Aplikasi Penghitung Kontraksi untuk Bumil Menjelang Bersalin


Banyak hal yang harus dipersiapkan ketika menghadapi detik-detik persalinan. Selain ketenangan, ada juga keterampilan untuk menghitung kontraksi secara efektif. Sekarang, teknologi menyuguhkan kemudahan melalui aplikasi penghitung kontraksi yang akan membantu ibu hamil dan keluarga menghadapi persalinan dengan tenang.

1. Contraction Timer & Counter

Aplikasi ini sudah populer di banyak negara dan juga direkomendasikan oleh banyak layanan kesehatan. Bahkan, aplikasi penghitung kontraksi ini menjadi yang pertama di banyak negara seperti Inggris dan Amerika.

Testimoni dari ibu hamil pun mengatakan bahwa aplikasi ini sangat membantu, terutama untuk menentukan kapan harus pergi ke rumah sakit. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Ibu hamil hanya tinggal menekan tombol ketika terasa kontraksi, dan menekannya kembali ketika kontraksi berakhir.

Dengan cara mudah tersebut, aplikasi akan memberikan analisis dalam hal durasi dan frekuensi kontraksi. Lebih jauh lagi, aplikasi akan memberikan analisis kapan sebaiknya ibu hamil harus pergi ke rumah sakit.

2. Teman Bumil

Aplikasi berikutnya yang bisa membantu ibu hamil ketika mengalami kontraksi adalah Teman Bumil. Dikembangkan di Indonesia, aplikasi ini sudah menamani ibu hamil menghadapi kontraksi dengan lebih tenang. Dengan demikian, keputusan untuk berangkat ke bidan atau rumah sakit pun semakin efektif.

Ada banyak fitur yang disajikan, sangat membantu, dan mudah digunakan. Bukan hanya digunakan saat menunggu detik-detik persalinan, Teman Bumil bisa digunakan juga untuk memantau tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Setelah persalinan pun, Teman Bumil masih berguna untuk memantau perkembangan si kecil.

3. Kontraksi Nyaman

Jika ingin kontraksi terasa nyaman, maka aplikasi kontraksi nyaman bisa digunakan oleh ibu hamil dan keluarga yang mendampingi. Bukan hanya menganalisis kontraksi dan memberikan catatan, aplikasi ini juga memberikan sugesti positif untuk menjaga ketenangan ibu hamil menghadapi kontraksi.

Aplikasi ini berbayar, tidak seperti aplikasi sebelumnya yang bisa didapatkan secara gratis. Namun demikian, harga yang harus dibayar tidak mahal. Hanya dengan membayar 12 ribu rupiah saja, ibu hamil dapat menikmati berbagai fitur yang mudah digunakan dan sangat efektif mendampingi kontraksi.

4. Easy Contraction Timer

Sesuai dengan namanya, aplikasi penghitung kontraksi ini akan membantu menghitung kontraksi dengan mudah. Selama waktu kontraksi, ibu hamil hanya perlu menekan tombol dan melakukan hal yang sama ketika kontraksi reda.

Aplikasi ini memiliki berbagai fitur untuk memonitor intensitas serta durasi kontraksi yang dirasakan. Informasi ditunjukkan dalam bentuk chart yang sangat mudah dipahami. Dengan demikian, menghadapi kontraksi menuju persalinan akan lebih tenang, terarah, tidak akan membuat panik keluarga lagi.

5. Pregnancy Plus

Ibu hamil bisa mengunduh aplikasi ini melalui playstore. Bukan hanya kontraksi, pengecekan kondisi janin juga dapat dilakukan menggunakan pregnancy plus. Ibu hamil dan pendampingnya dapat melakukan pencatatan dengan cermat perihal tumbuh kembang janin. Dengan demikian, tidak perlu terlalu khawatir dengan kondisi kesehatan janin, di samping akan lebih tenang ketika kontraksi tiba.

Hal menarik lain yang bisa digunakan adalah adanya pilihan nama untuk bayi. Hal itu biasanya menjadi masalah baru bagi ayah dan bunda setelah sang buah hati lahir. Tentu saja aplikasi menjadi sangat membantu keluarga baru menyiapkan segalanya dengan lengkap.

Kemudahan teknologi yang telah menghadirkan aplikasi penghitung kontraksi, tentu saja membantu ibu hamil ketika menghadapi persalinan. Terutama, bagi ibu hamil dengan pengalaman persalinan pertama. Pastikan menggunakan aplikasi tersebut dengan benar, dan tetap siaga untuk segera menuju klinik atau rumah sakit bersalin terdekat.