Begini Cara Mengembalikan Filter Instagram yang Hilang dengan Cepat dan Mudah

cara mengembalikan filter instagram yang hilang

Filter Instagram rasanya kini menjadi satu fitur penting yang selalu dicari oleh para pengguna akun Instagram. Namun, ternyata tidak jarang filter dari Instagram ini tiba-tiba tidak muncul. Cara mengembalikan filter Instagram yang hilang pada akhirnya menjadi satu yang yang sering dicari oleh para pengguna Instagram. 

Biasanya hal seperti ini bisa terjadi karena sistem ponsel yang mengalami masalah atau bisa juga karena penyimpanan pada ponsel telah penuh. Nah, lalu bagaimana cara supaya filter di Instagram bisa kembali digunakan? Berikut ulasannya: 

1. Kosongkan Ruang Penyimpanan pada Ponsel 

Cara mengembalikan filter Instagram yang pertama bisa dilakukan dengan cara menghapus file tidak perlu yang tersimpan di ponsel. File yang menumpuk pada penyimpanan ponsel seringkali menyebabkan sistem operasi pada aplikasi juga mengalami masalah. 

Hal inilah yang kemudian menyisakan ruang penyimpanan untuk mengoperasikan sistem aplikasi penting dilakukan. Pengguna bisa menuju ruang penyimpanan internal kemudian menghapus file yang sekiranya tidak diperlukan supaya ada ruang kosong yang bisa digunakan. 

2. Login Kembali ke Akun Instagram 

Langkah lain yang bisa dilakukan untuk mengembalikan filter Instagram yang menghilang adalah dengan cara log out terlebih dahulu dari akun Instagram. Tahap berikutnya pengguna bisa kembali login ke akun Instagram. 

Terkadang hal ini perlu dilakukan supaya sistem bisa kembali bekerja seperti semula. Biasanya hal ini terjadi karena Instagram tidak mau merespon perintah dalam memunculkan filter yang telah dipilih. Melakukan log in ulang bisa menjadi solusi tepat untuk mengatasinya. 

3. Update Instagram 

Update aplikasi Instagram juga bisa menjadi solusi lain yang bisa dilakukan supaya sistem Instagram bisa kembali normal. Biasanya sistem yang telah lama akan menyebabkan aplikasi mengalami keterlambatan merespon saat digunakan. Hal ini kemudian membuat operasi sistem menjadi lag. 

Nah, untuk mengatasi hal ini pengguna bisa menuju Play Store dan cara aplikasi Instagram kemudian lakukan update. Apabila update sudah selesai dilakukan maka, pengguna bisa mulai kembali untuk mencoba menggunakan filter Instagram. 

4. Install Ulang Instagram 

Apabila setelah melakukan update, filter Instagram tetap tidak bisa digunakan seperti semula maka, pengguna bisa menghapus terlebih dahulu aplikasi Instagram. Uninstall Instagram kemudian pastikan ruang penyimpanan cukup. 

Tahap berikutnya barulah coba kembali untuk menginstal aplikasi Instagram dan lakukan login pada akun. Silahkan buka kembali fitur kamera yang ada di Instagram dan cari filter yang diinginkan. 

5. Restart Ponsel 

Melakukan restart ponsel menjadi solusi berikutnya yang bisa dilakukan untuk memulihkan sistem pada sistem. Biasanya ponsel yang di restart akan memulai kembali sistem pengoprasian pada aplikasi. Inilah kemudian yang perlu dilakukan bila aplikasi tidak bekerja saat digunakan.

Namun, tentu perlu diingat bahwa solusi satu ini bisa dilakukan apabila sistem memang benar-benar tidak mau bekerja. Terlalu sering melakukan restart pada ponsel pada dasarnya tidak boleh terlalu sering dilakukan bila tidak terpaksa. 

6. Pastikan Koneksi Internet 

Memastikan bahwa koneksi internet dalam keadaan yang stabil juga perlu dilakukan. Hal ini menjadi penting karena pada dasarnya Instagram memang membutuhkan koneksi internet yang baik supaya fitur dapat digunakan. Tentunya hal ini tidak mengecualikan pada filter Instagram yang membutuhkan koneksi stabil supaya bisa dibuka dan digunakan. 

Itulah tadi sekilas tentang cara mengembalikan filter Instagram yang hilang dengan mudah dan cepat. Tentunya pastikan bahwa penyimpanan ponsel tidak penuh dan koneksi internet stabil supaya filter instagram bisa digunakan.