Cara Melihat Google Earth Live dan Fitur Unggulannya

cara melihat google earth live

Sebagai raksasa di bidang internet, Google terus berinovasi mengeluarkan berbagai aplikasi yang memudahkan penggunanya untuk melakukan berbagai hal. Cara melihat Google Earth live termasuk salah satunya. Aplikasi ini dapat berfungsi untuk melihat gambar serta mendapatkan informasi seputar lokasi, juga sering dipakai menjadi map online.

Keunggulan Google Earth

Google Earth merupakan aplikasi buatan Google yang dapat menunjukkan gambaran bumi dengan tampilan 3D. Apps berukuran 8.2 MB ini dapat diakses dari berbagai perangkat baik komputer, iPhone, Android, hingga iPad. Aplikasinya dapat diunduh melalui toko aplikasi misalnya Play Store.

Sejak awal rilisnya hingga saat ini, Google Earth terus menambahkan pembaruan fitur yang memberi manfaat bagi penggunanya. Mulai dari pencarian melalui browser, peta 3D, hingga live video. Sebelum mengetahui cara melihat Google earth live, berikut beberapa keunggulan yang dimiliki aplikasi ini:

1. Live Video

Melihat lokasi alam secara langsung (real time) hanya berbekal gadget dan koneksi internet? Hal ini membuat banyak orang tertarik mencobanya. Meskipun masih terdapat di beberapa tempat saja, kecanggihan fitur ini masih dapat berkembang di masa mendatang. Kedepannya, akan semakin banyak tempat di belahan bumi yang dapat disaksikan secara live.

2. Tour Guide

Google Earth dibekali dengan fitur bernama “Tour guide”. Sesuai namanya, fitur ini akan memandu pengguna untuk melihat berbagai tempat menarik yang ada di dunia. Fiturnya disertai dengan berbagai informasi yang berguna sehingga cocok bagi yang ingin bepergian/travelling menuju tempat tersebut.

3. Melihat Perubahan di Masa Lalu

Perubahan relief yang terjadi di suatu daerah dari berbagai masa bisa dilihat melalui “Timeline”. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengetahui perubahan tampilan yang terjadi pada tahun yang diinginkan, misalnya perbedaan jalan Ir Sokearno di tahun 1998 dengan saat ini. Pengguna bisa langsung memilih “Show historical imagenary” dan menuliskan tahunnya.

4. Eksplorasi Lautan

Nama Google Earth bukan sembarang nama, pasalnya aplikasi ini mampu melihat berbagai hal yang ada di bumi termasuk laut. Bagi yang menyukai pemandangan laut, fitur ini sangat menarik untuk dicoba. Pengguna dapat melihat visualisasi kondisi di laut, bahkan bisa diperbesar sesuai bagian yang ingin dilihat.

5. Overlay Data

Pengguna bisa melakukan overlay data baik raster maupun vektor. Hal ini biasanya dilakukan ketika ingin melihat tempat yang 2D dalam format 3D. Selain itu, fitur terbarunya juga memungkinkan pengguna untuk screenshot dengan resolusi yang lebih tinggi sehingga dapat dilihat kembali dengan jelas.

Bagaimana Cara Melihat Google Earth Live?

Seperti yang dijelaskan pada pembahasan sebelumnya, live video termasuk fitur baru membuat penasaran. Melihat nuansa alam secara langsung di saat itu juga merupakan keistimewaan tersendiri. Tanpa perlu ke luar negeri, pengguna bisa melihat daerah Katmai National park yang terletak di Amerika Serikat. Untuk memanfaatkan fitur ini, bisa melakukan langkah seperti berikut:

  • Jalankan Google Earth melalui website atau langsung di aplikasi. Agar bisa melihat gambaran dunia, klik pada tulisan “Telusuri”.
  • Aktifkan garis kisi. Tujuannya adalah mengetahui letak dari titik kordinat yang tepat dimana pengguna berada.
  • Ketikkan nama sebuah tempat atau lokasi yang ingin ditayangkan. Lalu pada bagian bawahnya akan ada kartu informasi mengenai tempat tersebut. Kartu info ini bisa disembunyikan dengan klik hapus (tanda silang) pada kotak pencarian.
  • Nyalakan 3D jika ingin menampilkan tayangan yang lebih jelas. Caranya dengan memilih “Menu”, lalu “Gaya peta” dan “Aktifkan bangunan 3D”.
  • Tunggu sesaat hingga Google Earth menayangkan gambaran yang tepat.

Itulah pembahasan mengenai cara melihat Google Earth live serta berbagai fitur menarik yang ditawarkannya. Inovasi baru yang dapat menjadi aktivitas menarik untuk mengeksplor bumi yang megah ini. Layanan dari Google Earth terus diperbarui, untuk menciptakan pengalaman yang lebih menyenangkan untuk penggunanya.