Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup dengan Mudah

cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup

Laptop merupakan perangkat elektronik yang sangat dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan maupun sekolah. Tentunya jika terjadi kerusakan akan sangat mengganggu dan harus segera ditangani. Cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup ini bisa dilakukan dengan memeriksa beberapa komponen untuk mengetahui masalahnya.

Kondisi laptop tidak bisa menyala ini dapat disebabkan oleh kerusakan pada hardware maupun software. Biasanya ada bagian komponen yang kotor atau berdebu, sehingga laptop tidak dapat bekerja dengan baik. Pengguna bisa mencoba membersihkan maupun mengganti komponen untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut ini cara mengatasi laptop yang tidak bisa nyala tapi lampu power hidup yang penting untuk disimak:

1. Memeriksa Baterai Laptop

Cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup bisa dengan mengecek baterai pada laptop. Hal tersebut biasanya disebabkan ketika kondisi laptop masih menyala lalu mati karena kehabisan daya. Pada saat layar mati, power tetap menyala atau berubah menjadi warna merah. Jadi, pengguna harus segera sambungkan laptop ke kabel charger.

Daya baterai akan cepat habis jika melakukan pekerjaan berat di laptop. Oleh sebab itu, apabila ingin menggunakan laptop pastikan selalu sedia charger dan menghubungkannya. Jangan biarkan laptop kehabisan daya baterai karena bisa mempengaruhi kinerjanya.

2. Mengecek Kondisi RAM

Selanjutnya, kerusakan pada RAM bisa terjadi apabila laptop menampilkan layar hitam atau blank meski mesin berjalan normal. Kondisi RAM yang kotor atau longgar bisa menjadi penyebabnya, sehingga pemilik perlu membongkarnya dan mengetatkannya kembali. RAM juga perlu dibersihkan  dengan memakai lap atau alat khusus berbahan lembut.

3. Mencari Tahu HDD yang Bermasalah

Kerusakan pada HDD biasanya menjadi penyebab dari laptop tidak bisa menyala. Kondisi tersebut akan ditandai dengan tampilan layar kosong dengan tulisan HDD tida terdeteksi. Pemilik bisa membongkar laptop serta membersihkan bagian HDD lalu nyalakan kembali. Jika masih tidak menyala, kemungkinan HDD mengalami kerusakan dan perlu diganti.

4. Memeriksa Prosesor Laptop

Prosesor dikenal sebagai komponen penting pada laptop yang rentan mengalami kerusakan. Laptop bisa mengalami hang atau tidak dapat menyala meski lampu indikator power tetap menyala. Kerusakan tersebut dapat disebabkan oleh debu yang menumpuk serta bisa menghambat kinerja prosesor.         

Cara mengatasinya, pengguna dapat mencoba membongkar laptop dan bersihkan debu dengan menggunakan alat khusus. Selain itu, perhatikan pula bagian ISO thermal atau pasta processor ketika membukanya. Apabila terlihat kurang baik bisa dibersihkan terlebih dahulu dan menggantinya ketika kondisinya sudah rusak.

5. Mengaktifkan Safe Mode di Laptop

Terakhir, cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup bisa disebabkan oleh software bermasalah atau virus. Cobalah untuk mengaktifkan safe mode ketika laptop berhasil dihidupkan. Jika berhasil, pengguna dapat mencari tahu bahwa software sedang bermasalah. Segera cari dan uninstall aplikasi yang dicurigai menjadi penyebabnya.

Apabila terjadi masalah di software, pengguna bisa menginstall ulang aplikasi yang sama. Kemudian, pengguna dapat mencoba mengaktifkan kembali mode normal ketika selesai menginstall aplikasi tersebut. Jika sudah berhasil, tandanya laptop telah normal kembali serta dapat digunakan seperti semula.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup yang perlu diketahui. Jika teknik tersebut sudah dicoba tetapi tidak ada hasil, sebaiknya disarankan untuk memperbaikinya ke jasa service atau bisa membeli laptop baru. Jangan coba melakukannya sendiri untuk menghindari kerusakan bertambah parah pada komponen.