kemungkinan sempat terjadi masalah pada sistem ponsel. 

4. Lapor pada Pihak GoJek 

Hal terakhir yang bisa dijadikan solusi bila terjadi permasalahan seperti ini adalah melaporkan masalah pada pihak GoJek. Pengguna bisa melakukan pelaporan atas masalah yang terjadi pada customer service yang bertugas. Biasanya pengguna bisa melakukan pelaporan ini melalui panggilan telepon atau bahkan mengirimkan email. 

Tunggu hingga ada respon dari pihak GoJek. Nantinya akan ada penyelesaian yang disampaikan oleh GoJek. Barulah kemudian pengguna bisa kembali mengecek saldo yang telah dimasukkan sebelumnya. 

Itulah tadi sekilas tentang cara mengatasi saldo GoPay tidak masuk yang terjadi karena beberapa faktor. Baik faktor sistem atau bahkan human error yang dilakukan pengguna. Tentunya memastikan terlebih dahulu bukti transfer dan tanggal adalah hal yang perlu dilakukan.